Rabu, 01 Maret 2023

4 Kebijakan System Ekspor Indonesi, Guna Mendukung Performance Ekspor Indonesia

 

Saat ini bisa di katakan Ketika ekonomi sudah mulai membaik setelah pandemi covid melanda dunia. Maka satu hal yang bisa menjadi concern Indonesia dan negara lainnya adalah meningkatkan potensi ekspor. Karena dengan tingginya nilai ekspor akan semakin memperkuat kondisi ekonomi sebuah negara.

 


Berdasarkan kondisi itulah, maka saat  ini Indonesia juga mulai menggencarkan peluang ekspor untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. Bukan karena momentum ini harus di jalankan, juga karena saat ini adalah saat  yang tepat untuk semua pihak melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan potensi ekspor yang ada di Indonesia. Sehingga Ketika  kemampuan ekspor semakin meningkat maka kemampuan Indonesia untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan bisa di tingkatkan.

 Oleh karena itulah, hingga pada akhirnya Pemerintah selaku pemegang regulasi ekspor melakukan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah untuk membangkitkan semangat ekspor  pelaku bisnis agar bisa  meningkatkan ekspor ke semua negara yang bisa menjadi tujuan ekspornya.    Dengan demikian maka bisa di pastikan bahwa kedepan   Indonesia akan menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.

 Hal itu bisa saja terjadi mengingat potensi produk ekspor Indonesia yang setiap tahunnya meningkat dengan beragam jenis dan variasi produk ekspor.  Sehingga di harapkan dengan adanya peningkatan ekspor dari beberapa produk itulah Indonesia bisa semakin menguasai pasar ekspor dunia.

 

10 Produk Utama Indonesia  Yang Mampu Bersaing di Pasar Global

 Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah. Sudah barang tentu ini akan menjadi salah satu potensi bagus dalam pengembangan produk ekspor yang semakin membaik  dimana depan. Setidaknya dari beberapa jenis produk  yang saat ini menjadi  produk unggulan ekspor kita bisa lihat bahwa memang Indonesia punya kemampuan kearah sana. 

 

 Produk Perikanan Indonesia  yaitu Produk Udang

Udang menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup banyak peminatnya di luar negeri, sehingga banyak negara yang concern dan berminat terhadap produk unggulan ekspor dari Indonesia yaitu Udang.

Produk Perkebunan Indonesia yaitu Produk Kopi

Menariknya produk unggulan ekspor Indonesia adalah produk kopi. Hal itu sesuai dengan cita rasa produk kopi yang ada di Indonesia. Sehingga tidak salah jika hingga saat ini banyak negara yang tertarik dengan produk kopi Indonesia.

Produk Perkebunan Indonesia yang masuk dalam produk unggulan dunia

Ada sekitar 3 produk unggulan ekspor Indonesia yang saat ini cukup banyak di minati karena potensi produksi produk tersebut yang ada di Indonesia seperti misalnya : Produk Perkebunan Karet, Kelapa Sawit dan Kakao ( Coklat )

Produk lain yang menjadi produk  unggulan adalah Produk TPT

Produk ini juga menjadi salah satu produk unggulan ekspor karena dunia tahu kualitas dari produk TPT Indonesia.

Produk unggulan lain adalah Produk Alas Kaki.

Dimana  untuk  produk yang satu ini jelas karena adanya budaya Timur yang mempengaruhi kondisi orang  hingga pada akhirnya menggunakan alas kaki. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, membuat  produk alas kaki menjadi sebuah produk unggulan Indonesia.

 Produk  ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Elektronik

Terkait dengan keberadaan produk elektronika, memang  ini juga sebuah  pencapaian yang sempat berkembang hingga saat ini. Sekalipun ada negara  Asia lain seperti Cina, Jepang dan lainnya  yang juga sebagai produsen produk elektronik, tetapi Indonesia saat  ini juga dianggap sebagai salah satu produsen elektronik yang telah berkembang.

Produk ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Kendaraan bermotor

Dimana beberapa negara tujuan ekspor yang sudah di jadikan acuan ekspor kendaraan    

Produk unggulan lainnya yang masuk dalam 10 besar adalah Furniture

Dunia tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal dengan kualitas produknya sehingga banyak negara di dunia  yang menjadi negara tujuan ekspor untuk produk furniture.

  

4 Kebijakan Penunjang Perkembangan Ekspor Indonesia

 


Guna menunjang dan meningkatkan performance bisnis dan ekspor Indonesia itulah, hingga pada akhirnya Indonesia melalui kementerian terkait melakukan beberapa terobosan. Dimana beberapa terobosan yang  bisa menjadikan ekspor  Indonesia meningkat adalah adanya kebijakan ekspor.

 Kita bisa tahu ada sekitar 4 kebijakan ekspor yang  bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia di masa kini dan mendatang.  Dimana beberapa kebijakan tersebut sudah mulai di jalankan dengan deskripsinya seperti berikut :

 Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 

 

Itulah ke-4 kebijakan yang saat  ini sedang di jalankan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka  untuk meningkatkan performance aktivitas ekspor yang ada di Indonesia ke beberapa negara tujuan ekspor.  Dimana terkait untuk terjadinya ecosystem yang ada di industri logistic, saat ini Abang Express sebagai salah satu pelaku bisnis logistic yang berorientasi ekspor. Dimana salah satu visi dan misinya adalah untuk membantu meningkatkan performance ekspor dari pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

Selasa, 28 Februari 2023

5 Sektor Bisnis Yang Akan Menjadi Tren Setter Bisnis di tahun 2023

 

Banyak di prediksi bahwa tahun 2023 adalah tahun yang penuh tantangan. Di mana prediksi yang mengatakan bahwa 2023 akan terjadi resesi global pada akhirnya membuat banyak pelaku bisnis berada dalam kondisi menunggu. Namun di dalam kondisi penuh kekuatiran ada  5 model bisnis yang akan cemerlang di tahun 2023.

 


Cemerlangnya ke-5 model bisnis tersebut memang bukan tanpa alasan, karena keberadaan bisnis tersebut ketika berada di tahun 2022 sudah menunjukkan performance terbaiknya. Sehingga memasuki tahun 2023 jelas kondisinya tidak akan jauh berbeda dibandingkan yang terjadi di tahun 2023. Sehingga  tidak heran jika dikatakan bahwa ke-5 model bisnis inilah yang akan menjadi trigger  untuk menggerakan sector bisnis yang ada di Indonesia.

 Perkembangan bisnis di suatu negara memang akan di pengaruhi oleh kondisi ekonomi mikro dan makro secara bersamaan. Di mana bisa jadi ketika ekonomi makro bahkan ekonomi globalnya sedang ada masalah justru berkat daya dukung ekonomi mikro-nya lah pada akhirnya sector bisnis tersebut mampu memberikan kontribusi positif  bagi perkembangan bisnis yang ada di Indonesia.

 Sekadar mengingatkan kondisi yang terjadi pada saat pandemic covid19 melanda Indonesia. Kita semua tahu bahwa sector bisnis banyak  yang mengalami drop atau bisa jadi pasang surut kondisinya. Tetapi justru sector industri logistic menjadi salah satu sector bisnis yang justru mendapatkan limpahan  bisnis yang luar biasa akibat terjadinya perubahan tren bisnis dan  tren lifestyle yang ada di Indonesia. Kondisi itulah yang pada akhirnya membuat sector bisnislogistic cukup tinggi perkembangannya selama masa pandemic19 berlangsung.

  

5 Sektor Bisnis Yang Akan Menjadi Tren Setter Bisnis di tahun 2023

 


Kondisi seperti itu mungkin akan Kembali hadir di tahun 2023. Ada beberapa  hal  yang pada akhirnya menjadi dasar kenapa kondisi seperti itu Kembali hadir dalam percaturan bisnis di Indonesia :

 ·        Ke-5 sektor bisnis yang kami akan sebutkan ini adalah sector bisnis yang memiliki keunikan atau karakter yang berbeda dari jenis atau model bisnis kebanyakan. Sehingga karena keunikannya lah pada akhirnya sector ini bisa menjadi tren setter bisnis di tahun 2023 sebagai sector yang mampu menjadi trigger dalam pertumbuhan ekonomi nasional

·        Ke-5 sektor bisnis  yang akan kami sebutkan ini sudah terbukti di tahun 2022 mampu memberikan kontribusi positif. Tidak saja terkait produktivitas yang di hasilkannya, tetapi juga berkat  inovasi yang di jalankan dalam bisnis  tersebut.

 Nah untuk penjelasan lebih detail tentang apa saja ke-5 sektor bisnis yang akan menjadi tren setter bisnis di  tahun 2023 berikut adalah penjelasannya :

 1.      Sektor bisnis yang mengembangkan model transformasi teknologi.

Beberapa model bisnis yang mengembangkan model dan sistem integrasi yang bersumber dari transformasi teknologi akan menjadi sector bisnis yang cemerlang di tahun 2023. Kenapa, karena saat ini pelaku bisnis sudah begitu concern dengan penggunaan teknologi yang bersifat integrasi sistem seperti misalnya teknologi : Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Virtual dan Augmented Reality ( VR/AR), Cloud Computing System, Blockchain, hingga pemanfaatan Jaringan super cepat protocol seperti misalnya 5G. Selain itu penggunaan model bisnis yang di pakai untuk aktivitas kantor seperti Augmented Working, Hybrid hingga Remote Working menjadi salah satu model aktivitas yang akan tren di tahun 2023.

2.      Sektor bisnis yang mempergunakan Supply Chain Management

Sektor bisnis yang masuk dalam Ekosistem bisnis logistic di tahun 2023  tetap akan menjadi sector yang cukup menarik untuk di amati. Karena pergerakan bisnis ini akan terasa lebih menarik mengingat konsep bisnis yang di tampilkan selalu menggunakan pendekatan inovasi. Ambil contoh dua profil bisnis yang bermain di sector bisnis logistic yaitu Perusahaan marketplace seperti Lazada, Shoppe, JD.ID hingga Tokopedia misalnya. Konsep bisnis yang awalnya hanya sebagai marketplace, kedepan akan bertransformasi menjadi pelaku bisnis yang mengedepankan konsep One Stop Business for Online Transaksi. Dimana masalah pengangkutan atau distribusi barang juga akan menjadi inovasi baru bagi perusahaan tersebut. Nah yang menarik juga di lakukan oleh perusahaan local seperti  brand Abang Express. Inovasi yang di kembangkan adalah menciptakan apa yang mereka sebut Ekosistem Logistik Dalam Negeri.  Dimana tujuan dari program  tersebut adalah untuk mengoptimalkan pasar  yang ada di dalam negeri.

 3.      Sektor bisnis yang mengembangkan model bisnis Sustainable Development Program

Konsep bisnis yang seperti ini akan menjadi salah satu tren setter bisnis di tahun 2023. KOnsepnya sudah jelas yaitu sebuah pengembangan bisnis yang mengarah pada pengembangan yang berkelanjutan, sehingga program  yang akan di jalankan sudah pasti bisa di kembangkan dalam program  jangka pendek, menengah dan Panjang.  Salah satu model bisnis yang berkonsep seperti ini sudah pasti seperti bisnis yang menggunakan media atau intrumen keseimbangan yang ada di alam. Penggunaan sumber energi baru terbarukan hingga pemanfaatan energi surya sebagai supporting pendukungnya akan menjadi salah satu contoh bagaimana pelaku bisnis di sector ini mengembangkan bisnisnya.

 4.      Sektor  bisnis yang mengembangkan instrument metaverse / sistem online.

Kenapa bisnis seperti ini akan menjadi tren setter di tahun 2023 karena kita semua tahu bahwa teknologi pada akhirnya akan menjadi salah satu unsur penting dalam pengembangan sebuah bisnis. Jika saat ini kita berada pada Era Industri 4.0 maka kedepan kita akan masuk ke Era Society 5.0 yang artinya semua aktivitas bisnis akan terintegrasi dengan teknologi.

 


 

 5.      Sektor bisnis yang ke-5 ini agak berbeda dengan apa  yang telah di jelaskan di atas yaitu 4 sektor bisnis terdahulu. Karena sector yang ke-5 ini adalah sector yang di tahun 2022 justru mengalami “ goncangan karena adanya pengurangan SDM  yang cukup signifikan dalam bisnisnya. Proses efisiensi dan efektivitas kerja  yang dilakukan selama tahun 2022 pada akhirnya menjadi satu trigger terbaik bagi perusahaan tersebut untuk melakukan koordinasi bisnis yang lebih  baik. Sehingga  di tahun 2023 ini perusahaan perusahaan tersebut akan bisa melangkah lebih jauh karena “sehatnya “ kondisi bisnis yang ada di perusahaan perusahaan tersebut.

 

Itulah beberapa kondisi yang akan terjadi di sepanjang tahun 2023. Ketika banyak prediksi mengatakan akan terjadi resesi global, justru di dalam negeri di Indonesia sendiri ke-5 model bisnis itulah yang akan bisa menjadi trigger dalam memperkuat kondisi bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia. Sehingga kondisi makro ekonomi dan pertumbuhan ekonomi makro Indonesia akan tetap berada di level positif seperti yang terjadi di tahun 2022.

 

 

 

Senin, 27 Februari 2023

5 Program Kementrian Keuangan dalam Mendukung Peningkatan Bisnis UMKM

 Kolaborasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan performance bisnis dengan cara yang baik dan benar. Konsep itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu terbaik bagi pemerintah dalam melakukan dukungan kepada UMKM yang ada di Indonesia dengan melihat besarnya potensi yang ada di bisnis UMKM.

 



Konsep kolaborasi itu sendiri memang tidak secara langsung tercantum dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) yang ada di Nomor: 396/KMK.01/2022 yang menyangkut soal Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementerian Keuangan. Sehingga berdasarkan ketetapan itulah, satuan kerja yang ada di kementerian keuangan akan bisa menggunakan kebijakan tersebut dalam usahanya untuk melakukan pembinaan dan pendampingan bagi para UMKM yang ada di Indonesia.

 Berdasarkan kondisi itulah maka  pemerintah berdasarkan kondisi yang ada pada sisi penentu kebijakan melakukan beberapa  penyesuaian yang di harapkan bisa memberikan kontribusi positif  bagi perkembangan  UMKM yang ada di Indonesia. Karena kita semua tahu bahwa konribusi UMKM yang  diberikan kepad aekonomi Indonesia cukup signifikan. Hal  itu bisa terlihat dari beberapa waktu lalu pada saat kondisi Indonesia sedang dilanda covid maka pelaku bisnis UMKM adalah salah satu pelaku bisnis yang banyak memberikan dukungan untuk ekonomi Indonesia pada saat itu.

 Program Kolaborasi Bisnis Pemerintah ( Kementerian Keuangan  ) dengan UMKM

 


 

Kementerian Keuangan, sebagai salah satu Lembaga yang concern dalam pengembangan bisnis UMKM yang ada di Indonesia merasa perlu untuk memajukan bisnis dari para UMKM agar bisa lebih meningkat.  Dimana dalam kondisi seperti itu saat ini ada 5 program yang akan di jalankan oleh Kementerian Keuangan dalam rangka memajukan  bisnis UMKM : 

 

 A.     Program yang berhubungan dengan Aspek Pembiayaan bagi  UMKM

Kita semua tahu bahwa salah satu factor yang  menghambat perkembangan dan pengembangan bisnis UMKM adalah factor modal / pembiayaan. Oleh karena itu dengan adanya program ini di harapkan  para pelaku bisnis UMKM tidak lagi mengalami kendala dalam usahanya meningkatkan performance bisnisnya dengan adanya kemudahan aspek pembiayaan dari pemerintah.

 

B.     Program yang berhubungan dengan Fasilitas Fiskl bagi  para UMKM

Dengan adanya program  ini maka  UMKM di arahkan untuk bisa menjadi pelaku bisnis yang paham akan sistem dan prosedur yang berhubungan dengan masalah pelaporan pajak, hingga pemahaman yang benar terkait masalah kepabean yang berhubungan dengan pengiriman produk untuk ekspor bagi UMKM.

 

C.      Program yang berhubungan dengan Strategi Pemasaran untuk para UMKM

Bagi para UMKM yang ingin mengembangkan  pemasaran dan pengembangan marketnya tidak hanya di dalam tetapi juga di luar negeri. Maka para UMKM bisa menggunakan beberapa website berikut yang di yakini bisa memberikan  tambahan pemahaman  bagi para UMKM dalam meningkatkan bisnisnya : (a) UMKM bisa bergabung dengan apa yang di namakan ekosistem  DigiPay  ( yaitu sebuah sistem yang biasanya di pakai dalam pengadaan barang / jasa yang ada di lingkup pemerintahan ) (UMKM bisa ikut atau masuk dalam situs yang bernama Lelang.go.id yang bertujuan untuk  membantu dalam penjualan produk – produk UMKM agar bisa lebih eksis tidak saja di dalam negeri tetapi juga di luar negeri ).

 

D.     Program yang berhubungan dengan Pelatihan dan Pendampingan  bagi UMKM

Program ini sengaja di buat oleh pemerintah dalam mendukung peningkatan skill dan manajerial para UMKM. Dimana  beberapa model pelatihan dan pendampingan yang di berikan oleh  UMKM adalah : Pelatihan  ekspor yang akan bisa mendukung aktivitas ekspor sehingga mereka bisa menjadi  UMKM Go Internasional dan  Pelatihan serta pendampingan lain yang akan bisa meningkatkan skill dan kompetensi dari UMKM yang bersangkutan.

 

E.      Program peningkatan Kerjasama serta kolaborasi bisnis lainnya dengan Divisi dalam  Kementerian yang memang memiliki concern terhadap para UMKM.

Dalam konteks ini maka para pelaku UMKM akan bisa melakukan kegiatan bisnis seperti event/ pameran UMKM , bidang lainnnya yang ada di bawah koordinasi Kementerian Keuangan sehingga dengan adanya dukungan tersebut sehingga bisnis UMKM bisa lebih berkembang tidak saja di skala pemasaran regional  tetapi juga nasional.

 Memang yang namanya kolaborasi, saat ini menjadi salah satu strategi bisnis yang bisa di lakukan oleh pelaku bisnis. Tidak saja pelaku bisnis kelas corporate tetapi kelas UMKM pun saat ini harus secara aktif melakukan kolaborasi, sehingga di harapkan dengan adanya kolaborasi  tersebut akan bisa menjadikan bisnis para UMKM bisa jadi lebih berkembang.

 Keuntungan Bagi UMKM Jika Mengembangkan Strategi Kolaborasi Bisnis

 


Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan oleh para UMKM agar bisa menjadikan bisnisnya lebih berkembang,  Dimana beberapa keuntungan secara langsung yang bisa di dapatkan  oleh UMKM dengan kolaborasi adalah :

 A.     UMKM akan bisa melakukan pengembangan jaringan dengan  melakukan kolaborasi dengan banyak pihak. Tidak saja dengan  Kementerian Keuangan dan divisi yang ada di bawahnya tetapi juga dengan  kementerian lainnya.

B.     UMKM akan bisa mendapatkan peluang yang cukup luas, karena kolaborasi akan bisa mendatangkan keuntungan yang berhubungan dengan peluang bisnis dari  UMKM yang bersangkutan.

C.      UMKM akan bisa mendapatkan mitra bisnis ketika dirasa manfaat dan bisa bekerjasama dalam satu kondisi bisnis. Karena yang namanya mitra bisnis adalah sebuah Kerjasama  yang bersifat win win solution.

D.     UMKM dengan adanya kolaborasi bisnis maka akan semakin terbuka kesempatan untuk dirinya melakukan pengembangan  produk atau melakukan variasi produk. Karena bisa jadi dengan banyaknya kolaborasi akan bisa meningkatkan performance dari bisnis yang di jalankan oleh UMKM yang bersangkutan.

E.      Yang pasti dengan adanya kolaborasi sudah pasti banyak keuntungan yang akan di dapatkan di bandingkan dengan kerugiannya, sehingga tidak salah memang jika pada akhirnya Kementerian Keuangan berusaha untuk melakukan kolaborasi dengan  para pebisnis UMKM yang memang mereka mampu memberikan kontribusi positif bagi program  yang di jalankan oleh Kementerian Keuangan.

 

 

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...