Senin, 20 Maret 2023

5 Program Kementrian Keuangan dalam Mendukung Peningkatan Bisnis UMKM

Kolaborasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan performance bisnis dengan cara yang baik dan benar. Konsep itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu terbaik bagi pemerintah dalam melakukan dukungan kepada UMKM yang ada di Indonesia dengan melihat besarnya potensi yang ada di bisnis UMKM.

 

 Konsep kolaborasi itu sendiri memang tidak secara langsung tercantum dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) yang ada di Nomor: 396/KMK.01/2022 yang menyangkut soal Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementerian Keuangan. Sehingga berdasarkan ketetapan itulah, satuan kerja yang ada di kementerian keuangan akan bisa menggunakan kebijakan tersebut dalam usahanya untuk melakukan pembinaan dan pendampingan bagi para UMKM yang ada di Indonesia.

 Berdasarkan kondisi itulah maka  pemerintah berdasarkan kondisi yang ada pada sisi penentu kebijakan melakukan beberapa  penyesuaian yang di harapkan bisa memberikan kontribusi positif  bagi perkembangan  UMKM yang ada di Indonesia. Karena kita semua tahu bahwa konribusi UMKM yang  diberikan kepad aekonomi Indonesia cukup signifikan. Hal  itu bisa terlihat dari beberapa waktu lalu pada saat kondisi Indonesia sedang dilanda covid maka pelaku bisnis UMKM adalah salah satu pelaku bisnis yang banyak memberikan dukungan untuk ekonomi Indonesia pada saat itu.

 Program Kolaborasi Bisnis Pemerintah ( Kementerian Keuangan  ) dengan UMKM

 

 Kementerian Keuangan, sebagai salah satu Lembaga yang concern dalam pengembangan bisnis UMKM yang ada di Indonesia merasa perlu untuk memajukan bisnis dari para UMKM agar bisa lebih meningkat.  Dimana dalam kondisi seperti itu saat ini ada 5 program yang akan di jalankan oleh Kementerian Keuangan dalam rangka memajukan  bisnis UMKM :

 

A.     Program yang berhubungan dengan Aspek Pembiayaan bagi  UMKM

Kita semua tahu bahwa salah satu factor yang  menghambat perkembangan dan pengembangan bisnis UMKM adalah factor modal / pembiayaan. Oleh karena itu dengan adanya program ini di harapkan  para pelaku bisnis UMKM tidak lagi mengalami kendala dalam usahanya meningkatkan performance bisnisnya dengan adanya kemudahan aspek pembiayaan dari pemerintah.

 

B.     Program yang berhubungan dengan Fasilitas Fiskl bagi  para UMKM

Dengan adanya program  ini maka  UMKM di arahkan untuk bisa menjadi pelaku bisnis yang paham akan sistem dan prosedur yang berhubungan dengan masalah pelaporan pajak, hingga pemahaman yang benar terkait masalah kepabean yang berhubungan dengan pengiriman produk untuk ekspor bagi UMKM.

 

C.      Program yang berhubungan dengan Strategi Pemasaran untuk para UMKM

Bagi para UMKM yang ingin mengembangkan  pemasaran dan pengembangan marketnya tidak hanya di dalam tetapi juga di luar negeri. Maka para UMKM bisa menggunakan beberapa website berikut yang di yakini bisa memberikan  tambahan pemahaman  bagi para UMKM dalam meningkatkan bisnisnya : (a) UMKM bisa bergabung dengan apa yang di namakan ekosistem  DigiPay  ( yaitu sebuah sistem yang biasanya di pakai dalam pengadaan barang / jasa yang ada di lingkup pemerintahan ) (UMKM bisa ikut atau masuk dalam situs yang bernama Lelang.go.id yang bertujuan untuk  membantu dalam penjualan produk – produk UMKM agar bisa lebih eksis tidak saja di dalam negeri tetapi juga di luar negeri ).

 

D.     Program yang berhubungan dengan Pelatihan dan Pendampingan  bagi UMKM

Program ini sengaja di buat oleh pemerintah dalam mendukung peningkatan skill dan manajerial para UMKM. Dimana  beberapa model pelatihan dan pendampingan yang di berikan oleh  UMKM adalah : Pelatihan  ekspor yang akan bisa mendukung aktivitas ekspor sehingga mereka bisa menjadi  UMKM Go Internasional dan  Pelatihan serta pendampingan lain yang akan bisa meningkatkan skill dan kompetensi dari UMKM yang bersangkutan.

 

E.      Program peningkatan Kerjasama serta kolaborasi bisnis lainnya dengan Divisi dalam  Kementerian yang memang memiliki concern terhadap para UMKM.

Dalam konteks ini maka para pelaku UMKM akan bisa melakukan kegiatan bisnis seperti event/ pameran UMKM , bidang lainnnya yang ada di bawah koordinasi Kementerian Keuangan sehingga dengan adanya dukungan tersebut sehingga bisnis UMKM bisa lebih berkembang tidak saja di skala pemasaran regional  tetapi juga nasional.

 Memang yang namanya kolaborasi, saat ini menjadi salah satu strategi bisnis yang bisa di lakukan oleh pelaku bisnis. Tidak saja pelaku bisnis kelas corporate tetapi kelas UMKM pun saat ini harus secara aktif melakukan kolaborasi, sehingga di harapkan dengan adanya kolaborasi  tersebut akan bisa menjadikan bisnis para UMKM bisa jadi lebih berkembang.

 Keuntungan Bagi UMKM Jika Mengembangkan StrategiKolaborasi Bisnis

 


Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan oleh para UMKM agar bisa menjadikan bisnisnya lebih berkembang,  Dimana beberapa keuntungan secara langsung yang bisa di dapatkan  oleh UMKM dengan kolaborasi adalah :

 A.     UMKM akan bisa melakukan pengembangan jaringan dengan  melakukan kolaborasi dengan banyak pihak. Tidak saja dengan  Kementerian Keuangan dan divisi yang ada di bawahnya tetapi juga dengan  kementerian lainnya.

B.     UMKM akan bisa mendapatkan peluang yang cukup luas, karena kolaborasi akan bisa mendatangkan keuntungan yang berhubungan dengan peluang bisnis dari  UMKM yang bersangkutan.

C.      UMKM akan bisa mendapatkan mitra bisnis ketika dirasa manfaat dan bisa bekerjasama dalam satu kondisi bisnis. Karena yang namanya mitra bisnis adalah sebuah Kerjasama  yang bersifat win win solution.

D.     UMKM dengan adanya kolaborasi bisnis maka akan semakin terbuka kesempatan untuk dirinya melakukan pengembangan  produk atau melakukan variasi produk. Karena bisa jadi dengan banyaknya kolaborasi akan bisa meningkatkan performance dari bisnis yang di jalankan oleh UMKM yang bersangkutan.

Yang pasti dengan adanya kolaborasi sudah pasti banyak keuntungan yang akan di dapatkan di bandingkan dengan kerugiannya, sehingga tidak salah memang jika pada akhirnya Kementerian Keuangan berusaha untuk melakukan kolaborasi dengan  para pebisnis UMKM yang memang mereka mampu memberikan kontribusi positif bagi program  yang di jalankan oleh Kementerian Keuangan. 

Selasa, 14 Maret 2023

3 POTENSI BISNIS MASA DEPAN YANG TERCIPTA BERKAT OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING

 Era digitalisasi saat ini sudah menjadi salah satu format pemasaran yang ada di hampir semua bisnis yang ada di Indonesia. Dimana perspektif bisnisnya sudah pasti menggunakan dukungan teknologi untuk memperlancar proses bisnis yang ada di dalamnya. Sehingga strategi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dari kesempurnaan sebuah sistem pemasaran masa depan.

 


 

Kondisi seperti itu  akan semakin berkembang di tahun 2023, dimana setelah adanya Era Industri 4.0 maka dunia akan masuk ke era yang bernama Society 5.0. Ketika era tersebut terjadi maka semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia termasuk di dalamnya adalah aktivitas bisnis sudah pasti menggunakan teknologi sebagai alat pendukungnya. Itulah sebabnya, ketika kondisi seperti itu terjadi maka ada baiknya semua pelaku bisnis paham akan arti penting dari sebuah integrasi sistem yang berbasis teknologi.

 3 Keuntungan Menggunakan  Teknologi dalam  Strategi Bisnis Perusahaan

 Terkait dengan adanya integrasi sistem yang digunakan untuk mendukung penerapan strategi marketing itulah, maka saat ini implementasi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dalam memaksimalkan potensi bisnis dari sebuah perusahaan. Istilahnya dengan adanya integrasi sistem yang berbalut teknologi maka strategi pemasaran perusahaan bisa di lakukan dengan beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan :

 

1.      Perusahaan dalam melakukan strategi pemasarannya  lebih luas dan jauh dibandingkan dengan model pemasaran yang bersifat tradisional. Sehingga jelas target market yang akan bisa di capai semakin luas.

2.      Perusahaan akan bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan anggaran biaya promosi dibandingkan harus menggunakan cara offline dalam menjangkau target market perusahaan.

3.      Perusahaan akan bisa melakukan multi strategi marketing jika menggunakan sistem pemasaran digital. Karena dalam sistem pemasaran  ini banyak channel yang bisa di pakai dari mulai bermain di media sosial hingga pembuatan  video konten marketing yang mencakup banyak  aspek  promosi di dalam video tersebut.

 Berdasarkan laporan yang di dapat dari Forrester untuk sistem pemasaran digital yang akan terjadi di dunia, Forrester memprediksi ada sekitar $146 miliar yang akan di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran digital bagi produk yang mereka miliki.  Dimana prediksi itu sendiri bisa jadi akan berkembang seiring pergerakan dan pertumbuhan ekonomi makro yang ada di masing-masing negara di dunia.Termasuk Indonesia misalnya dengan tingginya angka pertumbuhan ekonomi  yang ditaksir masih diatas 5% semakin dibutuhkan adanya strategi pemasaran digital yang lebih optimal di dalamnya. 

 

 3 Hal Penting Dalam Menjalankan Strategi  Pemasaran  Digital  bagi Perusahaan

 


Sebuah strategi apapun konsep dan implementasinya,  sudah pasti tidak bisa berjalan sendiri. Semuanya akan terintegrasi dengan komponen yang ada di dalamnya. Itulah sebabnya, pasti ada komponen pendukung yang bisa di optimalkan agar pemasaran model digital bisa menjadi satu strategi  pemasaran yang optimal.

 1.      Coba libatkan pengguna atau enduser dengan cara menggunakan konten yang berbasis video untuk strateginya.

Kenapa strategi ini di jalankan, karena saat ini orang sudah terbiasa melihat video dibandingkan dengan membaca. Sehigga bentuk promosi dengan menggunakan video menjadi satu konsep strategi pemasaran yang cukup efektif bagi perusahaan.

2.      Continuitas dalam melakukan promosi menggunakan media sosial termasuk video

Jika di mungkinkan atau setidaknya jika perusahaan memiliki anggaran, ada baiknya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan artis atau influencer dalam mempromosikan produk anda. Karena dengan cara seperti ini maka talent yang anda gunakan akan memberikan dampak positif bagi materi promosi yang akan di share oleh talent tersebut.

3.      Cobalah tetap menggunakan media email sebagai sarana untuk memperluas jangkauan target market yang diinginkan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan media email maka perusahaan akan bisa mengoptimalkan pengiriman email kepada siapa saja yang ingin di targetkan oleh perusahaan.  Dimana perusahaan tidak akan putus dalam melakukan promosi tersebut mengingat media email sangat efektif sebagai media untuk melakukan strategi promosi dalam jangka Panjang.

 Berdasarkan  beberapa kondisi diatas itulah, pada akhirnya kita menjadi tahu bahwa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran memang metode pemasaran digital saat ini dan kedepan menjadi salah satu strategi jitu. Selain efektif dan efisien, jelas strategi ini cukup efektif di era industry 4.0 menjelang berlakunya era Society 5.0.

 Pertama-tama kami ucapkan salam silaturahim dengan Manajemen Kampus Universitas Teuku Umar, semoga perkenalan ini bisa memberikan banyak hal positif untuk kita bersama…amien ya robbal allamin.

 Kami adalah perusahaan  yang bergerak di bidang jasa pengiriman ekspor dan impor, dimana klien kami banyak yang berasal dari kalangan UMKM. Maksud dari pertanyaan kami ini adalah jika tidak salah kampus sering mengadakan event webinar terkait tema atau masalah soal UMKM. Jika di perkenankan apakah kami boleh bekerjasama dengan manajemen kampus Universitas Teuku Umar yaitu pada saat mengadakan webinar UMKM kami  ingin mengundang klien UMKM yang  kami miliki. Sehingga mereka bisa mendapatkan tambahan ilmu untuk peningkatan ilmu mereka. Sedangkan jika materinya yang berhubungan dengan masalah ekspor kami bersedia untuk bisa berbagi ilmu dengan kami menjadi salah satu narasumbernya.

 

 

Rabu, 01 Maret 2023

4 Kebijakan System Ekspor Indonesi, Guna Mendukung Performance Ekspor Indonesia

 

Saat ini bisa di katakan Ketika ekonomi sudah mulai membaik setelah pandemi covid melanda dunia. Maka satu hal yang bisa menjadi concern Indonesia dan negara lainnya adalah meningkatkan potensi ekspor. Karena dengan tingginya nilai ekspor akan semakin memperkuat kondisi ekonomi sebuah negara.

 


Berdasarkan kondisi itulah, maka saat  ini Indonesia juga mulai menggencarkan peluang ekspor untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. Bukan karena momentum ini harus di jalankan, juga karena saat ini adalah saat  yang tepat untuk semua pihak melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan potensi ekspor yang ada di Indonesia. Sehingga Ketika  kemampuan ekspor semakin meningkat maka kemampuan Indonesia untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan bisa di tingkatkan.

 Oleh karena itulah, hingga pada akhirnya Pemerintah selaku pemegang regulasi ekspor melakukan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah untuk membangkitkan semangat ekspor  pelaku bisnis agar bisa  meningkatkan ekspor ke semua negara yang bisa menjadi tujuan ekspornya.    Dengan demikian maka bisa di pastikan bahwa kedepan   Indonesia akan menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.

 Hal itu bisa saja terjadi mengingat potensi produk ekspor Indonesia yang setiap tahunnya meningkat dengan beragam jenis dan variasi produk ekspor.  Sehingga di harapkan dengan adanya peningkatan ekspor dari beberapa produk itulah Indonesia bisa semakin menguasai pasar ekspor dunia.

 

10 Produk Utama Indonesia  Yang Mampu Bersaing di Pasar Global

 Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah. Sudah barang tentu ini akan menjadi salah satu potensi bagus dalam pengembangan produk ekspor yang semakin membaik  dimana depan. Setidaknya dari beberapa jenis produk  yang saat ini menjadi  produk unggulan ekspor kita bisa lihat bahwa memang Indonesia punya kemampuan kearah sana. 

 

 Produk Perikanan Indonesia  yaitu Produk Udang

Udang menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup banyak peminatnya di luar negeri, sehingga banyak negara yang concern dan berminat terhadap produk unggulan ekspor dari Indonesia yaitu Udang.

Produk Perkebunan Indonesia yaitu Produk Kopi

Menariknya produk unggulan ekspor Indonesia adalah produk kopi. Hal itu sesuai dengan cita rasa produk kopi yang ada di Indonesia. Sehingga tidak salah jika hingga saat ini banyak negara yang tertarik dengan produk kopi Indonesia.

Produk Perkebunan Indonesia yang masuk dalam produk unggulan dunia

Ada sekitar 3 produk unggulan ekspor Indonesia yang saat ini cukup banyak di minati karena potensi produksi produk tersebut yang ada di Indonesia seperti misalnya : Produk Perkebunan Karet, Kelapa Sawit dan Kakao ( Coklat )

Produk lain yang menjadi produk  unggulan adalah Produk TPT

Produk ini juga menjadi salah satu produk unggulan ekspor karena dunia tahu kualitas dari produk TPT Indonesia.

Produk unggulan lain adalah Produk Alas Kaki.

Dimana  untuk  produk yang satu ini jelas karena adanya budaya Timur yang mempengaruhi kondisi orang  hingga pada akhirnya menggunakan alas kaki. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, membuat  produk alas kaki menjadi sebuah produk unggulan Indonesia.

 Produk  ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Elektronik

Terkait dengan keberadaan produk elektronika, memang  ini juga sebuah  pencapaian yang sempat berkembang hingga saat ini. Sekalipun ada negara  Asia lain seperti Cina, Jepang dan lainnya  yang juga sebagai produsen produk elektronik, tetapi Indonesia saat  ini juga dianggap sebagai salah satu produsen elektronik yang telah berkembang.

Produk ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Kendaraan bermotor

Dimana beberapa negara tujuan ekspor yang sudah di jadikan acuan ekspor kendaraan    

Produk unggulan lainnya yang masuk dalam 10 besar adalah Furniture

Dunia tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal dengan kualitas produknya sehingga banyak negara di dunia  yang menjadi negara tujuan ekspor untuk produk furniture.

  

4 Kebijakan Penunjang Perkembangan Ekspor Indonesia

 


Guna menunjang dan meningkatkan performance bisnis dan ekspor Indonesia itulah, hingga pada akhirnya Indonesia melalui kementerian terkait melakukan beberapa terobosan. Dimana beberapa terobosan yang  bisa menjadikan ekspor  Indonesia meningkat adalah adanya kebijakan ekspor.

 Kita bisa tahu ada sekitar 4 kebijakan ekspor yang  bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia di masa kini dan mendatang.  Dimana beberapa kebijakan tersebut sudah mulai di jalankan dengan deskripsinya seperti berikut :

 Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 

 

Itulah ke-4 kebijakan yang saat  ini sedang di jalankan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka  untuk meningkatkan performance aktivitas ekspor yang ada di Indonesia ke beberapa negara tujuan ekspor.  Dimana terkait untuk terjadinya ecosystem yang ada di industri logistic, saat ini Abang Express sebagai salah satu pelaku bisnis logistic yang berorientasi ekspor. Dimana salah satu visi dan misinya adalah untuk membantu meningkatkan performance ekspor dari pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...