Saat ini bisa di katakan Ketika ekonomi sudah mulai membaik setelah pandemi covid melanda dunia. Maka satu hal yang bisa menjadi concern Indonesia dan negara lainnya adalah meningkatkan potensi ekspor. Karena dengan tingginya nilai ekspor akan semakin memperkuat kondisi ekonomi sebuah negara.
Berdasarkan kondisi itulah, maka saat ini Indonesia juga mulai menggencarkan peluang ekspor untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. Bukan karena momentum ini harus di jalankan, juga karena saat ini adalah saat yang tepat untuk semua pihak melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan potensi ekspor yang ada di Indonesia. Sehingga Ketika kemampuan ekspor semakin meningkat maka kemampuan Indonesia untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan bisa di tingkatkan.
Oleh karena itulah, hingga pada akhirnya Pemerintah selaku pemegang regulasi ekspor melakukan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah untuk membangkitkan semangat ekspor pelaku bisnis agar bisa meningkatkan ekspor ke semua negara yang bisa menjadi tujuan ekspornya. Dengan demikian maka bisa di pastikan bahwa kedepan Indonesia akan menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.
Hal itu bisa saja terjadi mengingat potensi produk
ekspor Indonesia yang setiap tahunnya meningkat dengan beragam jenis dan
variasi produk ekspor. Sehingga di
harapkan dengan adanya peningkatan ekspor dari beberapa produk itulah Indonesia
bisa semakin menguasai pasar ekspor dunia.Terlebih dengan adanya dukungan dari perusahaan jasa pengiriman ekspor juga :
10 Produk Utama Indonesia Yang Mampu Bersaing di Pasar Global
Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah. Sudah barang tentu ini akan menjadi salah satu potensi bagus dalam pengembangan produk ekspor yang semakin membaik dimana depan. Setidaknya dari beberapa jenis produk yang saat ini menjadi produk unggulan ekspor kita bisa lihat bahwa memang Indonesia punya kemampuan kearah sana.
Produk Perikanan Indonesia yaitu Produk Udang
Udang menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup banyak peminatnya di luar negeri, sehingga banyak negara yang concern dan berminat terhadap produk unggulan ekspor dari Indonesia yaitu Udang.
Produk Perkebunan Indonesia yaitu Produk Kopi
Menariknya produk unggulan ekspor Indonesia adalah produk kopi. Hal itu sesuai dengan cita rasa produk kopi yang ada di Indonesia. Sehingga tidak salah jika hingga saat ini banyak negara yang tertarik dengan produk kopi Indonesia.
Produk Perkebunan Indonesia yang masuk dalam produk unggulan dunia
Ada sekitar 3 produk unggulan ekspor Indonesia yang saat ini cukup banyak di minati karena potensi produksi produk tersebut yang ada di Indonesia seperti misalnya : Produk Perkebunan Karet, Kelapa Sawit dan Kakao ( Coklat )
Produk lain yang menjadi produk unggulan adalah Produk TPT
Produk ini juga menjadi salah satu produk unggulan ekspor karena dunia tahu kualitas dari produk TPT Indonesia.
Produk unggulan lain adalah Produk Alas Kaki.
Dimana untuk produk yang satu ini jelas karena adanya budaya Timur yang mempengaruhi kondisi orang hingga pada akhirnya menggunakan alas kaki. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, membuat produk alas kaki menjadi sebuah produk unggulan Indonesia.
Produk ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Elektronik
Terkait dengan keberadaan produk elektronika, memang ini juga sebuah pencapaian
yang sempat berkembang hingga saat ini. Sekalipun ada negara Asia lain seperti Cina, Jepang dan lainnya yang juga sebagai produsen produk elektronik, tetapi Indonesia saat ini juga dianggap sebagai salah satu produsen elektronik yang telah berkembang.
Produk ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Kendaraan bermotor
Dimana beberapa negara tujuan ekspor yang sudah di jadikan acuan ekspor kendaraan
Produk unggulan lainnya yang masuk dalam 10 besar adalah Furniture
Dunia tahu bahwa produk furniture Indonesia terkenal dengan kualitas produknya sehingga banyak negara di dunia yang menjadi negara tujuan ekspor untuk produk furniture.
4 Kebijakan Penunjang Perkembangan Ekspor Indonesia
Guna menunjang dan meningkatkan performance bisnis dan ekspor Indonesia itulah, hingga pada akhirnya Indonesia melalui kementerian terkait melakukan beberapa terobosan. Dimana beberapa terobosan yang bisa menjadikan ekspor Indonesia meningkat adalah adanya kebijakan ekspor.
Kita bisa tahu ada sekitar 4 kebijakan ekspor yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia di masa kini dan mendatang. Dimana beberapa kebijakan tersebut sudah mulai di jalankan dengan deskripsinya seperti berikut :
Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.
Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.
Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.
Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat. Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.
Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.
Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi.
Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).
Itulah ke-4 kebijakan yang saat ini sedang di jalankan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka untuk meningkatkan performance aktivitas ekspor yang ada di Indonesia ke beberapa negara tujuan ekspor. Dimana terkait untuk terjadinya ecosystem yang ada di industri logistic, saat ini Abang Express sebagai salah satu pelaku bisnis logistic yang berorientasi ekspor. Dimana salah satu visi dan misinya adalah untuk membantu meningkatkan performance ekspor dari pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.