Senin, 19 September 2022

5 Variasi Produk Khas Indonesia, Unggulan Produk Ekspor Indonesia tahun 2022

 

Indonesia sebagai sebuah negara agraris dan salah satu negara dengan kepulauannya yang luas,  memang menguntungkan di lihat dari berbagai segi. Sebut saja misalnya  Indonesia memiliki wilayah yang luas dan terbentang dari ujung barat hingga ujung timur. Serta yang paling menguntungkan adalah kemampuan Indonesia menghasilkan berbagai tanaman produksi yang  saat ini menjadi produk pertanian unggulan yang ada di dunia.

 

sumber : smesco

Dilihat dari besarnya potensi bisnis  ekspor yang ada di Indonesia yang berasal dari produksi pertanian  dan perkebunan di Indonesia. Memang tidak salah jika pada akhirnya kita beranggapan bahwa memang Indonesia  ke depan bisa menjadi salah satu negara eksportir terbesar yang ada di dunia.  Kondisi tersebut bisa di lihat dari beberapa fakta berikut :

Saat  ini untuk beberapa produk ekspor di bidang pertanian dan perkebunan, Indonesia sudah menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia. Sebut saja untuk  beberapa produk seperti : Kopi, Karet, Rempah- Rempah, Teh, Coklat.

2.      Dari 5 jenis ekspor produk pertanian dan perkebunan tersebut, Indonesia dengan kapasitas produksinya masuk menjadi negara dengan kapasitas produksi perkebunan terbesar di dunia yaitu untuk produk Karet, Kelapa Sawit, Coklat dan Kopi. Ada sekitar 8 negara yang menjadi tujuan ekspor untuk produk-produk Indonesia sat ini diantaranya adalah : China, Jepang, Amerika Serikat, India, Malaysia, Singapura, Korea Selatan dan Taiwan.

 Berdasarkan kondisi itulah, maka saat  ini dan kedepan, Indonesia melalui Kementerian terkait di harapkan bisa lebih meningkatkan potensi ekspor yang ada di semua negara tujuan ekspor secara maksimal.  Dimana untuk tujuan  tersebut Pemerintah Pusat melalui beberapa kementerian terkait melakukan koordinasi,  kolaborasi dan sinergi Bersama  untuk memaksimalkan potensi ekspor yang ada di semua sector bisnis ekspor Indonesia.

 

5 Produk Pertanian/Perkebunan Favorit dalam Bisnis Ekspor Indonesia

 Agar  kita bisa melihat dan menentukan strategi dalam pengembangan produk ekspor yang ada di Indonesia terutama untuk beberapa produk yang potensial untuk tujuan ekspor. Maka Pemerintah Pusat telah menetapkan  5 jenis produk Pertanian dan Perkebunan yang saat ini masuk menjadi 5 produk unggulan untuk ekspor Indonesia.

 

1.      Produk Unggulan Pertanian/Perkebunan Indonesia: Kopi

Ekspor  Kopi Indonesia sepanjang periode satu semester di tahun 2022 (  Januari – Mei 2022 )  nilainya bisa mencapai USS 394 juta. Angka ini meningkat dalam periode yang sama dibandingkan dengan periode bulan Januari- Mei 2021.

2.      Produk Unggulan Pertanian/Perkebunan Indonesia: Karet

Sebagai negara penghasil karet salah satu terbesar di dunia, wajar jika banyak negara melakukan import karet dari Indonesia. Seperti juga data  negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia : Amerika Serikat  dengan US$2,18 miliar.  Sedangkan untuk ekspor ke Jepang sebesar US$1,03 miliar, serta untuk negara China, India dan Korea Selatan nilai ekspornya adalah : China US$466,18 juta, India US$330,66 juta dan Korea Selatan US$277,82 miliar.

3.      Produk Unggulan Pertanian/Perkebunan Indonesia: Rempah – Rempah

Dengan adanya program Spice UpThe World, Indonesia akan bisa menembus angka ekspor sebesar US$2 miliar atau sekitar Rp28 triliun di tahun 2024. Saat ini Indonesia sudah masuk menjadi negara dengan urutan ke-9 terbesar di dunia sebagai eksportir rempah rempah di dunia sekitar RpUS$1,03 miliar atau setara Rp14,6 triliun.  Untuk produk terbanyaknya sendiri untuk ekspor rempah-rempah adalah kondisinya  : Produk Kecap  berada diangka US$212,8 juta, Cengkeh diangka US$176,5 juta,  sementara untuk produk rempah-rempah seperti Pala diangka US$160,4 juta, Lada diangka US$155,3 juta dan  Kayu manis diangka US$151,2 juta.

4.      Produk Unggulan Pertanian/Perkebunan Indonesia: Teh

Nilai ekspor  produk  Teh Indonesia sendiri di tahun 2021 sudah mencapai US$89,16 juta atau setara dengan volume 42.653 ton. Angka ini memang masih terus  berkembang hingga memasuki tahun 2022, dimana ekspor terbesar dari Indonesia di tujukkan ke negara Malaysia sebesar US$11,7 juta dan total jumlah negara tujuan ekspor teh  Indonesia ada 62 negara di dunia.

5.      Produk Unggulan Pertanian/Perkebunan Indonesia: Coklat

Nilai ekspor Coklat Indonesia hingga data terakhir adalah diangka US$1,21 miliar dimana angka tersebut jika di deskripsikan ke beberapa negara  tujuan ekspor utama Indonesia  adalah : Amerika Serikat dengan  nilai US$216,41 juta, India dengan angka US$152,01 juta, China dengan angka US$136,31 juta, Malaysia diangka US$132,60 juta dan Estonia dengan angka US$72,63 juta.

 

 Indonesia Fokus dalam Pengembangan Ekspor dengan Strategi 4 Kebijakan Terkini-nya

 Pemerintah Indonesia memang sangat berkompeten dengan peningkatan nilai ekspor dari semua produk yang menjadi produk ekspor unggulan Indonesia. Untuk itu pemerintah melalui kementerian terkait selalu melakukan terobosan agar bisa meningkatkan performance ekspor Indonesia.HIngga kini sudah banyak terobosan  kebijakan yang di bangun dan di kembangkan oleh pemerintah  guna mendukung peningkatan nilai ekspor Indonesia. Diantaranya adalah 4 kebijakan terbaru yang saat ini bisa menjadi trigger peningkatan angka ekspor secara nasional :

 


Kebijakan Pertama :

Pemerintah mencoba melakukan penyederhanaan system dari aktivitas ekspor. Dimana tujuannya jelas yaitu untuk mempermudah pelaksanaan ekspor Indonesia. Serta  dukungan dari kebijakan tersebut adalah dengan melakukan pengurangan jumlah larangan dan pembatasan dari  semua hal yang terkait dengan ekspor  Indonesia ke negara  tujuan.

 Kebijakan Kedua :

Pemerintah melakukan kebijakan untuk mengurangi ekspor bahan baku yang produknya adalah produk-produk unggulan. Sehingga dengan kebijakan tersebut dapat mengurangi ketersediaan bahan baku yang ada di dalam negeri yang di tujukan untuk penguatan pasar ekspor dari produk tersebut. Sehingga dengan kondisi tersebut maka produk yang bersangkutan akan semakin meningkat jumlahnya.

 Kebijakan Ketiga :

Kebijakan yang di arahkan untuk meningkatkan percepatan proses aktivitas dan aktivasi ekspor terhadap produk-produk unggulan dan non unggulan Indonesia ke negara tujuan. Baik untuk aktivita ekspor dan impor sekaligus, sehingga hal itu akan bisa meningkatkan performance perusahaan yang melakukan kegiatan ekspor dan impor.

 Kebijakan Keempat :

Kebijakan yang akan bisa meningkatkan percepatan dari sebuah layanan yang berfungsi untuk tujuan ekspor dan impor.  Dimana peningkatan layanan tersebut sekaligus menjadi satu strategi dalam melakukan pengawasan kegiatan ekspor melalui satu pengembangan divisi yang bernama NLE (National Logistics Ecosystem).

 Itulah beberapa kebijakan yang akan di jalankan oleh Pemerintah Indonesia dalam upayanya meningkatkan performance ekspor Indonesia ke negara tujuan. Yang semakin hari dan dari waktu ke waktu semakin meningkat jumlahnya, tidak saja jumlah negara tujuan ekspornya ataupun produk unggulan ekspornya.  Dimana terkait kebijakan yang mengarahkan adanya sinergi yang berhubungan dengan terciptanya Ecosystem Logistics yang ada di Indonesia, keberadaan Abang Express sebagai salah satu entitas bisnis yangbergerak di bidang logistic khusus ekspor merasa perlu untuk mendukung program pemerintah tersebut.

 Beberapa program yang telah dilakukannya adalah bekerja sama dengan Asosiasi dan Perkumpulan pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia untuk membantu mereka dalam meningkatkan penguatan pasar ekspor. Caranya  tidak saja dengan berusaha bekerja sama dengan pemerintah terkait juga dengan pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

 

Jumat, 16 September 2022

Potensi UMKM sebagai Trigger Bagi Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional

 

Secara bisnis kita  ketahui bahwa salah satu kunci peningkatan ekonomi nasional adalah di dukung  oleh kontribusi pelaku bisnis UMKM. Sehingga wajar jika kita katakan bahwa pebisnis UMKM adalah salah satu pelaku bisnis  yang tahan terhadap krisis. Salah satunya dapat  kita lihat bahwa sejak berjangkitnya pandemic covid  pelaku bisnis UMKM masih bisa berkontribusi positif  bagi ekonomi  Indonesia.

 

sumber : okezone economy

Ada beberapa  hal yang mendasari kenapa pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa peran pelaku bisnis UMKM mampu menjadi trigger bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia. Setidaknya ada beberapa kondisi yang bisa memperkuat statemen diatas terkait besarnya potensi bisnis yang bisa di jalankan oleh para UMKM bagi bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia :

1.      Secara spesifik  kita bisa jelaskan sesuai data yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, bahwa saat  ini jumlah pelaku bisnis UMKM ada sekitar 64,19 juta pelaku bisnis.  Dimana kontribusi yang bisa diberikan kepada negara yaitu perekonomian Indonesia khususnya terhadap PDB ( Produk Domestik Bruto) adalah sebesar 61,97% yang jika di akumulasikan dalam nilai rupiah menjadi Rp8.573,89 triliun. 

2.      Hingga  memasuki tahun 2022 jumlah pelaku bisnis UMKM yang sudah masuk dalam Ekosistem Digital  mencapai 19 juta pelaku bisnis yang di sampaikan  oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Sekalipun target yang diharapkan oleh pemerintah masih cukup jauh yaitu mencapai 30 juta pelaku UMKM hingga  tahun 2024. Namun dengan adanya 19 juta pelaku UMKM artinya mereka sudah mulai care dan peduli terhadap perlunya mereka menggunakan teknologi untuk pengembangan bisnis mereka.

3.      Artinya dari total pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia sudah sekitar 30,4 persen yang sudah masuk dalam platform  e-commerce. Sehingga dengan kondisi seperti ini jika semua pelaku UMKM tersebut masuk dan menggunakan media tersebut untuk menunjang bisnis mereka maka kita sudah bisa tentukan berapa besar penghasilan yang bisa di dapatkan oleh Indonesia dari  media tersebut.

4.      Bisa di katakan saat ini dengan semakin pedulinya pelaku  bisnis UMKM terhadap perkembangan teknologi. Pada akhirnya bisa kita katakana  bahwa kondisi tersebut bisa mengubah wajah perkembangan pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut jelas di tunjang oleh adanya 3 hal seperti :




A.     Semakin gencarnya pelaku bisnis UMKM dalam menggunakan  sarana teknologi, informasi dan komunikasi yang kesemua itu tidak terlepas dari adanya dukungan dari pemerintah terkait.

B.     Semakin besarnya dukungan dari Lembaga pembiayaan terkait dengan bisnis UMKM. Sehingga saat ini semakin banyak pelaku bisnis pembiayaan  yang tertarik untuk memberikan dukungan modal bagi para pebisnis UMKM.

C.      Kepedulian Pemerintah terkait dalam hal pengurangan atau penurunan tarif PPh Final, sehingga hal ini jelas membantu pelaku bisnis UMKM dalam menghemat cost yang berhubungan dengan pembayaran pajaknya.

 Berdasarkan kondisi itulah, maka wajar jika pada akhirnya saat ini pelaku bisnis UMKM semakin yakin bahwa  keberadaannya makin di perhitungkan tidak saja oleh Pemerintah terkait, tetapi juga oleh pelaku bisnis swasta yang ada di Indonesia. Sehingga dengan kondisi itulah, sudah saatnya jika orientasi pelaku bisnis UMKM harus mulai focus untuk mengembangkan pasar ekspor.

 

4 Kebijakan Menarik Yang di Berikan Pemerintah Guna Mendukung Perkembangan Ekspor Indonesia



Mungkin saat inilah waktu yang tepat bagi Indonesia dan pelaku bisnis UMKM dalam peningkatan perannya untuk pasar ekspor. Karena selain adanya momentum  yang lebih baik di pasar global. Juga Pemerintah saat ini telah memberikan beragam kebijakan yang bisa mendukung aktivitas ekspor bagi pelaku bisnis UMKM di Indonesia.

Tercatat ada 4 kebijakan yang akan bisa meningkatkan perkembangan bisnis ekspor bagi pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.

1.     Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

2.     Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

3.     Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

4.     Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 Nah berdasarkan ke-4 kebijakan itulah, pada akhirnya sesuai  dengan apa yang di harapkan oleh  Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bahwa perlu adanya satu integrasi system yang ada di semua stage holder UMKM  yang ada di Indonesia. Maka Abang Express selaku salam satu pelaku bisnis yang bergerak di bidang logistic khususnya dalam mendukung aktivitas ekspor para pelaku bisnis UMKM menyambut baik ajakan tersebut dengan membuat satu program.

 Dimana program yang saat  ini sedang di jalankan adalah mencoba untuk membantu para UMKM  yang akan melakukan pengembangan pasarnya dengan aktivitas ekspor. Kesemua itu di lakukan oleh perusahaan bersama dengan mitra dan partner terkaitnya yang berasal dari Pemerintah dan Pelaku bisnis swasta agar bisa membantu pelaku bisnis UMKM agar bisa lebih bersaing di pasar ekspor untuk memperkenalkan dan memajukan produk unggulan UMKM di dunia.

 

 

 

10 Produk Unggulan Indonesia Yang Mampu Bersaing di Pasar Global

Indonesia sebagai negara dengan potensi sumber daya alamnya yang besar, jelas memiliki kemampuan untuk bisa menjadi negara eksportir terbesar di dunia. Kenapa, karena dengan banyaknya variasi produk yang bisa di kembangkan membuat Indonesia mampu menjadi negara yang bisa mensupplai banyak produk yang dibutuhkan dunia.



 

Menjadi negara dengan tujuan ekspor terbesar di dunia memang perlu menjadi impian kita sebagai salah satu negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang luas serta keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Hal ini sejatinya bisa menjadi salah satu dasar jika sebuah negara ingin bisa menjadi salah satu negara yang mampu menjadi eksportir utama dunia.  Hanya memang  bukan perkara mudah untuk kita bisa melakukan kondisi tersebut butuh adanya beberapa penyesuaian dan konsistensi agar Indonesia bukan sekadar eksportir biasa tetapi memang eksportir yang professional.

 Nah untuk anda yang saat ini masih menjadi pemain bisnis dalam skala UMKM ( Usaha Micro Kecil dan Menengah). Tidak perlu risau, karena justru saat inilah saatnya anda mengembangkan bisnisnya ke pasar ekspor. Besarnya potensi yang ada di pasar ekspor memang sangat luar biasa, tidak saja untuk satu benua saja tetapi kita bisa memasok produk unggulan kita ke semua benua yang ada di seluruh dunia.

 

10 Produk Ekspor Unggulan Yang Bisa Bersaing dengan Produk Negara Lain




 Berdasarkan kondisi yang ada saat  ini di dunia, setidaknya ada beberapa produk ekspor yang cukup bagus dan bisa menjadi produk unggulan yang ada di dunia. Tidak saja unggulan karena memang produk tersebut memiliki keunggulan yang jarang di miliki oleh negara lain. Ataupun produk tersebut memang memiliki value yang pada akhirnya negara luar melihat produk Indonesia lebih baik dari segi kualitas produknya.

 Diantara beberapa produk unggulan ekspor yang ada di Indonesia dan menjadi sebuah komuditas ekspor unggulan di dunia, maka kita bisa bagi produk tersebut dalam 10 jenis produk unggulan ekspor yang ada di dunia :

 

1.      Produk unggulan pertama adalah Produk Udang

Indonesia terkenal dengan potensi ikan dan sejenisnya yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Sehingga sangat wajar jika pada akhirnya potensi produk udang Indonesia masuk dalam katagori produk unggulan ekspor Indonesia.

2.      Produk unggulan kedua adalah Produk Kopi

Beragam jenis cita rasa kopi yang ada di Indonesia yang berasal dari nusantara pada akhirnya menjadi satu kekuatan tersendiri yang akan menjadikan produk kopi Indonesia masuk dalam jajaran produk kopi terenak cita rasanya di dunia.

3.      Produk unggulan ketiga adalah Produk Kelapa Sawit

Indonesia terkenal dengan besarnya potensi kebun sawit dan produksi sawit  yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga berdasarkan kondisi itulah Indonesia masuk dalam 3 besar negara penghasil kelapa sawit di dunia.

4.      Produk unggulan keempat adalah Produk Karet

Hampir sama dengan kelapa sawit, perkebunan karet yang ada di Indonesia juga bisa kita temui di hamper seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Sehingga wajar jika produksinya menjadi salah satu terbesar di dunia.

5.      Produk unggulan kelima adalah Produk Coklat

Produk coklat akan sama kondisinya dengan produk Kopi. Karena saat ini dengan semakin bagusnya harga kg coklat yang ada di Indonesia semakin memperkuat posisi produk coklat yang ada di Indonesia.

6.      Produk unggulan keenam adalah Produk TPT

Produk ini bisa menjadi produk unggulan ekspor Indonesia karena produk TPT Indonesia memiliki kualitas yang bisa di banggakan.

7.      Produk  unggulan ketujuh adalah Produk Alas Kaki

Pengaruh pentingnya budaya Asia yang ada di Indonesia, pada akhirnya memang membuat sebuah produk alas kaki menjadi salah satu produk unggulan ekspor yang ada di Indonesia.

8.      Produk unggulan kedelapan adalah Produk Elektronik

Meskipun produk elektronik Indonesia juga banyak yang berasal dari luar negeri. Tetapi pada dasarnya masyarakat Indonesia juga mulai mengubah care-nya kepada produk dalam  akan membuat produk elektronik Indonesia semakin banyak di minati.

9.      Produk unggulan kesembilan adalah Produk Kendaraan bermotor

Saat  ini dengan jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar, sejatinya  Indonesia menjadi salah satu market import dari semua importir  yang ada di Indonesia.

10.  Produk unggulan kesepuluh adalah Produk Furniture.

Produk yang masuk dalam urutan ke-10 adalah produk furniture.  Kita semua  tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal karena keunikan, dan kekhasan produknya yang masih kental dengan unsur budaya Indonesia.

 

Butuh Sinergi dan Integrasi Sistem Logistik Demi Tercapainya Kesempurnaan Bisnisnya

 



Terkait dengan besarnya potensi bisnis ekspor yang ada di luar negeri, maka tidak akan sempurna kondisinya jika semua pihak baik Pemerintah Pusat/Swasta serta stage holder yang terkait dengan bisnis ekspor Bersatu demi majunya pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.  Karena mustahil UMKM akan bisa maju dan berkembang Ketika semua stage holder tidak Bersatu dalam satu kesatuan system bisnis yang ada.

 Contoh mudah yang bisa kita lihat adalah, peran perusahaan logistic seperti Abang Express. Posisinya yang bergerak di industry logistic/ pengiriman barang ekspor justru idealisme yang ingin di jalankan oleh pelaku bisnis ini adalah ingin menjadi mitra atau partner bisnis dari pelaku bisnis UMKM . Dengan jaringan dan kemampuan  yang di milikinya perusahaan tersebut yakin bahwa UMKM sebenarnya punya potensi yang sama dalam ekspor ke luar negeri.

 Itulah beberapa hal yang mesti menjadi perhatian kita semua pada saat kita sudah focus dalam kaitan pengembangan dan perluasan pasar ekspor maka semua  pihak harus bahu membahu dan bekerjasama demi tercapainya satu tujuan yaitu menjadikan UMKM Indonesia salah satu pelaku bisnis ekspor yang di segani di dunia.

 

 

 

               

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...