Selasa, 14 Maret 2023

3 POTENSI BISNIS MASA DEPAN YANG TERCIPTA BERKAT OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING

 Era digitalisasi saat ini sudah menjadi salah satu format pemasaran yang ada di hampir semua bisnis yang ada di Indonesia. Dimana perspektif bisnisnya sudah pasti menggunakan dukungan teknologi untuk memperlancar proses bisnis yang ada di dalamnya. Sehingga strategi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dari kesempurnaan sebuah sistem pemasaran masa depan.

 


 

Kondisi seperti itu  akan semakin berkembang di tahun 2023, dimana setelah adanya Era Industri 4.0 maka dunia akan masuk ke era yang bernama Society 5.0. Ketika era tersebut terjadi maka semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia termasuk di dalamnya adalah aktivitas bisnis sudah pasti menggunakan teknologi sebagai alat pendukungnya. Itulah sebabnya, ketika kondisi seperti itu terjadi maka ada baiknya semua pelaku bisnis paham akan arti penting dari sebuah integrasi sistem yang berbasis teknologi.

 3 Keuntungan Menggunakan  Teknologi dalam  Strategi Bisnis Perusahaan

 Terkait dengan adanya integrasi sistem yang digunakan untuk mendukung penerapan strategi marketing itulah, maka saat ini implementasi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dalam memaksimalkan potensi bisnis dari sebuah perusahaan. Istilahnya dengan adanya integrasi sistem yang berbalut teknologi maka strategi pemasaran perusahaan bisa di lakukan dengan beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan :

 

1.      Perusahaan dalam melakukan strategi pemasarannya  lebih luas dan jauh dibandingkan dengan model pemasaran yang bersifat tradisional. Sehingga jelas target market yang akan bisa di capai semakin luas.

2.      Perusahaan akan bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan anggaran biaya promosi dibandingkan harus menggunakan cara offline dalam menjangkau target market perusahaan.

3.      Perusahaan akan bisa melakukan multi strategi marketing jika menggunakan sistem pemasaran digital. Karena dalam sistem pemasaran  ini banyak channel yang bisa di pakai dari mulai bermain di media sosial hingga pembuatan  video konten marketing yang mencakup banyak  aspek  promosi di dalam video tersebut.

 Berdasarkan laporan yang di dapat dari Forrester untuk sistem pemasaran digital yang akan terjadi di dunia, Forrester memprediksi ada sekitar $146 miliar yang akan di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran digital bagi produk yang mereka miliki.  Dimana prediksi itu sendiri bisa jadi akan berkembang seiring pergerakan dan pertumbuhan ekonomi makro yang ada di masing-masing negara di dunia.Termasuk Indonesia misalnya dengan tingginya angka pertumbuhan ekonomi  yang ditaksir masih diatas 5% semakin dibutuhkan adanya strategi pemasaran digital yang lebih optimal di dalamnya. 

 

 3 Hal Penting Dalam Menjalankan Strategi  Pemasaran  Digital  bagi Perusahaan

 


Sebuah strategi apapun konsep dan implementasinya,  sudah pasti tidak bisa berjalan sendiri. Semuanya akan terintegrasi dengan komponen yang ada di dalamnya. Itulah sebabnya, pasti ada komponen pendukung yang bisa di optimalkan agar pemasaran model digital bisa menjadi satu strategi  pemasaran yang optimal.

 1.      Coba libatkan pengguna atau enduser dengan cara menggunakan konten yang berbasis video untuk strateginya.

Kenapa strategi ini di jalankan, karena saat ini orang sudah terbiasa melihat video dibandingkan dengan membaca. Sehigga bentuk promosi dengan menggunakan video menjadi satu konsep strategi pemasaran yang cukup efektif bagi perusahaan.

2.      Continuitas dalam melakukan promosi menggunakan media sosial termasuk video

Jika di mungkinkan atau setidaknya jika perusahaan memiliki anggaran, ada baiknya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan artis atau influencer dalam mempromosikan produk anda. Karena dengan cara seperti ini maka talent yang anda gunakan akan memberikan dampak positif bagi materi promosi yang akan di share oleh talent tersebut.

3.      Cobalah tetap menggunakan media email sebagai sarana untuk memperluas jangkauan target market yang diinginkan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan media email maka perusahaan akan bisa mengoptimalkan pengiriman email kepada siapa saja yang ingin di targetkan oleh perusahaan.  Dimana perusahaan tidak akan putus dalam melakukan promosi tersebut mengingat media email sangat efektif sebagai media untuk melakukan strategi promosi dalam jangka Panjang.

 Berdasarkan  beberapa kondisi diatas itulah, pada akhirnya kita menjadi tahu bahwa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran memang metode pemasaran digital saat ini dan kedepan menjadi salah satu strategi jitu. Selain efektif dan efisien, jelas strategi ini cukup efektif di era industry 4.0 menjelang berlakunya era Society 5.0.

 Pertama-tama kami ucapkan salam silaturahim dengan Manajemen Kampus Universitas Teuku Umar, semoga perkenalan ini bisa memberikan banyak hal positif untuk kita bersama…amien ya robbal allamin.

 Kami adalah perusahaan  yang bergerak di bidang jasa pengiriman ekspor dan impor, dimana klien kami banyak yang berasal dari kalangan UMKM. Maksud dari pertanyaan kami ini adalah jika tidak salah kampus sering mengadakan event webinar terkait tema atau masalah soal UMKM. Jika di perkenankan apakah kami boleh bekerjasama dengan manajemen kampus Universitas Teuku Umar yaitu pada saat mengadakan webinar UMKM kami  ingin mengundang klien UMKM yang  kami miliki. Sehingga mereka bisa mendapatkan tambahan ilmu untuk peningkatan ilmu mereka. Sedangkan jika materinya yang berhubungan dengan masalah ekspor kami bersedia untuk bisa berbagi ilmu dengan kami menjadi salah satu narasumbernya.

 

 

Rabu, 01 Maret 2023

4 Kebijakan System Ekspor Indonesi, Guna Mendukung Performance Ekspor Indonesia

 

Saat ini bisa di katakan Ketika ekonomi sudah mulai membaik setelah pandemi covid melanda dunia. Maka satu hal yang bisa menjadi concern Indonesia dan negara lainnya adalah meningkatkan potensi ekspor. Karena dengan tingginya nilai ekspor akan semakin memperkuat kondisi ekonomi sebuah negara.

 


Berdasarkan kondisi itulah, maka saat  ini Indonesia juga mulai menggencarkan peluang ekspor untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. Bukan karena momentum ini harus di jalankan, juga karena saat ini adalah saat  yang tepat untuk semua pihak melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan potensi ekspor yang ada di Indonesia. Sehingga Ketika  kemampuan ekspor semakin meningkat maka kemampuan Indonesia untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan bisa di tingkatkan.

 Oleh karena itulah, hingga pada akhirnya Pemerintah selaku pemegang regulasi ekspor melakukan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah untuk membangkitkan semangat ekspor  pelaku bisnis agar bisa  meningkatkan ekspor ke semua negara yang bisa menjadi tujuan ekspornya.    Dengan demikian maka bisa di pastikan bahwa kedepan   Indonesia akan menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.

 Hal itu bisa saja terjadi mengingat potensi produk ekspor Indonesia yang setiap tahunnya meningkat dengan beragam jenis dan variasi produk ekspor.  Sehingga di harapkan dengan adanya peningkatan ekspor dari beberapa produk itulah Indonesia bisa semakin menguasai pasar ekspor dunia.

 

10 Produk Utama Indonesia  Yang Mampu Bersaing di Pasar Global

 Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah. Sudah barang tentu ini akan menjadi salah satu potensi bagus dalam pengembangan produk ekspor yang semakin membaik  dimana depan. Setidaknya dari beberapa jenis produk  yang saat ini menjadi  produk unggulan ekspor kita bisa lihat bahwa memang Indonesia punya kemampuan kearah sana. 

 

 Produk Perikanan Indonesia  yaitu Produk Udang

Udang menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup banyak peminatnya di luar negeri, sehingga banyak negara yang concern dan berminat terhadap produk unggulan ekspor dari Indonesia yaitu Udang.

Produk Perkebunan Indonesia yaitu Produk Kopi

Menariknya produk unggulan ekspor Indonesia adalah produk kopi. Hal itu sesuai dengan cita rasa produk kopi yang ada di Indonesia. Sehingga tidak salah jika hingga saat ini banyak negara yang tertarik dengan produk kopi Indonesia.

Produk Perkebunan Indonesia yang masuk dalam produk unggulan dunia

Ada sekitar 3 produk unggulan ekspor Indonesia yang saat ini cukup banyak di minati karena potensi produksi produk tersebut yang ada di Indonesia seperti misalnya : Produk Perkebunan Karet, Kelapa Sawit dan Kakao ( Coklat )

Produk lain yang menjadi produk  unggulan adalah Produk TPT

Produk ini juga menjadi salah satu produk unggulan ekspor karena dunia tahu kualitas dari produk TPT Indonesia.

Produk unggulan lain adalah Produk Alas Kaki.

Dimana  untuk  produk yang satu ini jelas karena adanya budaya Timur yang mempengaruhi kondisi orang  hingga pada akhirnya menggunakan alas kaki. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, membuat  produk alas kaki menjadi sebuah produk unggulan Indonesia.

 Produk  ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Elektronik

Terkait dengan keberadaan produk elektronika, memang  ini juga sebuah  pencapaian yang sempat berkembang hingga saat ini. Sekalipun ada negara  Asia lain seperti Cina, Jepang dan lainnya  yang juga sebagai produsen produk elektronik, tetapi Indonesia saat  ini juga dianggap sebagai salah satu produsen elektronik yang telah berkembang.

Produk ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Kendaraan bermotor

Dimana beberapa negara tujuan ekspor yang sudah di jadikan acuan ekspor kendaraan    

Produk unggulan lainnya yang masuk dalam 10 besar adalah Furniture

Dunia tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal dengan kualitas produknya sehingga banyak negara di dunia  yang menjadi negara tujuan ekspor untuk produk furniture.

  

4 Kebijakan Penunjang Perkembangan Ekspor Indonesia

 


Guna menunjang dan meningkatkan performance bisnis dan ekspor Indonesia itulah, hingga pada akhirnya Indonesia melalui kementerian terkait melakukan beberapa terobosan. Dimana beberapa terobosan yang  bisa menjadikan ekspor  Indonesia meningkat adalah adanya kebijakan ekspor.

 Kita bisa tahu ada sekitar 4 kebijakan ekspor yang  bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia di masa kini dan mendatang.  Dimana beberapa kebijakan tersebut sudah mulai di jalankan dengan deskripsinya seperti berikut :

 Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 

 

Itulah ke-4 kebijakan yang saat  ini sedang di jalankan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka  untuk meningkatkan performance aktivitas ekspor yang ada di Indonesia ke beberapa negara tujuan ekspor.  Dimana terkait untuk terjadinya ecosystem yang ada di industri logistic, saat ini Abang Express sebagai salah satu pelaku bisnis logistic yang berorientasi ekspor. Dimana salah satu visi dan misinya adalah untuk membantu meningkatkan performance ekspor dari pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

Selasa, 28 Februari 2023

5 Sektor Bisnis Yang Akan Menjadi Tren Setter Bisnis di tahun 2023

 

Banyak di prediksi bahwa tahun 2023 adalah tahun yang penuh tantangan. Di mana prediksi yang mengatakan bahwa 2023 akan terjadi resesi global pada akhirnya membuat banyak pelaku bisnis berada dalam kondisi menunggu. Namun di dalam kondisi penuh kekuatiran ada  5 model bisnis yang akan cemerlang di tahun 2023.

 


Cemerlangnya ke-5 model bisnis tersebut memang bukan tanpa alasan, karena keberadaan bisnis tersebut ketika berada di tahun 2022 sudah menunjukkan performance terbaiknya. Sehingga memasuki tahun 2023 jelas kondisinya tidak akan jauh berbeda dibandingkan yang terjadi di tahun 2023. Sehingga  tidak heran jika dikatakan bahwa ke-5 model bisnis inilah yang akan menjadi trigger  untuk menggerakan sector bisnis yang ada di Indonesia.

 Perkembangan bisnis di suatu negara memang akan di pengaruhi oleh kondisi ekonomi mikro dan makro secara bersamaan. Di mana bisa jadi ketika ekonomi makro bahkan ekonomi globalnya sedang ada masalah justru berkat daya dukung ekonomi mikro-nya lah pada akhirnya sector bisnis tersebut mampu memberikan kontribusi positif  bagi perkembangan bisnis yang ada di Indonesia.

 Sekadar mengingatkan kondisi yang terjadi pada saat pandemic covid19 melanda Indonesia. Kita semua tahu bahwa sector bisnis banyak  yang mengalami drop atau bisa jadi pasang surut kondisinya. Tetapi justru sector industri logistic menjadi salah satu sector bisnis yang justru mendapatkan limpahan  bisnis yang luar biasa akibat terjadinya perubahan tren bisnis dan  tren lifestyle yang ada di Indonesia. Kondisi itulah yang pada akhirnya membuat sector bisnislogistic cukup tinggi perkembangannya selama masa pandemic19 berlangsung.

  

5 Sektor Bisnis Yang Akan Menjadi Tren Setter Bisnis di tahun 2023

 


Kondisi seperti itu mungkin akan Kembali hadir di tahun 2023. Ada beberapa  hal  yang pada akhirnya menjadi dasar kenapa kondisi seperti itu Kembali hadir dalam percaturan bisnis di Indonesia :

 ·        Ke-5 sektor bisnis yang kami akan sebutkan ini adalah sector bisnis yang memiliki keunikan atau karakter yang berbeda dari jenis atau model bisnis kebanyakan. Sehingga karena keunikannya lah pada akhirnya sector ini bisa menjadi tren setter bisnis di tahun 2023 sebagai sector yang mampu menjadi trigger dalam pertumbuhan ekonomi nasional

·        Ke-5 sektor bisnis  yang akan kami sebutkan ini sudah terbukti di tahun 2022 mampu memberikan kontribusi positif. Tidak saja terkait produktivitas yang di hasilkannya, tetapi juga berkat  inovasi yang di jalankan dalam bisnis  tersebut.

 Nah untuk penjelasan lebih detail tentang apa saja ke-5 sektor bisnis yang akan menjadi tren setter bisnis di  tahun 2023 berikut adalah penjelasannya :

 1.      Sektor bisnis yang mengembangkan model transformasi teknologi.

Beberapa model bisnis yang mengembangkan model dan sistem integrasi yang bersumber dari transformasi teknologi akan menjadi sector bisnis yang cemerlang di tahun 2023. Kenapa, karena saat ini pelaku bisnis sudah begitu concern dengan penggunaan teknologi yang bersifat integrasi sistem seperti misalnya teknologi : Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Virtual dan Augmented Reality ( VR/AR), Cloud Computing System, Blockchain, hingga pemanfaatan Jaringan super cepat protocol seperti misalnya 5G. Selain itu penggunaan model bisnis yang di pakai untuk aktivitas kantor seperti Augmented Working, Hybrid hingga Remote Working menjadi salah satu model aktivitas yang akan tren di tahun 2023.

2.      Sektor bisnis yang mempergunakan Supply Chain Management

Sektor bisnis yang masuk dalam Ekosistem bisnis logistic di tahun 2023  tetap akan menjadi sector yang cukup menarik untuk di amati. Karena pergerakan bisnis ini akan terasa lebih menarik mengingat konsep bisnis yang di tampilkan selalu menggunakan pendekatan inovasi. Ambil contoh dua profil bisnis yang bermain di sector bisnis logistic yaitu Perusahaan marketplace seperti Lazada, Shoppe, JD.ID hingga Tokopedia misalnya. Konsep bisnis yang awalnya hanya sebagai marketplace, kedepan akan bertransformasi menjadi pelaku bisnis yang mengedepankan konsep One Stop Business for Online Transaksi. Dimana masalah pengangkutan atau distribusi barang juga akan menjadi inovasi baru bagi perusahaan tersebut. Nah yang menarik juga di lakukan oleh perusahaan local seperti  brand Abang Express. Inovasi yang di kembangkan adalah menciptakan apa yang mereka sebut Ekosistem Logistik Dalam Negeri.  Dimana tujuan dari program  tersebut adalah untuk mengoptimalkan pasar  yang ada di dalam negeri.

 3.      Sektor bisnis yang mengembangkan model bisnis Sustainable Development Program

Konsep bisnis yang seperti ini akan menjadi salah satu tren setter bisnis di tahun 2023. KOnsepnya sudah jelas yaitu sebuah pengembangan bisnis yang mengarah pada pengembangan yang berkelanjutan, sehingga program  yang akan di jalankan sudah pasti bisa di kembangkan dalam program  jangka pendek, menengah dan Panjang.  Salah satu model bisnis yang berkonsep seperti ini sudah pasti seperti bisnis yang menggunakan media atau intrumen keseimbangan yang ada di alam. Penggunaan sumber energi baru terbarukan hingga pemanfaatan energi surya sebagai supporting pendukungnya akan menjadi salah satu contoh bagaimana pelaku bisnis di sector ini mengembangkan bisnisnya.

 4.      Sektor  bisnis yang mengembangkan instrument metaverse / sistem online.

Kenapa bisnis seperti ini akan menjadi tren setter di tahun 2023 karena kita semua tahu bahwa teknologi pada akhirnya akan menjadi salah satu unsur penting dalam pengembangan sebuah bisnis. Jika saat ini kita berada pada Era Industri 4.0 maka kedepan kita akan masuk ke Era Society 5.0 yang artinya semua aktivitas bisnis akan terintegrasi dengan teknologi.

 


 

 5.      Sektor bisnis yang ke-5 ini agak berbeda dengan apa  yang telah di jelaskan di atas yaitu 4 sektor bisnis terdahulu. Karena sector yang ke-5 ini adalah sector yang di tahun 2022 justru mengalami “ goncangan karena adanya pengurangan SDM  yang cukup signifikan dalam bisnisnya. Proses efisiensi dan efektivitas kerja  yang dilakukan selama tahun 2022 pada akhirnya menjadi satu trigger terbaik bagi perusahaan tersebut untuk melakukan koordinasi bisnis yang lebih  baik. Sehingga  di tahun 2023 ini perusahaan perusahaan tersebut akan bisa melangkah lebih jauh karena “sehatnya “ kondisi bisnis yang ada di perusahaan perusahaan tersebut.

 

Itulah beberapa kondisi yang akan terjadi di sepanjang tahun 2023. Ketika banyak prediksi mengatakan akan terjadi resesi global, justru di dalam negeri di Indonesia sendiri ke-5 model bisnis itulah yang akan bisa menjadi trigger dalam memperkuat kondisi bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia. Sehingga kondisi makro ekonomi dan pertumbuhan ekonomi makro Indonesia akan tetap berada di level positif seperti yang terjadi di tahun 2022.

 

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...