Bicara
soal ekspor adalah kita bicara soal bagaimana sebuah produk dalam negeri mampu
di jual dengan value yang lebih tinggi di pasar ekspor. Dimana untuk value
tersebut, biasanya memang di sesuaikan dengan keinginan dan permintaan dari pasar
luar negeri serta kemampuan Indonesia dalam memenuhi permintaan produk dari
pasar luar negeri tersebut. Itulah sebabnya, dengan melihat potensi yang bisa
di lakukan Indonesia, sangat wajar jika pada akhirnya Indonesia bisa menjadi
salah satu negara eksportir terbesar di dunia.
Ada
banyak factor yang pada akhirnya menjadi satu trigger yang membuat Indonesia
mampu menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia. Pertama sudah
pasti dengan melihat besarnya SDA (Sumber Daya Alam) yang di miliki Indonesia.
Sehingga Indonesia kaya akan beragam jenis produk yang berasal dari bahan baku
sumber daya alam Indonesia. Kedua kondisi Indonesia yang memiliki beragam suku
bangsa dan budaya. Pada akhirnya dari sanalah akan lahir produk-produk yang
secara seni dan nilai budaya diminati oleh masyarakat luar negeri. Ketiga sudah
pasti karena produk-produk ekspor yang saat ini menjadi unggulan Indonesia, mayoritas
adalah produk yang di hasilkan bukan dari pabrik atau industry modern tetapi
masih bersifat konvensional. Sehingga berdasarkan kondisi itulah harga produk
ekspor Indonesia masih sangat bisa bersaing dengan produk luar negeri.
Ragam
dan Variasi Produk Ekspor Unggulan Indonesia di Manca Negara
Berdasarkan
kenyataan yang ada di lapangan dan menjelaskan produk apa saja yang menjadi
unggulan produk ekspor Indonesia hingga tahun 2022. Secara spesifikasi produk
kita bisa menjelaskannya berdasarkan 3 kategori produk yang di maksud:
1.
Kategori
Produk yang masuk dalam 10 Produk Utama Ekspor Indonesia.
Kenapa di sebut produk utama, karena memang
hingga saat ini produk-produk inilah yang menjadi primadona atau produk unggulan
yang merajai produk ekspor Indonesia. Sebanyak 10 produk dari begitu banyak
produk ekspor unggulan yang berasal dari Indonesia adalah seperti berikut : Produk-produk
seperti Udang, Kopi, Minyak Kelapa Sawit, Kakao, Karet & Produk Karet, TPT, Alas
Kaki, Elektronika, Komponen Kendaraan Bermotor, Furniture.
2.
Kategori Produk yang masuk dalam 10 Produk Potensial
Indonesia
Disamping
produk unggulan ekspor Indonesia, kita juga masih memiliki 10 produk unggulan
yang akan bisa menjadi produk potensial yang bisa di kembangkan secara jangka Panjang.
Dimana ke-10 produk yang masuk kategori produk potensial tersebut bisa di
jelaskan seperti: Produk-produk seperti Kerajinan,Produk Perikanan, Obat-obatan
Herbal, Produk Kulit, Makanan Kemasan, Perhiasan, Minyak Nabati, Rempah-rempah.
Alat tulis non Kertas, Peralatan Medis.
3.
Kategori Produk yang masuk dalam 3 Kategori Produk
Jasa Utama Indonesia
sumber : indotrading news
Menariknya kategori
yang ada dalam sector bisnis atau kategori produk jasa ini adalah produk-produk
yang masuk dalam pengembangan industry atau ekonomi kreatif Indonesia. Jadi
bisa di katakan bahwa kedepan ke-3 produk ini bisa menjadi produk unggulan atau
produk potensial ekspor Indonesia. Diantara ke-3 jenis produk jasa itu adalah beragam
jenis produk Teknologi Informasi : Jasa web Design, Animasi, Desain
Grafis, MIS, dll), Produk yang masuk dalam kategori produk Jasa Tenaga Kerja terampil
bidang: Pariwisata, Tradisional Spa, Cultural (franchise) dan yang terakhir
adalah produk yang masuk dalam kategori Produk Desain seperti misalnya : Desain
Kreatif, Seni, Arsitektur, Konstruksi, Desain Interior.
Kesemua produk tersebut memang menjadi satu peluang
dan tantangan bagi Indonesia jika ingin bisa meraih peluang ekspor yang ada di
depan mata kita. Kenapa, karena sekalipun sudah ada di depan mata kita, pada saat kita
tidak bisa mengoptimalkan potensi yang ada sudah pasti peluang tersebut akan
terlewat begitu saja.
Lain hal-nya jika Indonesia melalui Pemerintah
Pusat dan Kementerian terkait yang menaungi ke-3 kategori produk unggulan,
produk potensial dan produk industry kreatif secara pasti dan berkelanjutan
concern dalam pengembangan ke-3 kategori tersebut, Sehingga pasar ekspor dari
ke-3 kategori produk tersebut akan semakin meningkat.
Di mana salah satu concern yang mesti terus di
jalankan adalah terbentuknya ekosistem ekspor yang akan menjadikan ke-3 katagori
produk tersebut semakin lebih berkualitas dan semakin luas distribusinya di manca
negara. Salah satu concern untuk pendistribusian produk tersebut adalah ekosistem
industry logistic Indonesia. ABANG EXPRESS sebagai salah satu ekosistem dan entitas yang berada dalam industry logistic
dan memiliki visi dan misi untuk mengembangkan potensi bisnis para pelaku UMKM,
pada akhirnya memang harus care dan concern dalam mendukung pelaku bisnis UMKM
tidak saja terkait kelancaran ekspor
tetapi juga pengembangan bisnis dari para
pelaku bisnis UMKM.
Itulah salah satu hal mendasar yang mesti menjadi
perhatian semua pihak yang ada dalam stage holder bisnis ekspor di
Indonesia. Tidak saja produknya yang harus
berkualitas dengan konsistensi pelalu UMKM nya yang semakin peduli dengan kualitas
produk untuk konsumsi ekspornya. Tetapi juga sector industry logistic yang akan
menghantarkan produk hasil kreasi para UMKM tersebut agar bisa sampai kepada masyarakat
dunia yang mencintai produk Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar