Minggu, 23 Oktober 2022

3 Kunci Dalam Pengembangan Ekosistem Logistik di Indonesia

 

3 Kunci Dalam Pengembangan Ekosistem Logistik di Indonesia

 Tidak bisa di pungkiri, saat ini logistic menjadi salah satu sector yang memberikan kontribusi cukup tinggi bagi perekonomian Indonesia. Kondisi tersebut jelas terlihat sejak pandemic covid melanda Indonesia. Hingga saat ini kita bisa lihat bagaimana bisnis logistic mampu memberikan supporting bagi perkembangan bisnis lainnya.  Itulah sebabnya, di butuhkan satu integrasi system yang  baik guna makin menguatkan keberadaan industry logistic di Indonesia.

  

Kondisi dan prediksi tersebut bukan tanpa alasan, karena sejak terjadinya pandemi covid  tahun 2019 hingga memasuki semester ke-2 tahun 2022, kondisi bisnis logistic  yang ada di Indonesia selalu memberikan peningkatan yang cukup signifikan. Terbukti dengan adanya peningkatan tren pemulihan ekonomi Indonesia yang terus membaik, dimana berdasarkan kondisi yang ada hingga memasuki semester ke-2 tahun 2022 angka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh diangka 5,44%.




 Besarnya pertumbuhan ekonomi pada saat justru dunia sedang di prediksi akan terjadinya resesi ekonomi membuktikan bahwa Indonesia dengan keragaman bisnisnya masih mampu bertahan dalam kondisi ekonomi global “ yang mungkin bisa mengarah ke dalam kondisi resesi”. Sekalipun hal itu belum bisa di pastikan, namun yang pasti terjadinya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi pada saat ini di pengaruhi oleh dua hal yaitu factor domestic dan factor global. Dimana keuntungan yang bisa di dapatkan oleh Indonesia adalah terkait dengan adanya kenaikan harga komoditas unggulan yang di ekspor oleh Indonesia.  Sehingga hal itu jelas berdampak pada peningkatan pendapatan ekspor Indonesia.

 

Bisnis Logistik  Salah Satu Supporting Terbaik Bagi Perkembangan Bisnis di Indonesia

 

Kondisi tersebut semakin di buktikan dengan melihat tren yang terjadi saat ini, dimana sector logistic mampu berbicara lebih dibandingkan sector industry lainnya yang ada di Indonesia.  Hal itu bisa kita lihat dari semakin tingginya pendapatan yang berasal dari ekspor. Kita bisa katakan, bahwa  hal itu bisa di pengaruhi oleh beberapa factor. Karena  ketika kita bicara soal bisnis ekspor sejatinya ada minimal 3 komponen yang terkait dengan bisnis  tersebut : (1) Produk  unggulan yang menjadi obyek utama sebuah aktivitas ekspor (2) Bisnis atau ekosistem Logistik yang menjadi pendukung utama dalam sebuah aktivitas ekspor  (3) Pelaku bisnis yang menjalankan bisnis ekspor. Ketika komponen  itulah yang pada akhirnya menjadi kunci dalam kesuksesan sebuah aktivitas bisnis yang bernama ekspor.

 Lantas apa sebenarnya yang di namakan bisnis atau industry logistic, kenapa sekalipun fungsinya hanya sebagai supporting. Tetapi justru bisa menjadi kunci dari kesuksesan sebuah aktivitas bisnis. Logistik adalah sebuah proses aktivitas yang mencakup didalamnya adalah kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan pemindahan barang,  melakukan implementasi dengan menentukan jenis transportasi  yang akan di gunakan serta pengawasan  yang berhubungan dengan penerimaan barang, penyimpanan sementara hingga pengiriman kepihak yang  berkepentingan dengan barang tersebut.

 Sehingga atas dasar itulah, memang di butuhkan adanya peran serta atau kebijakan yang mendukung kelancaran ketiga proses kerja tersebut agar ekosistem logistic bisa berjalan dengan lancar.  Berdasarkan kondisi itulah, tidak berlebihan jika pada akhirnya pemerintah memperkuat bisnis logistic yang dituangkan dalam 3 fase perbaikan bisnis logistic di Indonesia : (1) Fase pertama telah di mulai hingga tahun 2015. Dimana focus dari fase pertama ini adalah menurunkan biaya logistic yang ada di Indonesia hingga mencapai 25%  dari PDB ( Pendapatan Domestik Bruto). Penurunan ini cukup memberikan supporting yang bagus untuk perkembangan bisnis logistic di Indonesia (2) Fase kedua di mulai dari kurun waktu 2016 – 202. Berbeda dengan fase pertama karena dalam  fase kedua ini bertujuan untuk bisa mengintegrasikan system jaringan logistic yang ada di Kawasan Asean. Jika ini berhasil maka akan semakin menarik bagi pelaku bisnis  yang bermain di dalam industry logistic ekspor pada khususnya. (3) Fase ketiga adalah apa yang di sebut sebagai terobosan menarik untuk industry logistic dalam negeri. Karena pemerintah berharap bisa mengintegrasikan  seluruh jaringan logistic global hingga  tahun 2021-205. Sekalipun agak berat, tetapi berharap bisa di laksanakan dengan target utama penurunan  biaya logistic nasional menjadi 18% dari PDB secara nasional di tahun 2024.




 Adalah Abang Express, salah satu pelaku dalam industry logistic yang sejak tahun 2020 melakukan inovasi dalam memberikan layanan ekspor kepada klien kliennya. Tidak saja sekadar memberikan layanan ekspor.  Tetapi perusahaan juga di tuntut untuk bisa memberikan dukungan kepada pelaku UMKM yang akan melakukan ekspor terutama ekspor ekspor dalam jumlah yang kecil. Dengan model bisnis yang kami jalankan seperti system ekspor rasa domestic, hingga kemudahan melakukan ekspor. Nah dengan program seperti ini kami berhasil membantu atau setidaknya mendukung keberadaan pelaku bisnis UMKM yang akan melakukan ekspor untuk pengembangan pasar dari produknya ke luar negeri.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...