Bicara
soal ekspor adalah kita bicara soal bagaimana sebuah produk dalam negeri mampu
di jual dengan value yang lebih tinggi di pasar ekspor. Dimana untuk value
tersebut, biasanya memang di sesuaikan dengan keinginan dan permintaan dari
pasar luar negeri serta kemampuan Indonesia dalam memenuhi permintaan produk
dari pasar luar negeri tersebut. Itulah sebabnya, dengan melihat potensi yang
bisa di lakukan Indonesia, sangat wajar jika pada akhirnya Indonesia bisa
menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.
Ada
banyak factor yang pada akhirnya menjadi satu trigger yang membuat Indonesia
mampu menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia. Pertama sudah
pasti dengan melihat besarnya SDA (Sumber Daya Alam) yang di miliki Indonesia.
Sehingga Indonesia kaya akan beragam jenis produk yang berasal dari bahan baku
sumber daya alam Indonesia. Kedua kondisi Indonesia yang memiliki beragam suku
bangsa dan budaya. Pada akhirnya dari sanalah akan lahir produk-produk yang
secara seni dan nilai budaya diminati oleh masyarakat luar negeri. Ketiga sudah
pasti karena produk-produk ekspor yang saat ini menjadi unggulan Indonesia,
mayoritas adalah produk yang di hasilkan bukan dari pabrik atau industry modern
tetapi masih bersifat konvensional. Sehingga berdasarkan kondisi itulah harga
produk ekspor Indonesia masih sangat bisa bersaing dengan produk luar negeri.
Berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan dan menjelaskan produk apa saja yang menjadi unggulan produk ekspor Indonesia hingga tahun 2022. Secara spesifikasi produk kita bisa menjelaskannya berdasarkan 3 kategori produk yang di maksud:
1.
Kategori
Produk yang masuk dalam 10 Produk Utama Ekspor Indonesia.
Kenapa di sebut produk utama, karena memang
hingga saat ini produk-produk inilah yang menjadi primadona atau produk
unggulan yang merajai produk ekspor Indonesia. Sebanyak 10 produk dari begitu
banyak produk ekspor unggulan yang berasal dari Indonesia adalah seperti
berikut : Produk-produk seperti Udang, Kopi, Minyak Kelapa Sawit, Kakao, Karet &
Produk Karet, TPT, Alas Kaki, Elektronika, Komponen Kendaraan Bermotor, Furniture.
2.
Kategori Produk yang masuk dalam 10 Produk
Potensial Indonesia
Disamping
produk unggulan ekspor Indonesia, kita juga masih memiliki 10 produk unggulan
yang akan bisa menjadi produk potensial yang bisa di kembangkan secara jangka
Panjang. Dimana ke-10 produk yang masuk kategori produk potensial tersebut bisa
di jelaskan seperti: Produk-produk seperti Kerajinan,Produk Perikanan, Obat-obatan
Herbal, Produk Kulit, Makanan Kemasan, Perhiasan, Minyak Nabati, Rempah-rempah.
Alat tulis non Kertas, Peralatan Medis.
3.
Kategori Produk yang masuk dalam 3 Kategori Produk
Jasa Utama Indonesia
Menariknya
kategori yang ada dalam sector bisnis atau kategori produk jasa ini adalah
produk-produk yang masuk dalam pengembangan industry atau ekonomi kreatif
Indonesia. Jadi bisa di katakan bahwa kedepan ke-3 produk ini bisa menjadi
produk unggulan atau produk potensial ekspor Indonesia. Diantara ke-3 jenis
produk jasa itu adalah beragam jenis produk Teknologi Informasi : Jasa web
Design, Animasi, Desain Grafis, MIS, dll), Produk yang masuk dalam
kategori produk Jasa Tenaga Kerja terampil bidang: Pariwisata, Tradisional Spa,
Cultural (franchise) dan yang terakhir adalah produk yang masuk dalam kategori Produk
Desain seperti misalnya : Desain Kreatif, Seni, Arsitektur, Konstruksi, Desain
Interior.
Kesemua produk tersebut memang menjadi satu peluang
dan tantangan bagi Indonesia jika ingin bisa meraih peluang ekspor yang ada di
depan mata kita. Kenapa, karena sekalipun
sudah ada di depan mata kita, pada saat kita tidak bisa mengoptimalkan
potensi yang ada sudah pasti peluang tersebut akan terlewat begitu saja.
Lain hal-nya jika Indonesia melalui Pemerintah
Pusat dan Kementerian terkait yang menaungi ke-3 kategori produk unggulan,
produk potensial dan produk industry kreatif secara pasti dan berkelanjutan
concern dalam pengembangan ke-3 kategori tersebut, Sehingga pasar ekspor dari
ke-3 kategori produk tersebut akan semakin meningkat.
Di mana salah satu concern yang mesti terus di
jalankan adalah terbentuknya ekosistem ekspor yang akan menjadikan ke-3
katagori produk tersebut semakin lebih berkualitas dan semakin luas
distribusinya di manca negara. Salah satu concern untuk pendistribusian produk
tersebut adalah ekosistem industry logistic Indonesia. Abang Express sebagai salah satu ekosistem
dan entitas yang berada dalam industry logistic dan memiliki visi dan misi
untuk mengembangkan potensi bisnis para pelaku UMKM, pada akhirnya memang harus
care dan concern dalam mendukung pelaku bisnis UMKM tidak saja terkait kelancaran ekspor tetapi juga pengembangan bisnis dari para pelaku
bisnis UMKM.
Itulah salah satu hal mendasar yang mesti menjadi
perhatian semua pihak yang ada dalam stage holder bisnis ekspor di
Indonesia. Tidak saja produknya yang
harus berkualitas dengan konsistensi pelalu UMKM nya yang semakin peduli dengan
kualitas produk untuk konsumsi ekspornya. Tetapi juga sector industry logistic
yang akan menghantarkan produk hasil kreasi para UMKM tersebut agar bisa sampai
kepada masyarakat dunia yang mencintai produk Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar