Setiap negara yang focus bisnisnya adalah ekspor,
sudah pasti keberadaan negara-negara tujuan ekspor menjadi satu target market
yang mesti di jalankan secara benar. Kenapa, karena tanpa adanya negara yang
menjadi tujuan ekspor mustahil sebuah negara akan bisa mengoptimalkan potensi
ekspor yang dimilikinya. Seperti juga Indonesia, sebagai salah satu negara
eksportir terbesar di dunia. Salah satu focus utamanya adalah ekspor ke negara
di Kawasan Asia.
Bicara soal negara tujuan ekspor maka yang perlu
menjadi perhatian adalah bagaimana kita sebagai sebuah negara eksportir
memahami dan menganalisa beberapa potensi yang mungkin bisa di Kembangkan dari
negara tujuan ekpsor tersebut. Bukan saja potensi yang bersifat sementara
tetapi potensi yang akan menjadi satu potensi unggulan dari sebuah negara
tujuan ekspor secara jangka Panjang.
Seperti juga Indonesia, dengan potensi sumber daya
alam yang begitu besarnya tidak salah memang jika pada akhirnya Indonesia
menjadi salah satu negara yang bisa mengembangkan pasar ekspornya menjadi satu
potensi bisnis yang cukup besar. Karena hal itu di dukung dengan beberapa
kondisi yang di miliki Indonesia:
2. 2. Indonesia
memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar di seluruh nusantara. Dengan besarnya suku dan budaya yang ada di
Indonesia, maka itu bisa menjadi potensi bisnis ekspor dalam hal produk
kerajinan dan kreatif.
3. 3. Indonesia
dengan besarnya potensi yang dimiliki dalam hal keanekaragama budaya dan adat
istiadat maka hal itu bisa membuat Indonesia kaya akan beragam jenis makanan
khas yang ada di seluruh nusantara.
Negara di Kawasan Asia dengan Target Ekspor Terbesar sepanjang Tahun
Untuk mempermudah penjelasan yang berhubungan dengan potensi ekspor Indonesia ke beberapa negara di Kawasan Asia. Maka bersama ini kami mencoba memberikan satu gambaran performance ekspor Indonesia di Kawasan Asia antara tahun 2020-2021 :
Dengan
memperhatikan beberapa data dan informasi yang terjadi di antara tahun 2020 dan
2021, pada akhirnya kita bisa melihat bahwa potensi ekspor Indonesia semakin
hari semakin bisa meningkat. Hal itu didasarkan pada satu kondisi bahwa di tahun 2020-2021 saja angka ekspor
Indonesia dalam kondisi negara yang masih covid memperlihatkan peningkatan
nilai ekspor yang lumayan tinggi.
Pada akhirnya kita bisa melihat bahwa besarnya potensi ekspor mesti di dukung dengan adanya integrasi dari ekosistem ekspor yang ada di Indonesia. Tidak dukungan dari Pemerintah yang berupa kebijakan ekspornya sendiri, tetapi juga dukungan dari stage holder yang ada di industri ekspor Indonesia. Ambil contoh adalah bisnis yang bergerak di industry logistic. Bisnis di sector ini jelas akan menjadi sector pendukung terhadap aktivitas ekspor yang ada di Indonesia. Seperti yang di lakukan oleh Abang Express, sebuah entitas bisnis logistic yang sejak awal memiliki visi dan misi untuk mendukung ekspor para pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.
Kondisi seperti ini memang harus terus di kembangkan, agar potensi ekspor yang ada di Indonesia tiap tahun akan semakin meningkat nilainya. Karena mustahil hal itu bisa di dapat hanya karena dukungan dari pemerintah semata. Dukungan dari pelaku bisnisnya sendiri harus menjadi satu kesatuan dukungan yang akan membuat bisnis ekspor Indonesia menjadi salah satu potensi bisnis yang bermuara pada peningkatan keuntungan pemerintah secara keseluruhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar