Minggu, 01 Januari 2023

Bisnis Logistik & Perspektif Bisnis Ritel di Era Industrial 4.0 tahun 2023

 

Bicara soal bisnis ritel   baik itu modern ataupun tradisional, salah satu sector yang mampu mendukung penuh perkembangan bisnisnya adalah sector industri logistic. Karena tidak bisa di pungkiri, kesuksesan bisnis ritel juga berkat adanya dukungan penuh dari sector logistic sebagai salah satu kunci suksesnya.

 


Kita masih ingat kondisi pada saat terjadinya pandemic covid tahun 2019, dimana pada saat itu bisnis ritel modern justru mengalami penurunan yang cukup drastic.  Dimana ada beberapa kondisi yang menyebabkannya : (1) Adanya kebijakan PPKM  yang di terapkan oleh pemerintah sehingga kita di batasi dalam melakukan bepergian atau mengunjungi lokasi tertentu (2) Pusat perbelanjaan mengalami penurunan pengunjung dengan adanya kebijakan PPKM sehingga dengan kondisi tersebut terjadi penurunan  omzet yang cukup signifikan (3) Menurunnya minat berbelanja konsumen untuk barang-barang yang sifatnya konsumtif. Karena pada saat itu orang lebih banyak belanja untuk keperluan hal – hal  yang bisa menunjang Kesehatan diri dan keluarga.

 Sehingga berdasarkan kondisi itulah, kita bisa tahu dampak dari kinerja ritel modern mengalami penurunan yang cukup drastic. Terlebih pada saat  itu consumen lebih banyak memilih belanja dengan menggunakan aplikasi belanja online. Sehingga kondisi itu semakin memperburuk kondisi ritel modern.

 Pasar Modern Bangkit dan  Perspektif Kebangkitan Bisnis Ritel Modern ( Jakarta )

 

Meskipun kondisinya masih bersifat sectoral yaitu baru di Kawasan Jakarta saja, nyatanya perkembangan bisnis ritel modern mulai menunjukkan adanya perbaikan dari tahun tahun sebelumnya. Hal  itu bisa di tandai dengan mulai kembalinya konsumen berbelanja atau jalan – jalan di pusat perbelanjaan modern.  Ini makin menunjukkan bahwa kini kondisinya mulai berangsur pulih walau masih butuh waktu untuk mengembalikan kondisinya sama seperti masa sebelum covid.

 Ada beberapa hal yang mendasari kondisi  tersebut seperti yang kita lihat dari pergerakan pasar modern  yang ada di sekitar Jakarta. Berdasarkan data yang bisa kita himpun  di akhir tahun 2022 ada penambahan space untuk pasar modern yang ada di Jakarta. Meskipun bukan pusat perbelanjaan baru tetapi setidaknya sudah bisa memberikan satu angin segar bahwa bisnis pusat perbelanjaan modern mulai Kembali bergairah.

 Setidaknya ada dua Mall besar di Jakarta yang di akhir tahun 2022 menambah jumlah space komersialnya. Pertama adalah SEA Pusat Ritel Gaya Hidup  yang fokusnya pada penjualan produk fashion dan kecantikan,  Mall yang berlokasi di Golf Island Pantai Indah Kapuk berhasil menambah space seluas 2.000 m2 kemudian ada juga yang berhasil menambah jumlah space komersialnya sebesar 3.000 m2 yaitu Moiz  Trade Cente (MTC) yang berlokasi di Tanah Abang Jakarta Pusat.

 Selain kedua pusat belanja yang sudah memberikan kontribusinya bagi industry ritel di Indonesia.  Hingga akhir  tahun 2022 kita akan bisa mendapatkan Kembali tambahan space komersial yang berasal dari 3 lokasi pasar modern seperti : Chillax Sudirman di lokasi Sudirman Jakarta, kemudian ada Central Market PIK dan Retail @Damai Indah Golf yang berlokasi juga di Kawasan PIK ( Pantai Indah Kapuk ) Jakarta.

 Dengan adanya penambahan  2+3 space komersial di pusat perbelanjaan baru di   Jakarta akan makin meningkatkan performance bisnis ritel modern yang telah ada selama ini.  Hal itu semakin di perkuat dengan adanya penambahan  model ritel online yang di jalankan oleh beberapa pelaku bisnis retail.  Salah satu contoh perkembangan bisnis retail online adalah pengembangan atau penambahan outlet baru dari Blibli Store  dengan membuka 3 gerai yang baru di Central Park, Lippo Mall Puri dan Trans Studio (Jabodetabek).

 5 Komponen  Utama Bisnis Logistik Pendukung Sector Retail di Indonesia

 

Dengan semakin berkembangnya bisnis retail di Indonesia, sebenarnya akan membawa dampak positif  bagi perkembangan bisnis logistic. Karena apapun  model bisnis retailnya baik offline ataupun online sudah pasti mereka akan membutuhkan yang namanya jasa pengiriman produk baik ke dalam ataupun ke luar  negeri.

 Kondisinya memang sangat relevan, ketika bisnis retail online berkembang maka  pelaku bisnis jasa pengiriman mendapatkan  keuntungan  yang luar biasa. Tetapi sebaliknya ketika retail modern  bergerak Kembali memang jasa pengiriman online untuk produk ritel menurun. Tetapi kondisi sebaliknya adalah, jasa pengiriman barang atau industri logistic mendapatkan kesempatan untuk memperbesar potensi bisnis yang ada disektor bisnis retail.

 Dimana 5 komponen yang selalu ada untuk bisnis ritel di Indonesia baik skala besar, menengah atau pun  kecil dapat di jelaskan sebagai berikut :

 1.      1.Komponen   pertama sudah pasti jasa pengiriman ( transportasi).

Kenapa transportasi, karena semua pengiriman barang dari produsen ke distributor atau ke agen ritel sudah pasti menggunakan jasa transportasi.  Termasuk juga adalah pengiriman barang dari distributor ke agen agen pemasaran ( outlet ) yang ada di mal atau pusat perbelanjaan maka mereka menggunakan jasa pengiriman.

2.      2. Komponen kedua adalah masalah komunikasi antara  semua pihak.

Dengan adanya komunikasi maka semua hal akan bisa di jelaskan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

3.     3. Komponen ketiga adalah masalah pengawasan.

Masalah  pengawasan adalah salah satu cara untuk membuat semua hal yang berhubungan dengan jaringan distribusi bisa berjalan dengan baik dan lancar.

4.      4. Komponen keempat masalah persediaan barang / produk

Ketersediaan barang atau produk menjadi salah satu dasar kenapa pada akhirnya konsumen suka berbelanja di  pusat perbelanjaan modern. Selain karena mereka  bisa melihat lansgung produknya juga masalah ketersediaan bahan jadi satu hal yang utama.

5.      5. Komponen kelima adalah masalah penyimpanan barang.

Penyimpanan atau pergudangan  menjadi satu dalam pengelolaan bisnis ritel. Bukan  karena meteka butuh yang namanya penyimpanan atau Gudang, tetapi agar mereka bisa lebi mudah memberikan service terbaik kepada konsumennya.

 Itulah beberapa kondisi yang akan bisa memperkuat perkembangan  bisnis  retail baik offlai ataupun online yang akan bisa memberikan service yang maksimal untuk para consumen kita baik dengan  jujur dan benar.

 

 

Tidak ada komentar:

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...