Kamis, 13 April 2023

Perspektif Bisnis Ekspor dan Potensi Ekspor Pelaku Bisnis di Indonesia

 Ekspor adalah salah satu cara  untuk meningkatkan  potensi pengembangan bisnis bagi sebuah perusahaan. Tetapi bagi pemerintah, ekspor adalah salah satu cara untuk meningkatkan devisa negara. Sehingga bisa di katakan bahwa saat  ini dan kedepan, aktivitas ekspor menjadi satu hal yang penting  untuk di Kembangkan secara maksimal

 


 Melihat  perkembangan dan progress bisnis ekspor yang ada di Indonesia hingga memasuki tahun 2023. Maka kita tidak mempunyai banyak waktu hanya untuk menujukan sebuah data. Karena dari beberapa institusi kita bisa melihat perkembangan bisnis eskpor yang ada di negara Indonesia :

 ·        Point pertama yang bisa kita lihat adalah,  kinerja ekspor Indonesia Januari 2023 mencapai US$22,31 miliar. Jumlah ini mengalami penurunnan 6,36 persen dibanding ekspor Desember 2022. Namun jika kita coba bandingkan dengan hasil yang di capai pada  Januari 2022 nilai ekspor naik sebesar 16,37 persen.

  • Point kedua yang juga menjadi perhatian adalah sector bisnis ekspor nonmigas, yaitu pada periode Januari 2023 mencapai US$20,83 miliar. Meskipun kondisinya turun di bandingkan dengan yang terjadi di tahun Januari 2022 sebesar 6,84 persen. Namun untuk kondisi bisnisnya naik sekitar 13,97 persen jika dibanding ekspor nonmigas Januari 2022.
  • Point ke tiga Kembali terjadi penurunan pada kondisi ekspor nonmigas Januari 2023 terhadap Desember 2022. Dimana penurunan tersebut terjadi pada komoditas bahan bakar mineral sebesar US$379,7 juta (8,19 persen). Tetapi factor kenaikan Kembali terjadi pada logam mulia dan perhiasan/permata sebesar US$257,9 juta (46,54 persen).
  • Point ke empat  untuk sector bisnis yang masuk dalam hasil industri pengolahan pada periode Januari 2023 turun 0,44 persen dibanding Januari 2022, demikian juga ekspor hasil pertanian, kehutanan, dan perikanan turun 3,49 persen, sedangkan ekspor hasil pertambangan dan lainnya naik 121,46 persen.
  • Point ke lima  yang juga bisa menjadi perhatian kita selaku pelaku bisnis ekspor adalah mengenai kinerja ekspor nonmigas Januari 2023 terbesar adalah ke Tiongkok yaitu US$5,25 miliar, disusul Amerika Serikat US$1,95 miliar dan Jepang US$1,89 miliar, dengan kontribusi ketiganya mencapai 43,64 persen. Sementara ekspor ke ASEAN dan Uni Eropa (27 negara) masing-masing sebesar US$3,93 miliar dan US$1,65 miliar.
  • Point atau potensi bisnis terakhir yang bisa menjadi perhatian adalah menyangkut ekspor Indonesia terbesar pada Januari 2023 berasal dari Jawa Barat dengan nilai US$3,07 miliar (13,75 persen), diikuti Kalimantan Timur US$2,46 miliar (11,03 persen) dan Jawa Timur US$2,00 miliar (8,96 persen).

 

Indonesia sendiri memang untuk perusahaan  yang bertugas untuk menjadi jasa pengiriman ekspor di luar negeri bisa berasal dari  perusahaan BUMN atau Lokal Perusahaan. Dimana untuk perusahaan jasa pengiriman ekspor salah satunya PT Pasti Global Ekspresindo yang fokus dalam jasa pengiriman ekspor yang memiliki visi dan misi membantu para umkm untuk bisa melakukan ekspor.

 Dimana untuk negar tujuan ekspor yang paling besar pengirimannya adalah : Malaysia, Hong Kong, Sri Lanka, Bangladesh, I gypt, Iran Brazil, Spain, Italy, Turk, Argentina, USA, England, India, China, Thailand, Japan, Vietnam, Pakistan,

 Bicara ekspor memang kita bicara banyak hal atau setidaknya  kita akan bicara banyak komponen yang terkandung dalam aktivitas ekspor dari satu negara ke negara lainnya. Seperti di Indonesia misalnya, ekspor bisa di lakukan oleh perorangan ataupun corporate. Dimana perbedaan itu sebenarnya hanya masalah teknisnya saja, tetapi sebenarnya konteks dari ekspor itu sendiri memang tidak jauh berbeda.

 

5 Cara Mudah  untuk Menjadi Pelaku Bisnis Eksportir di Indonesia

 

Seperti kita bisa jelaskan, bahwa sebenarnya untuk bisa menjadi seorang pelaku bisnis eksportir di butuhkan 5 hal yang perlu menjadi perhatian.  Dimana beberapa hal yang perlu menjadi perhatian itu sendiri bisa di jelaskan dalam 5 hal yang penjelasannya seperti berikut ini :

 Riset Pasar

Dalam menjalankan bisnis eksportir  jelas perlu yang namanya riset pasar, karena tidak mungkin bisnis ini tanpa menggunakan apa yang di sebut riset pasar. Mengingat komponen yang ada dalam bisnis eksportir ini mencakup  banyak hal, sehingga perlu adanya satu riset pasar yang akan menjadikan pelaku bisnis eksportir akan lebih siap dalam menghadapi persaingan dalam bisnis eksportir yang mereka jalankan.

 Penentuan Negara Tujuan Ekspor

Perbedaan  kebijakan yang ada di tiap negara, pada akhirnya menjadi satu kondisi dimana seorang eksportir harus tahu kebijakan dan kondisi yang ada di semua negara di mana tujuan ekspor tersebut. Sehingga bisa di katakan bahwa untuk memaksimalkan potensi bisnis eksportir yang di jalankannya perlu pemahaman yang benar mengenai kebijakan ekspor dari semua negara yang akan menjadi tujuan ekspornya.

 Pahami Prosedur Ekspor

Perspektif lain yang juga perlu di pahami secara benar adalah bagaiman prosedur ekspor yang perlu di pahami dengan benar. Karena perlakuan dari berbagai macam produk yang akan di ekspor jelas berbeda-beda menurut spesifikasi dari produk yang bersangkutan. Itulah sebabnya dalam menekuni bidang ini kita tahu hafal konteks produk dan spesifikasinya  untuk  diekspor ke suatu negara.

 Mempelajari Dokumen Ekspor

Dokumen inilah yang kadang menjadi penghalang bagi para eksportir yang  ingin memasarkan produknya keluar negeri. Jika memang dokumen tersebut mudah di penuhi  jelas ini  tidak akan jadi kendala bagi pengirim produk di tanah air. Tetapi karena kadang masalah dokumen ekspor yang suka berbelit belit maka masalah dokumen ekspor menjadi hal yang “ sebaiknya di hindari oleh para pelaku ekspor “.

 Optimalkan Fasilitas Ekspor dari Pemerintah

Masalah fasilitas ekspor memang menjadi satu hal yang di tunggu oleh pelaku bisnis ekspor  yang ada di Indonesia. Jika pelaku bisnisnya adalah corporate maka mereka  jelas ingin tahu seperti apa fasilitas  yang di sediakan oleh pemerintah dan membandingkannya dengan apa yang sebaiknya tidak di berikan oleh pemerintah. Tetapi jika pelakunya adalah perorangan, maka yang paling mereka inginkan adalah fasilitas kemudahan ekspor titik.

Konsep dan permasalahan ekspor itulah yang kadang membuat eksportir menjadi kurang optimal dalam menjalankan bisnis ekspornya. Mereka berfikir bagaimana mungkin kita akan bisa bersaing dalam ekspor jika untuk urusan dokumen dan berbagai hal yang terkait dengan urusan teknis ekspor saja sungguh sesuatu yang membuat itu menjadi satu masalah atau kendala dalam pengembangan bisnis pelaku eksportir.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...