Selasa, 11 Oktober 2022

10 Produk Unggulan Indonesia Yang Mampu Bersaing di Pasar Global

 

Indonesia sebagai negara dengan potensi sumber daya alamnya yang besar, jelas memiliki kemampuan untuk bisa menjadi negara eksportir terbesar di dunia. Kenapa, karena dengan banyaknya variasi produk yang bisa di kembangkan membuat Indonesia mampu menjadi negara yang bisa mensupplai banyak produk yang dibutuhkan dunia.

 


Menjadi negara dengan tujuan ekspor terbesar di dunia memang perlu menjadi impian kita sebagai salah satu negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang luas serta keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Hal ini sejatinya bisa menjadi salah satu dasar jika sebuah negara ingin bisa menjadi salah satu negara yang mampu menjadi eksportir utama dunia.  Hanya memang  bukan perkara mudah untuk kita bisa melakukan kondisi tersebut butuh adanya beberapa penyesuaian dan konsistensi agar Indonesia bukan sekadar eksportir biasa tetapi memang eksportir yang professional.

 Nah untuk anda yang saat ini masih menjadi pemain bisnis dalam skala UMKM ( Usaha Micro Kecil dan Menengah). Tidak perlu risau, karena justru saat inilah saatnya anda mengembangkan bisnisnya ke pasar ekspor. Besarnya potensi yang ada di pasar ekspor memang sangat luar biasa, tidak saja untuk satu benua saja tetapi kita bisa memasok produk unggulan kita ke semua benua yang ada di seluruh dunia.

 

10 Produk Ekspor Unggulan Yang Bisa Bersaing dengan Produk Negara Lain

 


Berdasarkan kondisi yang ada saat  ini di dunia, setidaknya ada beberapa produk ekspor yang cukup bagus dan bisa menjadi produk unggulan yang ada di dunia. Tidak saja unggulan karena memang produk tersebut memiliki keunggulan yang jarang di miliki oleh negara lain. Ataupun produk tersebut memang memiliki value yang pada akhirnya negara luar melihat produk Indonesia lebih baik dari segi kualitas produknya.

 Diantara beberapa produk unggulan ekspor yang ada di Indonesia dan menjadi sebuah komuditas ekspor unggulan di dunia, maka kita bisa bagi produk tersebut dalam 10 jenis produk unggulan ekspor yang ada di dunia :

 1.      Produk unggulan pertama adalah Produk Udang

Indonesia terkenal dengan potensi ikan dan sejenisnya yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Sehingga sangat wajar jika pada akhirnya potensi produk udang Indonesia masuk dalam katagori produk unggulan ekspor Indonesia.

2.      2Produk unggulan kedua adalah Produk Kopi

Beragam jenis cita rasa kopi yang ada di Indonesia yang berasal dari nusantara pada akhirnya menjadi satu kekuatan tersendiri yang akan menjadikan produk kopi Indonesia masuk dalam jajaran produk kopi terenak cita rasanya di dunia.

3.      3Produk unggulan ketiga adalah Produk Kelapa Sawit

Indonesia terkenal dengan besarnya potensi kebun sawit dan produksi sawit  yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga berdasarkan kondisi itulah Indonesia masuk dalam 3 besar negara penghasil kelapa sawit di dunia.

4.      4. Produk unggulan keempat adalah Produk Karet

Hampir sama dengan kelapa sawit, perkebunan karet yang ada di Indonesia juga bisa kita temui di hamper seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Sehingga wajar jika produksinya menjadi salah satu terbesar di dunia.

5.      5. Produk unggulan kelima adalah Produk Coklat

Produk coklat akan sama kondisinya dengan produk Kopi. Karena saat ini dengan semakin bagusnya harga kg coklat yang ada di Indonesia semakin memperkuat posisi produk coklat yang ada di Indonesia.

6.      6Produk unggulan keenam adalah Produk TPT

Produk ini bisa menjadi produk unggulan ekspor Indonesia karena produk TPT Indonesia memiliki kualitas yang bisa di banggakan.

7.      7. Produk  unggulan ketujuh adalah Produk Alas Kaki

Pengaruh pentingnya budaya Asia yang ada di Indonesia, pada akhirnya memang membuat sebuah produk alas kaki menjadi salah satu produk unggulan ekspor yang ada di Indonesia.

8.      8. Produk unggulan kedelapan adalah Produk Elektronik

Meskipun produk elektronik Indonesia juga banyak yang berasal dari luar negeri. Tetapi pada dasarnya masyarakat Indonesia juga mulai mengubah care-nya kepada produk dalam  akan membuat produk elektronik Indonesia semakin banyak di minati.

9.      9. Produk unggulan kesembilan adalah Produk Kendaraan bermotor

Saat  ini dengan jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar, sejatinya  Indonesia menjadi salah satu market import dari semua importir  yang ada di Indonesia.

1110.Produk unggulan kesepuluh adalah Produk Furniture.

Produk yang masuk dalam urutan ke-10 adalah produk furniture.  Kita semua  tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal karena keunikan, dan kekhasan produknya yang masih kental dengan unsur budaya Indonesia.

 

Butuh Sinergi dan Integrasi Sistem Logistik Demi Tercapainya Kesempurnaan Bisnisnya

 Terkait dengan besarnya potensi bisnis ekspor yang ada di luar negeri, maka tidak akan sempurna kondisinya jika semua pihak baik Pemerintah Pusat/Swasta serta stage holder yang terkait dengan bisnis ekspor Bersatu demi majunya pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.  Karena mustahil UMKM akan bisa maju dan berkembang Ketika semua stage holder tidak Bersatu dalam satu kesatuan system bisnis yang ada.

 Contoh mudah yang bisa kita lihat adalah, peran perusahaan logistic seperti Abang Express. Posisinya yang bergerak di industry logistic/ pengiriman barang ekspor justru idealisme yang ingin di jalankan oleh pelaku bisnis ini adalah ingin menjadi mitra atau partner bisnis dari pelaku bisnis UMKM . Dengan jaringan dan kemampuan  yang di milikinya perusahaan tersebut yakin bahwa UMKM sebenarnya punya potensi yang sama dalam ekspor ke luar negeri.

 Itulah beberapa hal yang mesti menjadi perhatian kita semua pada saat kita sudah focus dalam kaitan pengembangan dan perluasan pasar ekspor maka semua  pihak harus bahu membahu dan bekerjasama demi tercapainya satu tujuan yaitu menjadikan UMKM Indonesia salah satu pelaku bisnis ekspor yang di segani di dunia.

Senin, 10 Oktober 2022

Potensi UMKM sebagai Trigger Bagi Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional

Secara bisnis kita  ketahui bahwa salah satu kunci peningkatan ekonomi nasional adalah di dukung  oleh kontribusi pelaku bisnis UMKM. Sehingga wajar jika kita katakana bahwa pebisnis UMKM adalah salah satu pelaku bisnis  yang tahan terhadap krisis. Salah satunya dapat  kita lihat bahwa sejak berjangkitnya pandemic covid  pelaku bisnis UMKM masih bisa berkontribusi positif  bagi ekonomi  Indonesia.

 

                                                            sumber : BKPM

Ada beberapa  hal yang mendasari kenapa pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa peran pelaku bisnis UMKM mampu menjadi trigger bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia. Setidaknya ada beberapa kondisi yang bisa memperkuat statemen diatas terkait besarnya potensi bisnis yang bisa di jalankan oleh para UMKM bagi bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia :

1.      Secara spesifik  kita bisa jelaskan sesuai data yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, bahwa saat  ini jumlah pelaku bisnis UMKM ada sekitar 64,19 juta pelaku bisnis.  Dimana kontribusi yang bisa diberikan kepada negara yaitu perekonomian Indonesia khususnya terhadap PDB ( Produk Domestik Bruto) adalah sebesar 61,97% yang jika di akumulasikan dalam nilai rupiah menjadi Rp8.573,89 triliun. 

2.      Hingga  memasuki tahun 2022 jumlah pelaku bisnis UMKM yang sudah masuk dalam Ekosistem Digital  mencapai 19 juta pelaku bisnis yang di sampaikan  oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Sekalipun target yang diharapkan oleh pemerintah masih cukup jauh yaitu mencapai 30 juta pelaku UMKM hingga  tahun 2024. Namun dengan adanya 19 juta pelaku UMKM artinya mereka sudah mulai care dan peduli terhadap perlunya mereka menggunakan teknologi untuk pengembangan bisnis mereka.

3.      Artinya dari total pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia sudah sekitar 30,4 persen yang sudah masuk dalam platform  e-commerce. Sehingga dengan kondisi seperti ini jika semua pelaku UMKM tersebut masuk dan menggunakan media tersebut untuk menunjang bisnis mereka maka kita sudah bisa tentukan berapa besar penghasilan yang bisa di dapatkan oleh Indonesia dari  media tersebut.

4.      Bisa di katakan saat ini dengan semakin pedulinya pelaku  bisnis UMKM terhadap perkembangan teknologi. Pada akhirnya bisa kita katakana  bahwa kondisi tersebut bisa mengubah wajah perkembangan pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut jelas di tunjang oleh adanya 3 hal seperti :

A.     Semakin gencarnya pelaku bisnis UMKM dalam menggunakan  sarana teknologi, informasi dan komunikasi yang kesemua itu tidak terlepas dari adanya dukungan dari pemerintah terkait.

B.     Semakin besarnya dukungan dari Lembaga pembiayaan terkait dengan bisnis UMKM. Sehingga saat ini semakin banyak pelaku bisnis pembiayaan  yang tertarik untuk memberikan dukungan modal bagi para pebisnis UMKM.

C.      Kepedulian Pemerintah terkait dalam hal pengurangan atau penurunan tarif PPh Final, sehingga hal ini jelas membantu pelaku bisnis UMKM dalam menghemat cost yang berhubungan dengan pembayaran pajaknya.

 Berdasarkan kondisi itulah, maka wajar jika pada akhirnya saat ini pelaku bisnis UMKM semakin yakin bahwa  keberadaannya makin di perhitungkan tidak saja oleh Pemerintah terkait, tetapi juga oleh pelaku bisnis swasta yang ada di Indonesia. Sehingga dengan kondisi itulah, sudah saatnya jika orientasi pelaku bisnis UMKM harus mulai focus untuk mengembangkan pasar ekspor.

 4 Kebijakan Menarik Yang di Berikan Pemerintah Guna Mendukung Perkembangan Ekspor Indonesia




Mungkin saat inilah waktu yang tepat bagi Indonesia dan pelaku bisnis UMKM dalam peningkatan perannya untuk pasar ekspor. Karena selain adanya momentum  yang lebih baik di pasar global. Juga Pemerintah saat ini telah memberikan beragam kebijakan yang bisa mendukung aktivitas ekspor bagi pelaku bisnis UMKM di Indonesia.

Tercatat ada 4 kebijakan yang akan bisa meningkatkan perkembangan bisnis ekspor bagi pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.

1.     Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

2.     Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

3.     Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

4.     Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 

Nah berdasarkan ke-4 kebijakan itulah, pada akhirnya sesuai  dengan apa yang di harapkan oleh  Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bahwa perlu adanya satu integrasi system yang ada di semua stage holder UMKM  yang ada di Indonesia. Maka Abang Express selaku salam satu pelaku bisnis yang bergerak di bidang logistic khususnya dalam mendukung aktivitas ekspor para pelaku bisnis UMKM menyambut baik ajakan tersebut dengan membuat satu program.

 Dimana program yang saat  ini sedang di jalankan adalah mencoba untuk membantu para UMKM  yang akan melakukan pengembangan pasarnya dengan aktivitas ekspor. Kesemua itu di lakukan oleh perusahaan bersama dengan mitra dan partner terkaitnya yang berasal dari Pemerintah dan Pelaku bisnis swasta agar bisa membantu pelaku bisnis UMKM agar bisa lebih bersaing di pasar ekspor untuk memperkenalkan dan memajukan produk unggulan UMKM di dunia.

 

 

Kamis, 06 Oktober 2022

20 Jenis Produk Andalan Ekspor Indonesia dengan Beragam Keunggulan

 

Menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia adalah salah satu tujuan Indonesia sebagai negara eksportir. Di mana salah satu keunggulannya adalah Indonesia memiliki begitu banyak produk unggulan yang bisa di ekspor. Itulah kenapa, saat ini  Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendukung aktivitas ekspor Indonesia dalam rangka meningkatkan pendapatan negara dari transaksi ekspor.

 

                                                                      sumber : akseleran

Salah satu keuntungan yang bisa di dapatkan Indonesia sebagai sebuah negara besar eksportir di dunia adalah bahwa Indonesia  merupakan  negara kepulauan  yang memiliki  banyak budaya dan adat istiadat. Sehingga berdasarkan kondisi itulah maka Indonesia memiliki begitu banyak produk yang tidak saja di hasilkan dari keanekaragaman Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di seluruh Indonesia.  Tetapi juga produk-produk yang dihasilkan dari adanya pengembangan kreatifitas budaya yang ada di seluruh nusantara.

 Karena bagaimanapun juga, berhasilnya  Indonesia menjadi salah satu eksportir dunia adalah hal itu didasarkan pada satu kondisi :

 1. Masyarakat dunia suka dengan produk-produk yang berasal dari hasil perkebunan yang ada di Indonesia. Sehingga  produk seperti Kopi, Kakao, Karet dan sejenisnya menjadi salah satu produk ekspor unggulan Indonesia. Begitupula dengan produk-produk yang berasal dari hasil perikanan Indonesia seperti : Udang, serta  beragam jenis ikan  yang di miliki Indonesia salah satunya Ikan Tuna.

2. Masyarakat dunia suka dengan produk-produk kreatif dan hasil  kerajinan tangan Indonesia. Karena desainnya adalah berdasarkan  keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia seperti : Batik Tulis ataupun Batik Printing dengan beragam desain dan  motifnya, ada juga produk Alas kaki yang berasal dari beragam jenis bahan.

 3. Masyarakat dunia saat ini lebih menyenangi produk-produk yang masih kental dengan bahan baku asli dari alam. Sehingga produk dari  Indonesia seperti Minyak Kelapa Sawit  menjadi salah satu produk unggulan ekspor Indonesia. Karena dari produk itulah akhirnya bisa di Kembangkan menjadi beragam jenis produk hasil olahan pabrik.

  

20 Jenis Produk  Unggulan Ekspor Indonesia dengan Beragam Spesifikasi Produknya

 

Itulah sebabnya, hingga saat ini masyarakat dunia masih tertarik untuk mendapatkan begitu banyak produk yang berasal dari Indonesia. Dimana  untuk Indonesia sendiri permintaan masyarakat dunia terhadap produk-produk yang ada di Indonesia itu sendiri dibagi menjadi dua katagori produk yaitu produk ekspor utama Indonesia dan produk potensial Indonesia.  Kedua katagori produk tersebut sama-sama memiliki keunggulan dan kelebihannya yang memang saat ini banyak diminati masyarakat dunia :

 

                                                                    sumber : kementerian koperasi

Beragam Katagori Produk Utama Ekspor Indonesia hingga tahun 2022

 Produk Perikanan Indonesia: Udang

Berdasarkan potensi marketnya  produk udang ini  banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia seperti (Jepang, Hong Kong, China, Singapura, Malaysia, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Vietnam), Kawasan Australia (Australia), Kawasan Amerika Serikat (Amerika Serikat) serta Kawasan Eropa seperti (Belgia, Inggris, Spanyol, Perancis, Kanada, Belanda, Italia, Jerman).

 Produk Perkebunan Indonesia: Kopi

Berdasarkan potensi marketnya produk kopi ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Amerika (Brazil, Argetina, Amerika), Kawasan Eropa (Spanyol, Italia, Turky, Inggris), Kawasan Afrika (Mesir) dan Kawasan Asia (India, China, Thailand, Jepang, Vietnam, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Sri Lanka, Banglades, Iran)

 Produk Perkebunan Indonesia: Minyak Kelapa Sawit

Berdasarkan potensi marketnya produk kopi ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (India, China, Malaysia, Pakistan, Iran, Turky, Singapura, Banglades, Vietnam, Yordania), Kawasan Afrika (Tanzania, Afrika Selatan, Mesir, Mozambik), Kawasan Eropa ( Rusia  Jerman, Spanyol, Italia) serta Kawasan Amerika (Amerika)

 Produk Perkebunan Indonesia: Kakao

Berdasarkan potensi marketnya produk Kakao ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Malaysia, Singapura, Thailand, China, India, Jepang, Filipina, Taiwan, Sri Lanka), Kawasan Amerika (Amerika Serikat, Brasil), Kawasan Eropa (Kanada, Jerman, Belanda, Rusia, Swiss, Belgia, Inggris).

 Produk Perkebunan Indonesia: Karet

Berdasarkan potensi marketnya produk Karet  ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia ( Jepang, Malaysia, Filipina, Arab Saudi, Thailand, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Sri Lanka, Korea Selatan), Kawasan Amerika (Amerika Serikat), Kawasan Eropa (Inggris, Jerman, Belgia, Italia, Belanda, Kanada),  Kawasan Australia ( Australia), Kawasan Afrika (Mesir).

 Produk Pabrikan Indonesia Tekstil dan turunannya : Tekstil

Berdasarkan potensi marketnya produk Tekstil ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Singapura, Hong Kong, Sri Lanka, Korea Selatan, Arab Saudi, Jepang), Kawasan Amerika (Amerika Serikat, Mexico, Panama), Kawasan Afrika (Ethiopia, Nigeria, Kenya, Tunisia, Sudan), Kawasan Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Kanada, Belanda, Spanyol, Perancis).

 Produk Pabrikan Indonesia: Alas Kaki

Berdasarkan potensi marketnya produk Alas kaki ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia ( , Jepang, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Australia, China, Hong Kong), kawasan Australia ( Australia), Kawasan Amerika ( Amerika serikat, Panama, Meksiko, Chile, Spanyol), Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Eropa ( Belgia, Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Kanada).

 Produk Pabrikan Indonesia: Elektronika

Berdasarkan potensi marketnya produk Elektronika ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Jepang, Taiwan, Korea Selatan, China, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Thailand, Vietnam), Kawasan Australia (Australia), Kawasan Eropa (Jerman, Belanda, Italia, Belgia, Inggris, Denmark, Perancis), Kawasan Amerika (Yunani, Amerika serikat, Polandia).

 Produk Komponen Kendaraan Bermotor Indonesia: Komponen Kendaraan Bermotor

Berdasarkan potensi marketnya produk Elektronika ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (China, Iran, Arab Suadi, Malaysia, Vietnam, Hong Kong, Jepang, Singapura, Thailand, Sri Lanka, India, Pakistan, Filipina, Uni Emirad Arab, ), Kawasan Eropa ( Perancis, Inggris, Jerman, Kanada, Belgia, Turkiye), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat), Kawasan Afrika Selatan ( Afrika selatan).

 Produk Pabrikan Indonesia: Furniture

Berdasarkan potensi marketnya produk Elektronika ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, China), Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Eropa ( Perancis, Inggris, Belanda, Belgia, Jerman, Italia, Kanada, Denmark, Swedia), Kawasan Amerika ( Spanyol, Amerika serikat), Kawasan Afrika ( Afrika Selatan).

 

Produk Ekspor yang menjadi Potensi Ekspor Indonesia

 Beragam Produk Kerajinan Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk kerajinan Indonesia adalah : Kawasan Asia (Jepang, Singapura, Hong Kong, Arab saudi, Korea Selatan), Kawasan Australia (Australia), Kawasan Afrika (Nigeria, Afrika Selatan), Kawasan Amerika ( Amerika serikat, Spanyol), Kawasan Eropa ( Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Belanda, Kanada, Belgia).

 Beragam Produk Perikanan Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk perikanan Indonesia adalah : Kawasan Australia ( Australia), Kawasan Asia (Jepang, Singapura, China, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Thailand, Korea Selatan).

 Beragam Produk Obat-Obatan Herbal Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk obat - obatan Indonesia adalah : Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Asia ( Singapura, India, Hong Kong, Jepang, Malaysia, China, Korea Selatan, Arab Saudi), Kawasan Eropa (Perancis, Jerman, Rusia, Belanda), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat).

 Beragam Produk Kerajinan Kulit Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk kerajinan kulit Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Hong Kong, Vietnam, Singapura, China, Thailand, Uni Emirad Arab, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan),  kawasan Afrika ( Afrika Selatan, Mesir), Kawasan Amerika ( Spanyol, Brazil, Amerika Serikat), kawasan Eropa ( Italia, Inggris, Jerman, Norwegia).

 Beragam Produk Kemasan dari Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk kemasan Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Singapura, Jepang, Malaysia, Filipina, Hong Kong, India, Kamboja, Thailand, Taiwan, Australia, Vietnam, Korea Selatan), Kawasan Australia ( Australia ).

 Beragam Produk Perhiasan dari Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk perhiasan Indonesia adalah : Kawasan Asia (Singapura, Jepang, Hong Kong), Kawasan Amerika ( Amerika serikat, Spanyol), Kawasan Eropa (Jerman, Inggris, Italia), Kawasan Australia ( Australia).

 Beragam Produk Minyak Nabati Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk minyak nabati Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Jepang, Vietnam, China, Hong Kong, Taiwan, India, Pakistan, Yaman, Arab Saudi), Kawasan Afrika ( Nigeria, Kenya), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat, Spanyol), Kawasan Eropa ( Belanda, Perancis, Inggris, Swiss).

 Beragam Produk Rempah Rempah Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk rempah-rempah Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Singapura, Uni Emirat Arab), Kawasan Afrika ( Maroko, Aljazair, Tunisia), Kawasan Eropa ( Belanda, Jerman, Belgia), Kawasan Amerika ( Brazil).

Beragam Produk Alat Tulis Non Kertas  Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk alat tulis  Indonesia : Kawasan Asia ( Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Jepang, Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab), Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Eropa ( Selandia Baru, Jerman, Belgia, Inggris, Swedia), Kawasan Amerika ( Meksiko, Kolombia, Amerika Serikat).

 Beragam Produk Medis Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk alat tulis  Indonesia : Kawasan Asia ( Jepang, China, Singapura, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Samoa, Maladewa, India, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat), Kawasan Eropa ( Swiss, Belanda, Andorra, Jerman).

 

Besarnya potensi ekspor yang  ada di Indonesia memang pada akhirnya di butuhkan adanya ekosistem logistic yang bisa mendukung  bisnis ekspor untuk Indonesia. Abang Express salah satu pemain logistic  local yang concern dalam pemberian jasa pengiriman ekspor selalu berkomitmen untuk mendukung pelaku bisnis UMKM untuk bisa mengembangkan pasar internasional dengan mendukung aktivitas ekspor.

 

Selasa, 04 Oktober 2022

Potensi Produk Makanan Ekspor Indonesia & Dukungan RCEP di Pasar Internasional

 

Kemampuan Indonesia menjadi salah satu anggota dari RCEP dunia memang cukup memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah, karena pada akhirnya produk makanan dan minuman Indonesia cukup di kenal dan terkenal di seluruh dunia.  Kini setidaknya ada 3 makanan dari Indonesia yang menjadi favorit di kalangan negara anggota RCEP.



                                                           sumber : KDEI Taipei 

 

Indonesia sebagai negara dengan keunggulan produk makanan dan minuman khasnya, pada akhirnya memang menjadi salah satu daya Tarik tersendiri bagi dunia. Tidak saja karena produk makanan dan minuman Indonesia yang memiliki cita rasa khas  nusantara. Tetapi juga karena produk makanan dan minuman Indonesia memiliki kelebihan cita rasa bumbu yang berasal dari rempah-rempah nusantara.

 

Kondisi itulah yang pada akhirnya membuat Indonesia sebagai salah satu anggota dalam RCEP selain tentunya negara seperti: Australia, India, China, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru. Menjadikan negara-negara tersebut target ekspor untuk produk-produk makanan dan minuman Indonesia. Karena selain mereka adalah juga berada di benua yang berbeda seperti  benua Asia ( China, Jepang, Korea Selatan, India ), benua Australia ( Australia ) dan Oceania ( negara Selandia Baru ).

 

Peran RCEP dalam Mendukung Pengembangan Produk Makanan Unggulan Ekspor Indonesia

 

Ada beberapa keuntungan yang secara langsung dan tidak langsung di dapat dari Indonesia dengan menjadi anggota RCEP seperti misalnya :

 

1.      Negara-negara anggota RCEP menjadi potensi market yang cukup dominan untuk produk makanan dan minuman dalam skala  ekspor. Sehingga hal itu bisa menjadi trigger dalam peningkatan pendapatan negara dari sector produk ekspor.

2.      Berdasarkan kompetensi yang ada di negara-negara anggota RCEP, terbukti bahwa industry makanan dan minuman berada pada kondisi Rising star diantara 10 Negara anggota lainnya.

3.      Beberapa factor yang cukup mendukung keberadaan produk ekspor makanan dan minuman Indonesia adalah : jarak ekonomi antara negara anggota, GDP riil  per kapita dari anggota RCEP, harga ekspor yang cukup kompetitip dan yang paling penting adalah masalah keterbukaan perdagangan  bebas dan tarif ekspor dari beberapa negara tsb.

 

Berdasarkan kondisi itulah, maka saat ini setidaknya ada 3 produk makanan dan minuman yang menjadi produk ekspor favorit untuk Indonesia.  Seperti misalnya Produk Udang Kemasan, Kopi Instan dan Makanan serta Minuman olahannya.  Untuk produk Udang kemasan misalnya dominasi produk ini masih berada di Kawasan negara Asia, Eropa dan USA. Dengan beberapa nama negaranya seperti : Jepang, Hongkong, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Belgia, Italia dan lain-lainnya. Itulah memang  beberapa  keuntungan yang akan bisa di dapatkan Ketika Indonesia masuk dalam kategori anggota/pengurus untuk sebuah produk yang menjadi target utama ekspor di Indonesia.

 

 

4 Hal Penting yang Menjadikan  Produk Makanan dan Minuman Indinesia Bersaing cukup Bagus.




 

Minimal ada 4 hal yang menjadi pertimbangan pelaku bisnis Ketika dirinya ingin menjadi eksportir makanan khas dari Indonesia. Dimana ke-4 jenis data dan informasi yang harus di sajikan dan menjadi daya Tarik bagi pembeli dari luar negeri : (a) Informasi yang berhubungan dengan nilai gizi dari makanan yang hendak di pasarkan, sehingga beberapa informasi yang berhubungan dengan kandungan gizi terhadap makanan yang harus di sertakan adalah tentang kandungan  lemak dari makanan tersebut, kandungan lemak total, termasuk informasi soal lemak jenuh, lemak trans, kandungan kolesterol juga termasuk kandungan yang berupa protein, karbohidrat, natrium, gola (glukosa), kalium dan multivitamin lainnya (b) Informasi yang berhubungan dengan kualitas dari produk  yang kita ekspor. Karena dari informasi soal kualitas produk itulah pembeli luar negeri akan tahu seperti apa kualitas dari produk yang bersangkutan (c) Data dan informasi yang berhubungan dengan tanggal kadaluarsa produk yang akan di kirimkan.

 

(d) Hal lain yang mesti menjadi perhatian bagi pelaku bisnis yang tertarik untuk bisa melakukan ekspor adalah seperti : (1) Produk yang bersangkutan harus terkait dengan barcode resmi ( ini menjadi penting mengingat semua produk yang di pasarkan dengan mekanisme ekspor akan di data menggunakan pendataan yang bersifat digital (2) Produk yang berhubungan dengan kemasan produk. Jika di mungkinkan buatlah kemasan yang menarik dan bersifat komunikatif sehingga memudahkan konsumen luar negeri menyukai kemasan produk tersebut (3) masalah desain kemasan ada baiknya harus telah di lindungi HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) (4) kondisi produk yang sebaiknya sudah memiliki label Halal, karena untuk beberapa konsumen di luar negeri yang berasal dari negara muslim sudah pasti akan memperhatikan  label halal tersebut (5)Dan yang terakhir  yang mesti menjadi perhatian pelaku bisnis UMKM yang berkeinginan  untuk bisa mengekspor  produk  makanan dan minuman adalah sudah mendapatkan ijin edar dari BPOM sesuai dengan ketentuan  yang sudah di tetapkan.

 

Sekadar info, beberapa hal yang telah di jelaskan diatas memang penting bagi pelaku bisnis UMKM yang ingin melebarkan marketnya ke luar negeri (ekspor). Dimana untuk tujuan ini Abang Express  salah satu perusahaan yang focus dalam industry logistics yang bertujuan ekspor akan berusaha membantu para pelaku bisnis UMKM yang akan melakukan ekspor produk.

 

Itulah menariknya  market produk ekspor untuk makanan dan minuman yang saat ini saat ini cukup banyak di minati oleh masyarakat luar negeri. Dimana dengan melihat kondisi yang telah di jelaskan diatas, pada akhirnya Indonesia sebagai negara yang kayak akan keberagaman sumber daya alam dan budaya akan bisa menjadi salah satu negara  pengekspor produk makanan dan minuman  unggul yang ada di dunia.

 

 

 

Senin, 03 Oktober 2022

Produk Hortikultura Indonesia, “ Siap Merajai Produk Ekspor di Manca Negara “

 

Indonesia terkenal sebagai negara agraris itu tidak bisa di elakan lagi, semua negara tahu kondisi tersebut. Tinggal bagaimana dengan kemampuan tersebut Indonesia pada akhirnya bisa menjadi salah satu negara eksportir utama produk hortikultura di dunia.





 

Semua hal yang telah di jelaskan diatas memang pantas menjadi satu motivasi bersama. Tidak saja pelaku dalam bisnis pertanian dan perkebunan yang ada di Indonesia, tetapi juga menjadi perhatian Kementerian terkait yang memang focus dalam pengembangan bidang pertanian, perkebunan dan perdagangan. Sehingga jika saat ini Indonesia belum menjadi negara eksportir utama  untuk produk-produk hortikultura maka ke depan  ini akan bisa menjadi satu trigger agar Indonesia bisa menjadi salah satu negara tersebut.

 

Peningkatan Tren Ekspor  Produk Holtikultura Indonesia dalam tahun 2022

 

Melihat besarnya potensi yang di miliki Indonesia dalam pengembangan produk holtikultura, maka kita bisa melihat tren pengembangan ekspor untuk produk holtikultura yang ada di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir:

 

1.      Berdasarkan data terakhir periode Q4-2021, sector sub sector holtikultura menunjukkan kinerja yang memperlihatkan adanya kenaikan. Dimana secara (yoy) ada kenaikan sebesar 3,80 pada Q4-2021 dibandingkan dengan kondisi yang sama tahun sebelumnya.  Yang menarik lagi adalah, bahwa peningkatan ini merupakan posisi tertinggi jika kita coba membandingkan produk dari tanaman pangan, produk perkebunan, produk peternakan  hingga produk jasa pertanian lainnya. Sehingga berdasarkan kondisi itulah,  hingga pada akhirnya  Pemerintah Pusat mendorong percepatan dari program Pengembangan Kawasan Hortikultura yang Berorientasi Ekspor.

2.      Pengembangan Kawasan Hortikultura yang Berorientasi Ekspor tersebut memang bukan semata tugas pemerintah semata. Tetapi memang perlu adanya integrasi dari semua pihak yang tergabung dalam ekosistem Kawasan hortikultura agar keberadaanya bisa  lebih optimal. Dimana Kerjasama tersebut bisa di lakukan bersama Kementerian Perekonomian, Pelaku Bisnis Swasta, serta para petani yang mengembangkan produk hortikultura.

3.      Dalam catatan produksi holtikultura Indonesia, tahun 2019 produksi sayuran Indonesia cukup meningkat disbanding tahun 2018 sekitar 3% sehingga produksinya mencapai 13.418.424 ton.  Dimana untuk jenis produk holtikulturanya sendiri pada tahun 2018/2019 di dominasi oleh beberapa produk seperti produk Bawang Merah : 1.580.243  ton, produk Kubis : 1.407.903  ton, produk Kentang : 1.314.654 ton dan produk Cabai Rawit : 1.374.215 ton.

4.      Tidak jauh beda dengan produksi buah-buahan, untuk tahun 2019 justru kenaikannya lebih besar dibandingkan dengan produk sayuran. Dimana terjadi kenaikan sekitar 5% dibandingkan  tahun 2018. Sehingga deskripsi   yang bisa di jelaskan  untuk produk buah -buahan adalah seperti berikut : total produksi buah-buahan tahun 2019 : 22.517.638 ton dengan dominasi buah-buahan yang ada seperti buah Pisang : 7.280.659 ton, buah Mangga : 2.808.936 ton, buah Jeruk Siem : 2.444.516 ton dan buah Nanas : 2.196.456 ton serta buah Durian : 1.169.802 ton.

 

Berdasarkan  tren yang terjadi dalam bisnis produk holtikultura itulah pada akhirnya Pemerintah melihat bahwa perlu adanya satu gebrakan bersama dari Pemerintah agar produk holtikultura ini bisa menjadi salah satu produk eskpor unggulan bagi Indonesia saat ini dan kedepan. Karena jika bisa ini di jalankan, bukan tidak mungkin potensi Indonesia sebagai salah satu eksportir produk terbesar untuk produk holtikultura  (produk sayuran dan buah-buahan) Indonesia bisa terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

 

Potensi Ekspor Unggulan Produk Holtikultura Indonesia tahun 2022

 

Bicara soal potensi ekspor maka kita bicara soal data dan tren terkini yang ada pada ekspor produk holtikultura yang ada di Indonesia.  Dimana kita bisa lihat beberapa update data terkini terkait peningkatan nilai ekspor produk holtikultura yang ada di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir :




 

1.      Berdasarkan data yang bisa kita lihat, untuk tahun 2020 saja ekspor produk holtikultura Indonesia sudah mencapai USD 645,48 juta, terjadi peningkatan disbanding tahun 2019 sekitar 37,75%. Sementara untuk ekspor buah-buahannya sendiri tahun 2020, juga mengalami kenaikan yang cukup baik sekitar 30,31% dibandingkan tahun 2019 yaitu berada di angka USD 389,9 juta.

2.      Terkait program yang di kembangkan oleh Kementerian Bidang Perekonomian yaitu progam Pengembangan Holtikultura Berorientasi Ekspor. Maka saat ini progressnya sudah cukup baik yaitu hingga saat  ini sudah berjalan di 7 ( tujuh ) lokasi Kawasan yang ada di Indonesia. Dimana ke-7 lokasi tersebut adalah di Kabupaten Jembrana ( Propinsi Bali), ada juga lokasi yang ada di Propinsi Lampung (Kabupaten Tanggamus). Untuk lokasi yang ada di Jawa Timur pemerintah juga mengembangkan 3 lokasi yang tersebar di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Blitar, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Bondowoso. Dua lokasi lainnya adalah Kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut dan Kabupaten Bener Meriah yang ada di Propinsi Aceh.

3.      Pengembangan ekosistemnya sendiri dari mulai tahun 2017 -2019 kondisinya  untuk produk komuditas Pisang yang saat ini di kembangkan pada lokasi Kabupaten Tanggamus sudah melakukan kerjasam atau bermitra dengan 862 petani dengan total lahan  yang sudah di kembangkan  sekitar 432,49 Ha.

 

Itulah potensi yang bisa di kembangkan oleh Indonesia dengan adanya ekosistem produk holtikultura yang sedang di kembangkan oleh Indonesia.  Yang menarik justru tidak saja potensi lahannya saja dengan 7 lokasi perkebunan yang menjadi concern pemerintah. Tetapi ternyata ekosistem pendukungnya sendiri untuk tujuan ekspor telah berkembang secara langsung.  Dimana salah satu factor pendukung yang bisa menjadi trigger pengembangan produk ekspor untuk sayuran dan buah-buahan adalah terciptanya satu platform rantai pasok yang menggabungkan beberapa pemain seperti: Digital distribusi utama, Kios petani yang memang mengembangkan produk holtikultura serta Petani yang berhubungan langsung dengan produksi produk holtikultura di 7 lokasi yang telah di tentukan oleh pemerintah.  Serta tidak lupa adalah peran para pemain logistic yang berorientasi ekspor untuk mendukung pengiriman produk holtikultura ke luar negeri.

 

Abang Express sebagai salah satu komponen dalam ekosistem produk holtikultura yang ada di Indonesia mencoba untuk konsisten dalam memberikan kontribusi bagi pelaku bisnis produk holtikultura. Dimana dengan konsistensinya dalam bisnis pengiriman produk ke luar negeri (sebagai logistic yang memberikan jasa pengiriman barang ekspor) akan bisa menjadi salah satu pelaku bisnis logistic yang bisa menjadi media pendukung agar produk holtikultura Indonesia bisa semakin di kenal di Kawasan manca negara.

 

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...