Kamis, 15 Desember 2022

TREN PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING) UNTUK BISNIS SKALA KECIL DI 2023

 

Era digitalisasi saat ini sudah menjadi salah satu format pemasaran yang ada di hampir semua bisnis yang ada di Indonesia. Dimana perspektif bisnisnya sudah pasti menggunakan dukungan teknologi untuk memperlancar proses bisnis yang ada di dalamnya. Sehingga strategi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dari kesempurnaan sebuah sistem pemasaran masa depan.

 


 

Kondisi seperti itu  akan semakin berkembang di tahun 2023, dimana setelah adanya Era Industri 4.0 maka dunia akan masuk ke era yang bernama Society 5.0. Ketika era tersebut terjadi maka semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia termasuk di dalamnya adalah aktivitas bisnis sudah pasti menggunakan teknologi sebagai alat pendukungnya. Itulah sebabnya, ketika kondisi seperti itu terjadi maka ada baiknya semua pelaku bisnis paham akan arti penting dari sebuah integrasi sistem yang berbasis teknologi.

 3 Keuntungan Menggunakan  Teknologi dalam  Strategi Bisnis Perusahaan 


 

 Terkait dengan adanya integrasi sistem yang digunakan untuk mendukung penerapan strategi marketing itulah, maka saat ini implementasi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dalam memaksimalkan potensi bisnis dari sebuah perusahaan. Istilahnya dengan adanya integrasi sistem yang berbalut teknologi maka strategi pemasaran perusahaan bisa di lakukan dengan beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan :

 1.      Perusahaan dalam melakukan strategi pemasarannya  lebih luas dan jauh dibandingkan dengan model pemasaran yang bersifat tradisional. Sehingga jelas target market yang akan bisa di capai semakin luas.

2.      Perusahaan akan bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan anggaran biaya promosi dibandingkan harus menggunakan cara offline dalam menjangkau target market perusahaan.

3.      Perusahaan akan bisa melakukan multi strategi marketing jika menggunakan sistem pemasaran digital. Karena dalam sistem pemasaran  ini banyak channel yang bisa di pakai dari mulai bermain di media sosial hingga pembuatan  video konten marketing yang mencakup banyak  aspek  promosi di dalam video tersebut.

 Berdasarkan laporan yang di dapat dari Forrester untuk sistem pemasaran digital yang akan terjadi di dunia, Forrester memprediksi ada sekitar $146 miliar yang akan di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran digital bagi produk yang mereka miliki.  Dimana prediksi itu sendiri bisa jadi akan berkembang seiring pergerakan dan pertumbuhan ekonomi makro yang ada di masing-masing negara di dunia.Termasuk Indonesia misalnya dengan tingginya angka pertumbuhan ekonomi  yang ditaksir masih diatas 5% semakin dibutuhkan adanya strategi pemasaran digital yang lebih optimal di dalamnya.

 3 Hal Penting Dalam Menjalankan Strategi  Pemasaran  Digital  bagi Perusahaan


 

 Sebuah strategi apapun konsep dan implementasinya,  sudah pasti tidak bisa berjalan sendiri. Semuanya akan terintegrasi dengan komponen yang ada di dalamnya. Itulah sebabnya, pasti ada komponen pendukung yang bisa di optimalkan agar pemasaran model digital bisa menjadi satu strategi  pemasaran yang optimal.

 1.      1. Coba libatkan pengguna atau enduser dengan cara menggunakan konten yang berbasis video untuk strateginya.

Kenapa strategi ini di jalankan, karena saat ini orang sudah terbiasa melihat video dibandingkan dengan membaca. Sehigga bentuk promosi dengan menggunakan video menjadi satu konsep strategi pemasaran yang cukup efektif bagi perusahaan.

2.      2. Continuitas dalam melakukan promosi menggunakan media sosial termasuk video

Jika di mungkinkan atau setidaknya jika perusahaan memiliki anggaran, ada baiknya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan artis atau influencer dalam mempromosikan produk anda. Karena dengan cara seperti ini maka talent yang anda gunakan akan memberikan dampak positif bagi materi promosi yang akan di share oleh talent tersebut.

3.     3. Cobalah tetap menggunakan media email sebagai sarana untuk memperluas jangkauan target market yang diinginkan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan media email maka perusahaan akan bisa mengoptimalkan pengiriman email kepada siapa saja yang ingin di targetkan oleh perusahaan.  Dimana perusahaan tidak akan putus dalam melakukan promosi tersebut mengingat media email sangat efektif sebagai media untuk melakukan strategi promosi dalam jangka Panjang.

 Berdasarkan  beberapa kondisi diatas itulah, pada akhirnya kita menjadi tahu bahwa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran memang metode pemasaran digital saat ini dan kedepan menjadi salah satu strategi jitu. Selain efektif dan efisien, jelas strategi ini cukup efektif di era industry 4.0 menjelang berlakunya era Society 5.0.

 

 

Senin, 12 Desember 2022

Rp572 Triliun Potensi Bisnis E-Commerce di tahun 2023 “ Walau Katanya dalam Resesi Global”

 

Perkembangan bisnis e-commerce memang bisa di katakan sejak adanya pandemi covid tahun 2019 cukup menarik untuk kita simak. Bukan saja potensinya yang naik cukup tajam, potensi bisnisnya sendiri tiap tahun selalu menunjukkan tren peningkatan. Tidak heran jika di tahun 2023 mendatang nilainya bisa mencapai Rp572 triliun.

 


 

 

Tingginya potensi market yang ada di bisnis e-commerce memang  tidak terjadi begitu saja. Ada  beberapa dukungan pelaku bisnis yang ada di dalam industri tersebut yang membuat potensi bisnis e-commerce semakin menarik dari tahun ke tahun. Sebut saja misalnya perusahaan ( baik skala kecil, menengah dan besar ) yang menjual produknya melalui sistem penjualan marketplace.

 

Begitu banyaknya market place muncul baik yang bersifat nasional ataupun yang tradisional, pada akhirnya menjadi satu supporting tersendiri bagi bisnis e-commerce yang ada di Indonesia. Belum lagi dukungan dari para pelaku bisnis UMKM  yang tersebar di seluruh Indonesia. Semakin menguatkan potensi bisnis e-commerce yang semakin menarik dan penuh potensi bisnis.

 

3 Komponen Penting Pelaku Bisnis dalam Bisnis E-Commerce di Indonesia

 

Setidaknya dari beberapa hal yang  telah dijelaskan diatas, kita bisa katakan bahwa bisnis e-commerce berjalan atas dasar dukungan dan supporting yang menjadi kunci dari perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia. 

 


 

 

1.      Dukungan dari Perusahaan ( baik kecil, menengah dan besar) serta para Pelaku Bisnis UMKM yang ada di seluruh Indonesia.

Peran mereka adalah sangat penting karena berkat mereka pengelola marketplace atau e-commerce bisa menjual produk – produk yang mereka miliki agar bisa di lihat dan di beli produknya oleh konsumen.

2.      Dukungan dari Perusahaan yang mengelola Marketplace dan E-Commerce baik Nasional dan Daerah. Berkat mereka, produk yang ada bisa tersosialisasi dengan baik dan bisa di ketahui oleh konsumen yang ada di seluruh Indonesia.

3.      Dukungan dari para perusahaan yang bergerak dalam bisnis Jasa pengiriman dalam negeri. Karena berkat mereka maka produk yang dari perusahaan dan umkm yang di pasarkan lewat marketplace dan e-commerce bisa di distribusikan ke konsumen yang ada di seluruh Indonesia.

 

Berdasarkan kondisi itulah, maka tidak berlebihan jika saat ini kita katakan bahwa keberadaan mereka bisa menjadi satu ekosistem logistic dalam negeri yang bisa memperkuat potensi bisnis yang ada di bisnis e-commerce dan marketplace di Indonesia. Meskipun kondisi yang ada saat  ini masih bisa berkembang sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing pelaku bisnis tadi.

 

 

Dukungan Pemerintah dalam Mendukung Peningkatan Potensi Bisnis E-Commerce 2023

 


 

 

Untuk semua hal yang telah di jelaskan diatas, maka perlu adanya dukungan dari Pemerintah agar potensi bisnis yang ada saat ini bisa terus berkembang dan meningkat menjadi lebih baik dan lebih besar.  Hal itu di dasarkan pada satu kondisi bahwa setiap tahun potensi bisnis untuk sector ini selalu menunjukan tren peningkatan.

 

Gubernur Bank Indonesia secara umum menjelaskan bahwa transaksi elektronik yang terjadi di tahun ini saja sudah mencapai Rp404 triliun. Kondisi ini jelas tumbuh dibandingkan tahun sebelumny yaitu sebesar 32,27 persen. Sedangkan prediksi untuk tahun 2023 nilainya akan bisa meningkat sebesar 25,7 persen menjadi Rp508 triliun.  Penjelasan dari Gubernur Bank Indonesia tadi juga di dukung dengan data yang di himpun oleh Badan Pusat Statistik. Hingga kuartal III / 2022 perekonomian yang ada di Indonesia tumbuh cukup meyakinkan yaitu berada di angka 5,72 persen secara year to year. Kondisi itu di dukung dengan adanya supporting dari bisnis transportasi dan pergudangan hingga mencapai 25,81 persen.

 

KOndisi lain yang cukup menarik adalah apa yang disampaikan  oleh Gubernur Bank Indonesia, bahwa transaksi dengan menggunakan  sistem pembayaran digital pun setiap tahunnya terus meningkat.  Sekadar info untuk tahun 2021 nilainya masih berada di level Rp40.800 triliun, sementara untuk  tahun 2022 meningkat 30,19 % menjadi Rp53.100 triliun. Angka ini akan terus meningkat dan prediksinya di tahun 2023 akan menjadi Rp67.600 triliun dengan komponen yang ada dari transaksi e-commerce yang menggunakan pembayaran digital sebesar Rp489 triliun di tahun 2022.

 

Oleh karena itulah, maka Kementerian Perhubungan yang berhubungan langsung dengan  bisnis logistic memberikan statemenya bahwa pemerintah di tahun 2023 dengan prediksi adanya resesi global akan memberikan dukungan kepada pelaku bisnis logistic dengan cara menetapkan regulasi  yang mendukung bisnis logistic di tahun 2023.  Ada beberapa cara yang akan di tempuh pemerintah  untuk tujuan tersebut seperti : (1) Pemerintah akan mendukung dan mendorong distribusi  barang dan jasa serta akan melakukan satu kebijakan penurunan disparitas harga yang ada di wilayah  Barat dan Timur.  (2 ) Untuk kebijakan tersebut, pemerintah akan melakukan 3 program implementasinya yaitu pendistribusian barang dan jasa melalui moda transportasi Tol Laut, Moda Angkutan Perintis dan Jembatan Udara. (3) Tidak akan membatasi pergerakan angkutan barang dan jasa seperti saat pandemi covid 19.

 

Itulah beberapa hal yang akan bisa menjadikan tahun 2023 adalah  tahun yang penuh dengan  inovasi, terobosan dan implementasi bisnis yang akan mendukung  percepatan dan peningkatan bisnis yang ada di industri e-commerce dan marketplace yang ada di Indonesia. Dengan tujuan tersebut maka bisa dipastikan kondisi dan prediksi resesi global yang akan terjadi di tahun 2023 akan bisa diantisipasi dengan adanya implementasi bisnis dalam memperkuat pergerakan ekosistem logistic dalam negeri.

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...