Kamis, 15 Desember 2022

TREN PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING) UNTUK BISNIS SKALA KECIL DI 2023

 

Era digitalisasi saat ini sudah menjadi salah satu format pemasaran yang ada di hampir semua bisnis yang ada di Indonesia. Dimana perspektif bisnisnya sudah pasti menggunakan dukungan teknologi untuk memperlancar proses bisnis yang ada di dalamnya. Sehingga strategi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dari kesempurnaan sebuah sistem pemasaran masa depan.

 


 

Kondisi seperti itu  akan semakin berkembang di tahun 2023, dimana setelah adanya Era Industri 4.0 maka dunia akan masuk ke era yang bernama Society 5.0. Ketika era tersebut terjadi maka semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia termasuk di dalamnya adalah aktivitas bisnis sudah pasti menggunakan teknologi sebagai alat pendukungnya. Itulah sebabnya, ketika kondisi seperti itu terjadi maka ada baiknya semua pelaku bisnis paham akan arti penting dari sebuah integrasi sistem yang berbasis teknologi.

 3 Keuntungan Menggunakan  Teknologi dalam  Strategi Bisnis Perusahaan 


 

 Terkait dengan adanya integrasi sistem yang digunakan untuk mendukung penerapan strategi marketing itulah, maka saat ini implementasi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dalam memaksimalkan potensi bisnis dari sebuah perusahaan. Istilahnya dengan adanya integrasi sistem yang berbalut teknologi maka strategi pemasaran perusahaan bisa di lakukan dengan beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan :

 1.      Perusahaan dalam melakukan strategi pemasarannya  lebih luas dan jauh dibandingkan dengan model pemasaran yang bersifat tradisional. Sehingga jelas target market yang akan bisa di capai semakin luas.

2.      Perusahaan akan bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan anggaran biaya promosi dibandingkan harus menggunakan cara offline dalam menjangkau target market perusahaan.

3.      Perusahaan akan bisa melakukan multi strategi marketing jika menggunakan sistem pemasaran digital. Karena dalam sistem pemasaran  ini banyak channel yang bisa di pakai dari mulai bermain di media sosial hingga pembuatan  video konten marketing yang mencakup banyak  aspek  promosi di dalam video tersebut.

 Berdasarkan laporan yang di dapat dari Forrester untuk sistem pemasaran digital yang akan terjadi di dunia, Forrester memprediksi ada sekitar $146 miliar yang akan di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran digital bagi produk yang mereka miliki.  Dimana prediksi itu sendiri bisa jadi akan berkembang seiring pergerakan dan pertumbuhan ekonomi makro yang ada di masing-masing negara di dunia.Termasuk Indonesia misalnya dengan tingginya angka pertumbuhan ekonomi  yang ditaksir masih diatas 5% semakin dibutuhkan adanya strategi pemasaran digital yang lebih optimal di dalamnya.

 3 Hal Penting Dalam Menjalankan Strategi  Pemasaran  Digital  bagi Perusahaan


 

 Sebuah strategi apapun konsep dan implementasinya,  sudah pasti tidak bisa berjalan sendiri. Semuanya akan terintegrasi dengan komponen yang ada di dalamnya. Itulah sebabnya, pasti ada komponen pendukung yang bisa di optimalkan agar pemasaran model digital bisa menjadi satu strategi  pemasaran yang optimal.

 1.      1. Coba libatkan pengguna atau enduser dengan cara menggunakan konten yang berbasis video untuk strateginya.

Kenapa strategi ini di jalankan, karena saat ini orang sudah terbiasa melihat video dibandingkan dengan membaca. Sehigga bentuk promosi dengan menggunakan video menjadi satu konsep strategi pemasaran yang cukup efektif bagi perusahaan.

2.      2. Continuitas dalam melakukan promosi menggunakan media sosial termasuk video

Jika di mungkinkan atau setidaknya jika perusahaan memiliki anggaran, ada baiknya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan artis atau influencer dalam mempromosikan produk anda. Karena dengan cara seperti ini maka talent yang anda gunakan akan memberikan dampak positif bagi materi promosi yang akan di share oleh talent tersebut.

3.     3. Cobalah tetap menggunakan media email sebagai sarana untuk memperluas jangkauan target market yang diinginkan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan media email maka perusahaan akan bisa mengoptimalkan pengiriman email kepada siapa saja yang ingin di targetkan oleh perusahaan.  Dimana perusahaan tidak akan putus dalam melakukan promosi tersebut mengingat media email sangat efektif sebagai media untuk melakukan strategi promosi dalam jangka Panjang.

 Berdasarkan  beberapa kondisi diatas itulah, pada akhirnya kita menjadi tahu bahwa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran memang metode pemasaran digital saat ini dan kedepan menjadi salah satu strategi jitu. Selain efektif dan efisien, jelas strategi ini cukup efektif di era industry 4.0 menjelang berlakunya era Society 5.0.

 

 

Tidak ada komentar:

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...