Minggu, 01 Januari 2023

Bisnis Logistik & Perspektif Bisnis Ritel di Era Industrial 4.0 tahun 2023

 

Bicara soal bisnis ritel   baik itu modern ataupun tradisional, salah satu sector yang mampu mendukung penuh perkembangan bisnisnya adalah sector industri logistic. Karena tidak bisa di pungkiri, kesuksesan bisnis ritel juga berkat adanya dukungan penuh dari sector logistic sebagai salah satu kunci suksesnya.

 


Kita masih ingat kondisi pada saat terjadinya pandemic covid tahun 2019, dimana pada saat itu bisnis ritel modern justru mengalami penurunan yang cukup drastic.  Dimana ada beberapa kondisi yang menyebabkannya : (1) Adanya kebijakan PPKM  yang di terapkan oleh pemerintah sehingga kita di batasi dalam melakukan bepergian atau mengunjungi lokasi tertentu (2) Pusat perbelanjaan mengalami penurunan pengunjung dengan adanya kebijakan PPKM sehingga dengan kondisi tersebut terjadi penurunan  omzet yang cukup signifikan (3) Menurunnya minat berbelanja konsumen untuk barang-barang yang sifatnya konsumtif. Karena pada saat itu orang lebih banyak belanja untuk keperluan hal – hal  yang bisa menunjang Kesehatan diri dan keluarga.

 Sehingga berdasarkan kondisi itulah, kita bisa tahu dampak dari kinerja ritel modern mengalami penurunan yang cukup drastic. Terlebih pada saat  itu consumen lebih banyak memilih belanja dengan menggunakan aplikasi belanja online. Sehingga kondisi itu semakin memperburuk kondisi ritel modern.

 Pasar Modern Bangkit dan  Perspektif Kebangkitan Bisnis Ritel Modern ( Jakarta )

 

Meskipun kondisinya masih bersifat sectoral yaitu baru di Kawasan Jakarta saja, nyatanya perkembangan bisnis ritel modern mulai menunjukkan adanya perbaikan dari tahun tahun sebelumnya. Hal  itu bisa di tandai dengan mulai kembalinya konsumen berbelanja atau jalan – jalan di pusat perbelanjaan modern.  Ini makin menunjukkan bahwa kini kondisinya mulai berangsur pulih walau masih butuh waktu untuk mengembalikan kondisinya sama seperti masa sebelum covid.

 Ada beberapa hal yang mendasari kondisi  tersebut seperti yang kita lihat dari pergerakan pasar modern  yang ada di sekitar Jakarta. Berdasarkan data yang bisa kita himpun  di akhir tahun 2022 ada penambahan space untuk pasar modern yang ada di Jakarta. Meskipun bukan pusat perbelanjaan baru tetapi setidaknya sudah bisa memberikan satu angin segar bahwa bisnis pusat perbelanjaan modern mulai Kembali bergairah.

 Setidaknya ada dua Mall besar di Jakarta yang di akhir tahun 2022 menambah jumlah space komersialnya. Pertama adalah SEA Pusat Ritel Gaya Hidup  yang fokusnya pada penjualan produk fashion dan kecantikan,  Mall yang berlokasi di Golf Island Pantai Indah Kapuk berhasil menambah space seluas 2.000 m2 kemudian ada juga yang berhasil menambah jumlah space komersialnya sebesar 3.000 m2 yaitu Moiz  Trade Cente (MTC) yang berlokasi di Tanah Abang Jakarta Pusat.

 Selain kedua pusat belanja yang sudah memberikan kontribusinya bagi industry ritel di Indonesia.  Hingga akhir  tahun 2022 kita akan bisa mendapatkan Kembali tambahan space komersial yang berasal dari 3 lokasi pasar modern seperti : Chillax Sudirman di lokasi Sudirman Jakarta, kemudian ada Central Market PIK dan Retail @Damai Indah Golf yang berlokasi juga di Kawasan PIK ( Pantai Indah Kapuk ) Jakarta.

 Dengan adanya penambahan  2+3 space komersial di pusat perbelanjaan baru di   Jakarta akan makin meningkatkan performance bisnis ritel modern yang telah ada selama ini.  Hal itu semakin di perkuat dengan adanya penambahan  model ritel online yang di jalankan oleh beberapa pelaku bisnis retail.  Salah satu contoh perkembangan bisnis retail online adalah pengembangan atau penambahan outlet baru dari Blibli Store  dengan membuka 3 gerai yang baru di Central Park, Lippo Mall Puri dan Trans Studio (Jabodetabek).

 5 Komponen  Utama Bisnis Logistik Pendukung Sector Retail di Indonesia

 

Dengan semakin berkembangnya bisnis retail di Indonesia, sebenarnya akan membawa dampak positif  bagi perkembangan bisnis logistic. Karena apapun  model bisnis retailnya baik offline ataupun online sudah pasti mereka akan membutuhkan yang namanya jasa pengiriman produk baik ke dalam ataupun ke luar  negeri.

 Kondisinya memang sangat relevan, ketika bisnis retail online berkembang maka  pelaku bisnis jasa pengiriman mendapatkan  keuntungan  yang luar biasa. Tetapi sebaliknya ketika retail modern  bergerak Kembali memang jasa pengiriman online untuk produk ritel menurun. Tetapi kondisi sebaliknya adalah, jasa pengiriman barang atau industri logistic mendapatkan kesempatan untuk memperbesar potensi bisnis yang ada disektor bisnis retail.

 Dimana 5 komponen yang selalu ada untuk bisnis ritel di Indonesia baik skala besar, menengah atau pun  kecil dapat di jelaskan sebagai berikut :

 1.      1.Komponen   pertama sudah pasti jasa pengiriman ( transportasi).

Kenapa transportasi, karena semua pengiriman barang dari produsen ke distributor atau ke agen ritel sudah pasti menggunakan jasa transportasi.  Termasuk juga adalah pengiriman barang dari distributor ke agen agen pemasaran ( outlet ) yang ada di mal atau pusat perbelanjaan maka mereka menggunakan jasa pengiriman.

2.      2. Komponen kedua adalah masalah komunikasi antara  semua pihak.

Dengan adanya komunikasi maka semua hal akan bisa di jelaskan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

3.     3. Komponen ketiga adalah masalah pengawasan.

Masalah  pengawasan adalah salah satu cara untuk membuat semua hal yang berhubungan dengan jaringan distribusi bisa berjalan dengan baik dan lancar.

4.      4. Komponen keempat masalah persediaan barang / produk

Ketersediaan barang atau produk menjadi salah satu dasar kenapa pada akhirnya konsumen suka berbelanja di  pusat perbelanjaan modern. Selain karena mereka  bisa melihat lansgung produknya juga masalah ketersediaan bahan jadi satu hal yang utama.

5.      5. Komponen kelima adalah masalah penyimpanan barang.

Penyimpanan atau pergudangan  menjadi satu dalam pengelolaan bisnis ritel. Bukan  karena meteka butuh yang namanya penyimpanan atau Gudang, tetapi agar mereka bisa lebi mudah memberikan service terbaik kepada konsumennya.

 Itulah beberapa kondisi yang akan bisa memperkuat perkembangan  bisnis  retail baik offlai ataupun online yang akan bisa memberikan service yang maksimal untuk para consumen kita baik dengan  jujur dan benar.

 

 

Selasa, 27 Desember 2022

 UMKM saat ini menjadi salah satu sector bisnis yang bisa menjadi salah satu sector penting bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi makro yang ada di Indonesia. Di mana keberadaan pelaku bisnis UMKM itu sendiri pada akhirnya bisa di jadikan salah satu kunci sukses untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023.

 


Berdasarkan kondisi itulah,  maka pemerintah dalam  hal ini Kementerian terkait yang ada di Indonesia seperti Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan lainnya telah sejak beberapa waktu yang lalu concern dalam pengembangan bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Kenapa, karena sejak  berjangkitnya pandemic covid19  beberapa tahun lalu, salah satu sector bisnis yang  tahan terhadap kondisi tersebut adalah UMKM

 

Sehingga  atas dasar itulah, pemerintah pada akhirnya melihat bahwa potensi bisnis UMKM akan bisa menjadi salah satu kunci bagi perkembangan ekonomi dan bisnis  yang ada di Indonesia beberapa waktu yang lalu.  Setidaknya ada beberapa program yang di jalankan  oleh Kementerian terkait dalam rangka meningkatkan performance terbaik dari pergerakan ekonomi yng ada di Indonesia.

 Ada 2 Program Utama  Yang  DI Lakukan Pemerintah untuk Kemajuan Bisnis UMKM

 


Minimal dengan melihat dua hal yang telah di lakukan pemerintah  ini akan semakin menjadikan pelaku bisnis UMKM Indonesia semakin maju. Ada beberapa hal yang menjadi dasar kenapa pelaku bisnis UMKM sendiri semakin maju dan berkembang menjadi salah satu pelaku bisnis handal di Indonesia. Hanya memang apa yang sudah di lakukan oleh pemerintah harus di tindaklanjuti secara mandiri oleh pelaku bisnis.

 1.      Pemerintah berdasarkan data dan kondisi  yang ada akan melakukan pemetaan dan Analisa program pemberdayaan dari pelaku bisnis UMKM. Tujuan dari program ini adalah agar terjadi satu  sinkronisasi  program yang di lakukan  pemerintah kepada pelaku bisnis di Indonesia.

2.      Perlu adanya atau sesekali melakukan aktivitas pengkajian secara matang dengan melihat kondisi yang ada di beberapa negeri yang  sudah maju dalam mensinergikan  unsur harmonis dan sinkronisasi program yang ditujukan  kepada program  untuk pemberdayaan kepada pelaku  bisnis UMKM.

3.      Jangan lupa melakukan asesmen terhadap segala hal yang berhubungan dengan masalah asesmen program. Kenapa, karena agar terjadi satu kesinambungan  program dalam mendukung pertumbuhan bisnis ada UMKM.4.      Mencoba memberikan atau membagikan apa yang di sebut sebagai sebuah rekomendasi dari pelaku bisnis agar bisa di terapkan  untuk para pelaku  bisnis UMKM.

 Berdasarkan  kondisi yang ada, maka pada akhirnya pemerintah telah membuat 3 step atau 3 tahapan  program yang akan di jadikan acuan dalam 21 program pemberdayaan UMKM yang terbagi dalam beberapa tahapan.  Dimana ketiga program tersebut  dapat di jelaskan dengan penjabaran seperti berikut ini :

 

1.      Program Peningkatan Kapasitas Usaha Pembiayaan Ekosistem


 

Dalam program ini pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp 0,5 T dengan beragam program yang di kembangkan seperti :

·        Program  Inovasi Desa –  dengan mengutamakan Ekonomi Lokal

·        Program  Desa Wisata sebagai salah satu program di bidang  pariwisata

·        Program Sentra kewirausahaan yang di tujukan untuk para pemuda

·        Program yang bernama diversifikasi usaha untuk para  nelayan

·        Program yang bertujuan untuk menjadikan Tenaga kerja mandiri

·        Program pemberdayaan pelaku usaha yang ada di Indonesia

·        Program Pendidikan yang di tujukan bagi para wirausaha unggulan

·        Program yang bernama Industri rumahan

·        Program dengan mengatasnamakan UMKM Go Online

·        Program dengan model Export coaching untuk pelaku bisnis

2.      Program Pembiayaan untuk para UMKM

Program ini menganggarkan biaya sekitar Rp167, 3 triliun dengan beragam program seperti :

·        Program yang masuk dalam kredit usaha rakyat

·        Program  yang bernama Bantuan wirausaha pemula

·        Program  dengan nama UMI

·        Program yang bernama PNM Mekaar

·        Program yang bernama PNM Ulaam

·        Program  dengan menggunakan modal usaha kelautan

·        Program  untuk peningkatan keluarg sejahtera bagi para UMKM

·        Program yang bernama KUBE

3.      Program yang bernama Ekosistem

Dalam program yang ketiga ini akan memberikan atau menganggarkan nilai Rp 0,3 triliun dengan adanya 3 program utama :

·        Program yang bernama Pusat Layanan Unit Terpadu untuk para UMKM

·        Program  yang masuk dalam Pendaftaran Kekayaan Intelektual

·        Program yang termasuk dalam Penyusunan Laporan Keuangan UMKM

 

Kamis, 22 Desember 2022

Perspektif Bisnis Sektor Logistik di Tahun 2023 akan Tumbuh 10-20% (YoY),

 

 Sejak pandemic covid tahun 2019 kita melihat bahwa perkembangan bisnis logistic di Indonesia cukup menarik. Terbukti hingga memasuki tahun 2022 sektor logistic adalah salah satu sector bisnis yang cukup bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia. 

 




 

Berdasarkan data dan informasi yang bisa kita lihat dari perkembangan yang terjadi di industry logistic Indonesia. Maka ada beberapa sector bisnis atau industry yang berperan cukup penting untuk mendukung perkembangan bisnis logistic yang ada di Indonesia.  Sebut saja misalnya sector industry FMCG ( Fast Moving Consumer Goods), Otomotif, Chemical, Minning dan juga Ritel

 Sehingga berkat dukungan dan supporting dari beberapa sector itulah, maka kita bisa katakan bahwa sector logistic menjadi salah satu sector unggulan yang akan berjaya di tahun 2023.  Dimana keterkaitan dengan sector bisnis FMCG berkat adanya keterkaitan produk  tersebut dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia.

 Meningkatnya jumlah populasi yang ada di Indonesia dan saat  ini berada di level 275 juta jiwa. Pada akhirnya mengindikasikan bahwa dengan besarnya jumlah populasi yang ada di Indonesia maka bisa jadi salah satu trigger untuk peningkatan jumlah pendapatan dari sector logistic  yang ada di Indonesia. Ambil contoh misalnya pada saat pandemic covid berlangsung di Indonesia, dimana penduduk ingin membutuhkan sesuatu maka yang bergerak adalah industri logistic. Itulah yang pada akhirnya menjadi satu kondisi bahwa keberadaan sector industry FMCG adalah factor paling penting untuk perkembangan  bisnis logistic di Indonesia.

 

7 Hal Penting Bagi Perkembangan  Industri FMCG di Indonesia hingga tahun 2022

 


 

Pentingnya sector bisnis FMCG sebenarnya bisa di lihat dari beberapa komponen yang ada dalam bisnis logistic . Sehingga kita bisa memprediksi peluang bisnis yang ada dalam industry FMCG sejatinya di dukung  oleh sekitar 7 komponen bisnis yang ada dalam industry logistic Indonesia.

 1. Produk Kesehatan dan Kebersihan yang semakin di minati oleh warga.

2. Proses  bisnis  yang akan membuat adanya saluran migrasi dengan adanya penggunaan saluran digital.

3. Pembayaran yang di lakukan untuk produk FMCG bisa di lakukan dengan produk Qris. Sehingga memudahkan proses transaksi dalam bisnis FMCG.

4. Saat  ini sejak adanya pandemic covid, maka masyarakat lebih suka melakukan   belanja secara grosir sehingga lebih murah di banding secara eceran.

5. Hingga kini merek merek F&B local sudah bisa bersaing dengan merek luar yang awalnya banyak di sukai oleh masyarakat.

6. Masalah otentifikasi dan brand value yang cukup bagus untuk produk produk FMCG yang masuk di Indonesia baik produk local ataupun internasional.

7. Kedepan saham saham FMCG cukup menarik peningkatannya di lantai bursa karena banyak di minati oleh investor.

 Berdasarkan beberapa kondisi itulah, kita bisa katakan  bahwa saat ini produk FMCG  bisa menjadi salah satu sector  yang cukup penting  bagi perkembangan bisnis logistic yang ada di Indonesia. Ini akan terus berlanjut hingga masuk ke tahun 2023. Wajar jika pada akhirnya pada akhirnya di tahun 2023 sektor logistic akan menjadi salah satu sector yang cukup diandalkan untuk  mendukung perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan pendapatan dari PDB secara nasional.

 

  5 Sektor Yang Menjadi Pendukung   SektorLogistik di Indonesia 

 


 Selain bidang FMCG, saat ini dan kedepan sector logistic Indonesia juga di dukung oleh beberapa sector bisnis yang cukup handal.  Dimana beberapa sector tersebut dari mulai terjadinya pandemic covid 2019 hingga kini masih menunjukkan performance terbaiknya.   Ada sekitar 5 sektor bisnis yang mendukung sector logistic yang ada di Indonesia seperti misalnya : (1) Sektor bisnis Ekspor dan Import  (2) Sektor bisnis Chemical  (3) Sektor bisnis Mining (4) Sektor bisnis Otomotif dan (5) Sektor bisnis Ritel.

 Dengan adanya dukungan dari 5 sektor bisnis yang memiliki kapasitas bisnis yang cukup besar kita yakin bahwa di tahun 2023 sektor logistic tetap akan menunjukan performance positifnya. Dimana jika saat ini ada prediksi  sector logistic bisa meningkat sekitar 10-20% adalah sebuah kenyataan yang mungkin saja terjadi. Karena bagaimanapun juga ke-5 sektor tersebut adalah sector bisnis yang memang secara kapasitas bisnis cukup besar di Indonesia.

 Jadi bisa dipastikan, ketika di dunia tahun 2023 negara berada dalam kondisi waspada resesi, maka Indonesia jika bisa mempertahankan momentum ekonomi yang ada di tahun 2022 akan bisa tetap memberikan pertumbuhan ekonomi yang positif, Kesemua itu harus di dukung dengan adanya satu kesatuan integrasi yang bisa menjadikan kondisi ini sebuah ekosistem logistic nasional demi peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional yang di dukung dengan perkembangan yang cukup signifikan dari sector logistic secara nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...