Minggu, 19 Februari 2023

5 Tren Belanja Online Yang Akan Semakin Bersinar di tahun 2023

Bicara soal tren belanja yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang, maka ada 5 hal yang perlu menjadi perhatian para pelaku bisnis agar bisa menyiasati strategi bisnis yang akan di jalankan di tahun 2023. Di mana informasi tersebut penting untuk merancang strategi marketing yang akan di jalankan di tahun 2023, terutama jika strategi yang di jalankan menggunakan sistem belanja online.

 


 

Aktivitas bisnis yang di jalankan dengan menggunakan media online atau melibatkan teknologi yang ada di dalamnya. Memang kita lihat kedepan akan semakin menjadi satu hal yang tidak akan bisa dipisahkan. Tidak saja untuk perusahaan dalam skala micro, kecil dan menengah. Tetapi keterikatan akan penggunaan teknologi juga menjadi satu hal yang perlu menjadi pertimbangan tersendiri ketika perusahaan besar  mengembangkan strategi marketingnya.

 

Konsep pengembangan teknologi yang di dasarkan pada tren teknologi yang sedang berkembang saat ini.  Dimana dari Era Industri 4.0 menjadi Era Society 5.0, pada akhirnya memang keberadanan teknologi semakin sulit di pisahkan  dari kehidupan berbisnis yang ada di Indonesia. Itulah sebabnya, saat ini mau tidak mau dan sudah menjadi keharusan bagi semua pelaku bisnis agar mau dan harus  mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam semua hal yang berhubungan dengan aktivitas bisnis. 

 

 5 Tren Bisnis Belanja Online dan Perspektif Bisnis Belanja Online di tahun 2023

 

Nah ketika kita bicara soal belanja atau sistem belanja online, maka kita bisa memprediksi berdasarkan kondisi yang ada saat ini untuk bisa kita prediksikan bahwa model belanja online inilah yang akan menjadi dominan atau merajai   model belanja online yang ada di tahun 2023. Sehingga dari informasi ini akan memberikan satu perspektif baru bagi para pelaku bisnis agar bisa menjadikan strategi belanja online sebagai salah satu strategi bisnis di tahun 2023.

 Kita bisa melihat ada 5 jenis bisnis online yang saat ini sudah cukup bagus performancenya tetapi di prediksi di tahun 2023 akan semakin bagus dengan melihat kinerja bisnisnya yang ada hingga memasuki tahun 2022 :

 1.      Model bisnis Belanja Online melalui Media Sosial

Semakin banyaknya inovasi yang di lakukan oleh beberapa media sosial seperti Instagram (IG), Facebook ( FB) hingga Tiktok.  Pada akhirnya memang membuat pengguna semakin merasakan kemudahannya dalam berinteraksi dengan konsumen menggunakan media sosial tersebut. Seperti misalnya melakukan dengan adanya  Fitur Shop, maka pengguna media sosial bisa berinteraksi dagang dengan konsumen menggunakan fitur shop, ini jadi satu experience yang baru di tahun 2023.

2.      Model bisnis Belanja untuk produk Ramah Lingkungan

Beragam produk ramah lingkungan ditahun 2023 menjadi salah satu brand atau produk yang akan banyak di cari oleh konsumen. Hal itu  bisa di dasarkan pada beberapa ketentuan seperti : (a) Kebijakan untuk pengurangan atau mengurangi penggunaan plasti (b) Kebijakan  untuk lebih menggunakan produk yang Ecogreen atau Produk  Ramah Lingkungan,  jadi satu hal yang mendukung produk-produk Eco friendly untuk di kenal.

 3.      Model bisnis  dengan Menggunakan Live Shopping  untuk menarik Konsumen

Konsep atau cara berdagang seperti ini juga cukup efektif, karena konsepnya adalah seperti seorang Sales sedang menjelaskan produk yang di jualnya. Dengan tetap mengedepankan untuk interaksi, maka konsumen juga akan  tetap  bisa berkomunikasi melalui chat dengan  penjual yang berjualan dengan sistem  online.

4.      Model bisnis yang menggunakan Chat Boot untuk mengantisipasi over permintaan

Kenapa dengan menggunakan chat boot, karena dengan teknologi  ini konsumen akan bertanya kapan dan dimanapun tidak harus melihat waktu dan kondisinya yang sedang dimana itu kelebihannya.

5.      Model bisnis yang karena terjadinya Resesi Global maka pelaku bisnis perlu melakukan Inovasi produk atau Layanan bisnis.

Kondisi seperti memang harus terus di antisipasi, sehingga strategi inovasi produk menjadi salah satu Langkah untuk mengamankan produk yang sudah di kenal oleh public. Dengan cara seperti itu maka service atau layanan perusahaan semakin lengkap.

 Itulah beberapa strategi yang perlu menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis. Dengan melihat tren  yang akan terjadi di tahun 2023 maka sudah bisa di simpulkan bahwa untuk mengakomodir semua hal yang terkait dengan strategi promosi dan penjualan maka sudah seharusnya kita sebagai pelaku bisnis harus bisa mengantisipasi apa yang akan  terjadi. Sehingga pada akhirnya strategi yang di jalankan benar-benar sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di tahun 2023.

 35 Jenis Produk Yang Paling Laris di tahun 2022 Berdasarkan Jualan Online


 

 Berdasarkan beberapa data dan informasi yang tersedia, pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa di tahun 2022 ada sekitar 33 jenis produk yang paling laris atau  paling di cari oleh konsumen. Di mana ke-33 jenis produk tersebut kemungkinan di tahun 2023 masih juga mendominasi tren penjualan produk online yang ada di tahun 2023.

 Sehingga dari ke-33 jenis produk inilah yang sebaiknya perlu menjadi perhatian bagi kita yang saat ini sebagai pelaku bisnis dan sedang merencanakan sebuah strategi bisnis terkait penjualan produk yang anda pasarkan.  Karena sebuah strategi bisnis  memang harus di dasarkan pada beberapa komponen yang ada. Itulah kenapa, dengan kita mengetahui ke-33 jenis produk yang banyak di cari pada penjualan online dapat menjadi acuan bagi pelaku bisnis untuk merencanakan strategi bisnisnya di tahun 2023.

 1.      Jenis produk dengan katagori Fashion Wanita dan Pria

2.      Jenis produk dengan katagori Pakaian Anak

3.      Jenis produk dengan katagori Assesories fashion

4.      Jenis produk dengan katagori Tas wanita dan dompet

5.      Jenis produk dengan katagori Sepatu

6.      Jenis produk dengan katagori Kacamata dan softlens

7.      Jenis produk dengan katagori Perlengkapan Bayi

8.      Jenis produk dengan katagori Produk kecantikan

9.      Jenis produk dengan katagori Parfum

10.  Jenis produk dengan katagori Busana muslim

11.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan ibadah

12.  Jenis produk dengan katagori Makan dan kuliner

13.  Jenis produk dengan katagori Alat masak dan dapur

14.  Jenis produk dengan katagori Gadget

15.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan handphone

16.  Jenis produk dengan katagori Alat vlogging photografi

17.  Jenis produk dengan katagori IOT dan Smart home

18.  Jenis produk dengan katagori Peralatan olahraga

19.  Jenis produk dengan katagori Alat elekronik rumah

20.  Jenis produk dengan katagori Peralatan  Rumah Tangga

21.  Jenis produk dengan katagori Peralatan portable

22.  Jenis produk dengan katagori Wewangian rumah

23.  Jenis produk dengan katagori Peralatan Kesehatan

24.  Jenis produk dengan katagori Alat Tulis kantor

25.  Jenis produk dengan katagori Merchandise Kpop

26.  Jenis produk dengan katagori Mainan dan action figure

27.  Jenis produk dengan katagori Voucher games dan langganan

28.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan petshop

29.  Jenis produk dengan katagori Peralatan Aquascape

30.  Jenis produk dengan katagori Tanaman hias

31.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan camping

32.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan kado

33.  Jenis produk dengan katagori Hampers and seserahan

34.  Jenis produk dengan katagori Kebutuhan sehari- hari

35.  Jenis produk dengan katagori Peralatan packing

Kamis, 09 Februari 2023

8 Konsep Pengembangan Bisnis Logistik dalam Perspektif Pelaku Bisnis-nya

 

Sebuah bisnis di jalankan memang bukan tanpa alasan, tetapi karena bisnis tersebut bisa memberikan banyak kontribusi positif. Tidak saja kepada industri yang bersangkutan, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

 

 


 

Konsep itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu dasar kenapa pada akhirnya sebuah bisnis bisa berkembang lebih cepat atau lebih lambat dari kondisi ekonomi makro sebuah negara. Itulah yang terjadi pada bisnis yang berhubungan dengan sector bisnis logistic di Indonesia  tahun 2023.  Karena sejak berkembangnya industri logistic yang ada di tahun 2019/2020 yaitu pada saat terjadinya pandemic covid, maka hingga kini sector industri logistic menjadi salah satu bisnis yang layak menjadi sebuah potensial bisnis yang menarik untuk di kembangkan.

 

Memang kita semua tahu bahwa bisnis logistic adalah sebuah bisnis yang memiliki banyak hubungan dengan sector bisnis lainnya. Dimana bisa dikatakan yang namanya bisnis logistic hampir di pastikan menyangkut sector bisnis apapun. Sehingga seperti apapun kondisinya yang namanya bisnis logistic akan bisa memberikan kontribusi positif bagi kondisi bisnis yang ada di Indonesia.  Dimana beberapa hal yang bisa  menjadi point penting bagi perkembangan sebuah bisnis yang berhubungan dengan sector industri adalah :

 

1.      Sektor industri logistic adalah salah satu kunci sukses atau media penunjang  perkembangan bisnis retail. Dimana hal itu sudah di buktikan dengan makin berkembangnya bisnis retail modern dan tradisional pada saat pandemic covid pada tahun 2019/2020.

2.      Sektor  industri logistic menjadi salah satu factor penunjang berkembangnya sector bisnis seperti property. Karena salah satu sector yang ada pada bisnis property adalah pergudangan, sehingga pada saat bisnis e-commerce meningkat maka permintaan akan ketersediaan Gudang cukup meningkat.

3.      Sector industri logistic menjadi salah satu sector penting untuk menunjang bisnis FMCG (fash moving consumer good). Sehingga keberadaan produk ini akan bisa berkembang cukup baik jika keberadaan bisnis logistic cukup baik melayani bisnis FMCG.

4.      Sektor industri logistic bisa menjadi salah satu sector bisnis yang menyediakan sebuah kondisi yang sering di namakan sebagai Ekosistem. Dimana dalam sebuah ekosistem bisnisnya akan melibatkan banyak pelaku bisnis seperti : perusahaan jasa forwarding, pergudangan, transportasi dan lainnya.

 

Nah dari beberapa hal yang telah di jelaskan diatas, dengan melihat kondisi yang akan terjadi di tahun 2023, dimana banyak prediksi  yang mengatakan bahwa tahun 2023 akan menjadi masa resesi global. Sehingga agar tidak terjadi berbagai  hal yang kurang diinginkan maka ALI ( Asosiasi Logistik Indonesia ) memberikan beberapa masukan tidak saja kepada pemerintah terkait tetapi juga kepada pelaku dalam industri logistic di Indonesia.

 

8 Concern ALI dalam Perspektif Kemandirian Industri Logistik di Indonesia

 

Bisnis memang tidak akan bisa lepas 100 persen dari adanya peran serta pemerintah. Baik secara langsung ataupun tidak langsung,  sehingga berdasarkan kondisi inilah maka ALI telah memberikan 8 rekomendasi yang pada akhirnya akan bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis logistic di Indonesia.

 


 

 

1.      Sektor bisnis logistic masih memungkinkan untuk berkembang, karena adanya sistem yang bernama  Global Supply  Chain yang akan menjadikan bisnis logistic menjadi lebih maju dan berkembang nantinya.

2.      Sektor bisnis logistic kedepan akan bisa lebih berkembang jika pada akhirnya pemerintah sebagai salah satu penentu kebijakan memang ingin mengaktifkan yang namanya kebijakan hilisasi dalam sector industri logistic.  Karena dengan adanya kondisi seperti  itu akan bisa memberikan value-added products and service.

3.      Sector bisnis logistic juga akan bisa berkembang jika pada akhirnya pemerintah juga concern dalam hal yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan berkaitan dengan yang namanya Konversi Angkutan Logistik berbasis BBM Fosil.

4.      Sector bisnis logistic erat kaitannya dengan pengembangan  sector UMKM. Dimana dalam kondisi itu peran aktif pemerintah untuk mendukung UMKM adalah dengan pengetahuan proses pengiriman, packaging, ekspor dan impor, penataan Gudang, serta pemanfaatan teknologi  yang berdampak pada pengembangan  SDM dst).

5.      Sector bisnis logistic nasional akan bisa berkembang dengan melakukan beberapa hal seperti misalnya dalam kaitan global supply chain maka  Indonesia perlu mengembangkan sistem standarisasi baik barang dan service. Sehingga bisnis logistic Indonesia bisa di terima dengan baik di semua negara dengan standar yang  jelas.

6.      Sector logistic nasional perkembangannya akan di tentukan juga oleh besar kecilnya tingkat inflasi yang ada di Indonesia. Sehingga perlu adanya perhatian yang penuh dari pemerintah terkait bagaimana menstabilkan tingkat inflasi yang ada di Indonesia.

7.      Sector logistic akan bisa menjadi salah satu sector bisnis yang utama karena sector ini akan sangat di dukung dengan keberadaan  SDM yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap sector bisnisnya. Dengan kondisi seperti ini maka di harapkan semua  komponen bisnis logistic yang ada di Indonesia baik di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan semua lokasi yang ada di Indonesia memiliki standar SDM yang hampir merata. Dengan kondisi seperti itu maka pengembangan bisnis logistic akan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

8.      Sektor  logistic terkait juga dengan yang namanya pergudangan atau Kawasan pergudangan yang biasanya terdapat dalam sebuah Kawasan industri. Kedepan industri logistic Indonesia bisa berperan cukup besar dalam pengembangan Kawasan Industri Halal yang ada di Indonesia dengan implementasi konsep logistic halal  yang ada di dalamnya.

 

Itulah beberapa hal yang menurut Asosiasi LOgistik Indonesia menjadi beberapa catatan yang perlu mendapatkan perhatian tidak saja oleh pemerintah tetapi juga oleh pelaku bisnisnya sendiri.  Dengan kondisi seperti itu memang pada akhirnya keberadaan pelaku bisnisnya sendiri harus bisa memberikan kontribusi positif agar tercipta satu symbiosis mutualisme yang artinya ekosistem logistic nasional bisa berjalan sesuai dengan pesatnya perkembangan industri logistic yang ada di Indonesia tahun 2023.

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...