Senin, 27 Februari 2023

5 Program Kementrian Keuangan dalam Mendukung Peningkatan Bisnis UMKM

 Kolaborasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan performance bisnis dengan cara yang baik dan benar. Konsep itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu terbaik bagi pemerintah dalam melakukan dukungan kepada UMKM yang ada di Indonesia dengan melihat besarnya potensi yang ada di bisnis UMKM.

 



Konsep kolaborasi itu sendiri memang tidak secara langsung tercantum dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) yang ada di Nomor: 396/KMK.01/2022 yang menyangkut soal Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementerian Keuangan. Sehingga berdasarkan ketetapan itulah, satuan kerja yang ada di kementerian keuangan akan bisa menggunakan kebijakan tersebut dalam usahanya untuk melakukan pembinaan dan pendampingan bagi para UMKM yang ada di Indonesia.

 Berdasarkan kondisi itulah maka  pemerintah berdasarkan kondisi yang ada pada sisi penentu kebijakan melakukan beberapa  penyesuaian yang di harapkan bisa memberikan kontribusi positif  bagi perkembangan  UMKM yang ada di Indonesia. Karena kita semua tahu bahwa konribusi UMKM yang  diberikan kepad aekonomi Indonesia cukup signifikan. Hal  itu bisa terlihat dari beberapa waktu lalu pada saat kondisi Indonesia sedang dilanda covid maka pelaku bisnis UMKM adalah salah satu pelaku bisnis yang banyak memberikan dukungan untuk ekonomi Indonesia pada saat itu.

 Program Kolaborasi Bisnis Pemerintah ( Kementerian Keuangan  ) dengan UMKM

 


 

Kementerian Keuangan, sebagai salah satu Lembaga yang concern dalam pengembangan bisnis UMKM yang ada di Indonesia merasa perlu untuk memajukan bisnis dari para UMKM agar bisa lebih meningkat.  Dimana dalam kondisi seperti itu saat ini ada 5 program yang akan di jalankan oleh Kementerian Keuangan dalam rangka memajukan  bisnis UMKM : 

 

 A.     Program yang berhubungan dengan Aspek Pembiayaan bagi  UMKM

Kita semua tahu bahwa salah satu factor yang  menghambat perkembangan dan pengembangan bisnis UMKM adalah factor modal / pembiayaan. Oleh karena itu dengan adanya program ini di harapkan  para pelaku bisnis UMKM tidak lagi mengalami kendala dalam usahanya meningkatkan performance bisnisnya dengan adanya kemudahan aspek pembiayaan dari pemerintah.

 

B.     Program yang berhubungan dengan Fasilitas Fiskl bagi  para UMKM

Dengan adanya program  ini maka  UMKM di arahkan untuk bisa menjadi pelaku bisnis yang paham akan sistem dan prosedur yang berhubungan dengan masalah pelaporan pajak, hingga pemahaman yang benar terkait masalah kepabean yang berhubungan dengan pengiriman produk untuk ekspor bagi UMKM.

 

C.      Program yang berhubungan dengan Strategi Pemasaran untuk para UMKM

Bagi para UMKM yang ingin mengembangkan  pemasaran dan pengembangan marketnya tidak hanya di dalam tetapi juga di luar negeri. Maka para UMKM bisa menggunakan beberapa website berikut yang di yakini bisa memberikan  tambahan pemahaman  bagi para UMKM dalam meningkatkan bisnisnya : (a) UMKM bisa bergabung dengan apa yang di namakan ekosistem  DigiPay  ( yaitu sebuah sistem yang biasanya di pakai dalam pengadaan barang / jasa yang ada di lingkup pemerintahan ) (UMKM bisa ikut atau masuk dalam situs yang bernama Lelang.go.id yang bertujuan untuk  membantu dalam penjualan produk – produk UMKM agar bisa lebih eksis tidak saja di dalam negeri tetapi juga di luar negeri ).

 

D.     Program yang berhubungan dengan Pelatihan dan Pendampingan  bagi UMKM

Program ini sengaja di buat oleh pemerintah dalam mendukung peningkatan skill dan manajerial para UMKM. Dimana  beberapa model pelatihan dan pendampingan yang di berikan oleh  UMKM adalah : Pelatihan  ekspor yang akan bisa mendukung aktivitas ekspor sehingga mereka bisa menjadi  UMKM Go Internasional dan  Pelatihan serta pendampingan lain yang akan bisa meningkatkan skill dan kompetensi dari UMKM yang bersangkutan.

 

E.      Program peningkatan Kerjasama serta kolaborasi bisnis lainnya dengan Divisi dalam  Kementerian yang memang memiliki concern terhadap para UMKM.

Dalam konteks ini maka para pelaku UMKM akan bisa melakukan kegiatan bisnis seperti event/ pameran UMKM , bidang lainnnya yang ada di bawah koordinasi Kementerian Keuangan sehingga dengan adanya dukungan tersebut sehingga bisnis UMKM bisa lebih berkembang tidak saja di skala pemasaran regional  tetapi juga nasional.

 Memang yang namanya kolaborasi, saat ini menjadi salah satu strategi bisnis yang bisa di lakukan oleh pelaku bisnis. Tidak saja pelaku bisnis kelas corporate tetapi kelas UMKM pun saat ini harus secara aktif melakukan kolaborasi, sehingga di harapkan dengan adanya kolaborasi  tersebut akan bisa menjadikan bisnis para UMKM bisa jadi lebih berkembang.

 Keuntungan Bagi UMKM Jika Mengembangkan Strategi Kolaborasi Bisnis

 


Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan oleh para UMKM agar bisa menjadikan bisnisnya lebih berkembang,  Dimana beberapa keuntungan secara langsung yang bisa di dapatkan  oleh UMKM dengan kolaborasi adalah :

 A.     UMKM akan bisa melakukan pengembangan jaringan dengan  melakukan kolaborasi dengan banyak pihak. Tidak saja dengan  Kementerian Keuangan dan divisi yang ada di bawahnya tetapi juga dengan  kementerian lainnya.

B.     UMKM akan bisa mendapatkan peluang yang cukup luas, karena kolaborasi akan bisa mendatangkan keuntungan yang berhubungan dengan peluang bisnis dari  UMKM yang bersangkutan.

C.      UMKM akan bisa mendapatkan mitra bisnis ketika dirasa manfaat dan bisa bekerjasama dalam satu kondisi bisnis. Karena yang namanya mitra bisnis adalah sebuah Kerjasama  yang bersifat win win solution.

D.     UMKM dengan adanya kolaborasi bisnis maka akan semakin terbuka kesempatan untuk dirinya melakukan pengembangan  produk atau melakukan variasi produk. Karena bisa jadi dengan banyaknya kolaborasi akan bisa meningkatkan performance dari bisnis yang di jalankan oleh UMKM yang bersangkutan.

E.      Yang pasti dengan adanya kolaborasi sudah pasti banyak keuntungan yang akan di dapatkan di bandingkan dengan kerugiannya, sehingga tidak salah memang jika pada akhirnya Kementerian Keuangan berusaha untuk melakukan kolaborasi dengan  para pebisnis UMKM yang memang mereka mampu memberikan kontribusi positif bagi program  yang di jalankan oleh Kementerian Keuangan.

 

 

 

 

Minggu, 19 Februari 2023

5 Tren Belanja Online Yang Akan Semakin Bersinar di tahun 2023

Bicara soal tren belanja yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang, maka ada 5 hal yang perlu menjadi perhatian para pelaku bisnis agar bisa menyiasati strategi bisnis yang akan di jalankan di tahun 2023. Di mana informasi tersebut penting untuk merancang strategi marketing yang akan di jalankan di tahun 2023, terutama jika strategi yang di jalankan menggunakan sistem belanja online.

 


 

Aktivitas bisnis yang di jalankan dengan menggunakan media online atau melibatkan teknologi yang ada di dalamnya. Memang kita lihat kedepan akan semakin menjadi satu hal yang tidak akan bisa dipisahkan. Tidak saja untuk perusahaan dalam skala micro, kecil dan menengah. Tetapi keterikatan akan penggunaan teknologi juga menjadi satu hal yang perlu menjadi pertimbangan tersendiri ketika perusahaan besar  mengembangkan strategi marketingnya.

 

Konsep pengembangan teknologi yang di dasarkan pada tren teknologi yang sedang berkembang saat ini.  Dimana dari Era Industri 4.0 menjadi Era Society 5.0, pada akhirnya memang keberadanan teknologi semakin sulit di pisahkan  dari kehidupan berbisnis yang ada di Indonesia. Itulah sebabnya, saat ini mau tidak mau dan sudah menjadi keharusan bagi semua pelaku bisnis agar mau dan harus  mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam semua hal yang berhubungan dengan aktivitas bisnis. 

 

 5 Tren Bisnis Belanja Online dan Perspektif Bisnis Belanja Online di tahun 2023

 

Nah ketika kita bicara soal belanja atau sistem belanja online, maka kita bisa memprediksi berdasarkan kondisi yang ada saat ini untuk bisa kita prediksikan bahwa model belanja online inilah yang akan menjadi dominan atau merajai   model belanja online yang ada di tahun 2023. Sehingga dari informasi ini akan memberikan satu perspektif baru bagi para pelaku bisnis agar bisa menjadikan strategi belanja online sebagai salah satu strategi bisnis di tahun 2023.

 Kita bisa melihat ada 5 jenis bisnis online yang saat ini sudah cukup bagus performancenya tetapi di prediksi di tahun 2023 akan semakin bagus dengan melihat kinerja bisnisnya yang ada hingga memasuki tahun 2022 :

 1.      Model bisnis Belanja Online melalui Media Sosial

Semakin banyaknya inovasi yang di lakukan oleh beberapa media sosial seperti Instagram (IG), Facebook ( FB) hingga Tiktok.  Pada akhirnya memang membuat pengguna semakin merasakan kemudahannya dalam berinteraksi dengan konsumen menggunakan media sosial tersebut. Seperti misalnya melakukan dengan adanya  Fitur Shop, maka pengguna media sosial bisa berinteraksi dagang dengan konsumen menggunakan fitur shop, ini jadi satu experience yang baru di tahun 2023.

2.      Model bisnis Belanja untuk produk Ramah Lingkungan

Beragam produk ramah lingkungan ditahun 2023 menjadi salah satu brand atau produk yang akan banyak di cari oleh konsumen. Hal itu  bisa di dasarkan pada beberapa ketentuan seperti : (a) Kebijakan untuk pengurangan atau mengurangi penggunaan plasti (b) Kebijakan  untuk lebih menggunakan produk yang Ecogreen atau Produk  Ramah Lingkungan,  jadi satu hal yang mendukung produk-produk Eco friendly untuk di kenal.

 3.      Model bisnis  dengan Menggunakan Live Shopping  untuk menarik Konsumen

Konsep atau cara berdagang seperti ini juga cukup efektif, karena konsepnya adalah seperti seorang Sales sedang menjelaskan produk yang di jualnya. Dengan tetap mengedepankan untuk interaksi, maka konsumen juga akan  tetap  bisa berkomunikasi melalui chat dengan  penjual yang berjualan dengan sistem  online.

4.      Model bisnis yang menggunakan Chat Boot untuk mengantisipasi over permintaan

Kenapa dengan menggunakan chat boot, karena dengan teknologi  ini konsumen akan bertanya kapan dan dimanapun tidak harus melihat waktu dan kondisinya yang sedang dimana itu kelebihannya.

5.      Model bisnis yang karena terjadinya Resesi Global maka pelaku bisnis perlu melakukan Inovasi produk atau Layanan bisnis.

Kondisi seperti memang harus terus di antisipasi, sehingga strategi inovasi produk menjadi salah satu Langkah untuk mengamankan produk yang sudah di kenal oleh public. Dengan cara seperti itu maka service atau layanan perusahaan semakin lengkap.

 Itulah beberapa strategi yang perlu menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis. Dengan melihat tren  yang akan terjadi di tahun 2023 maka sudah bisa di simpulkan bahwa untuk mengakomodir semua hal yang terkait dengan strategi promosi dan penjualan maka sudah seharusnya kita sebagai pelaku bisnis harus bisa mengantisipasi apa yang akan  terjadi. Sehingga pada akhirnya strategi yang di jalankan benar-benar sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di tahun 2023.

 35 Jenis Produk Yang Paling Laris di tahun 2022 Berdasarkan Jualan Online


 

 Berdasarkan beberapa data dan informasi yang tersedia, pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa di tahun 2022 ada sekitar 33 jenis produk yang paling laris atau  paling di cari oleh konsumen. Di mana ke-33 jenis produk tersebut kemungkinan di tahun 2023 masih juga mendominasi tren penjualan produk online yang ada di tahun 2023.

 Sehingga dari ke-33 jenis produk inilah yang sebaiknya perlu menjadi perhatian bagi kita yang saat ini sebagai pelaku bisnis dan sedang merencanakan sebuah strategi bisnis terkait penjualan produk yang anda pasarkan.  Karena sebuah strategi bisnis  memang harus di dasarkan pada beberapa komponen yang ada. Itulah kenapa, dengan kita mengetahui ke-33 jenis produk yang banyak di cari pada penjualan online dapat menjadi acuan bagi pelaku bisnis untuk merencanakan strategi bisnisnya di tahun 2023.

 1.      Jenis produk dengan katagori Fashion Wanita dan Pria

2.      Jenis produk dengan katagori Pakaian Anak

3.      Jenis produk dengan katagori Assesories fashion

4.      Jenis produk dengan katagori Tas wanita dan dompet

5.      Jenis produk dengan katagori Sepatu

6.      Jenis produk dengan katagori Kacamata dan softlens

7.      Jenis produk dengan katagori Perlengkapan Bayi

8.      Jenis produk dengan katagori Produk kecantikan

9.      Jenis produk dengan katagori Parfum

10.  Jenis produk dengan katagori Busana muslim

11.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan ibadah

12.  Jenis produk dengan katagori Makan dan kuliner

13.  Jenis produk dengan katagori Alat masak dan dapur

14.  Jenis produk dengan katagori Gadget

15.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan handphone

16.  Jenis produk dengan katagori Alat vlogging photografi

17.  Jenis produk dengan katagori IOT dan Smart home

18.  Jenis produk dengan katagori Peralatan olahraga

19.  Jenis produk dengan katagori Alat elekronik rumah

20.  Jenis produk dengan katagori Peralatan  Rumah Tangga

21.  Jenis produk dengan katagori Peralatan portable

22.  Jenis produk dengan katagori Wewangian rumah

23.  Jenis produk dengan katagori Peralatan Kesehatan

24.  Jenis produk dengan katagori Alat Tulis kantor

25.  Jenis produk dengan katagori Merchandise Kpop

26.  Jenis produk dengan katagori Mainan dan action figure

27.  Jenis produk dengan katagori Voucher games dan langganan

28.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan petshop

29.  Jenis produk dengan katagori Peralatan Aquascape

30.  Jenis produk dengan katagori Tanaman hias

31.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan camping

32.  Jenis produk dengan katagori Perlengkapan kado

33.  Jenis produk dengan katagori Hampers and seserahan

34.  Jenis produk dengan katagori Kebutuhan sehari- hari

35.  Jenis produk dengan katagori Peralatan packing

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...