Senin, 17 April 2023

4 Kebijakan System Ekspor Indonesia, Guna Mendukung Performance Ekspor Indonesia

Saat ini bisa di katakan Ketika ekonomi sudah mulai membaik setelah pandemi covid melanda dunia. Maka satu hal yang bisa menjadi concern Indonesia dan negara lainnya adalah meningkatkan potensi ekspor. Karena dengan tingginya nilai ekspor akan semakin memperkuat kondisi ekonomi sebuah negara.

 


 

Berdasarkan kondisi itulah, maka saat  ini Indonesia juga mulai menggencarkan peluang ekspor untuk semua pelaku bisnis di Indonesia. Bukan karena momentum ini harus di jalankan, juga karena saat ini adalah saat  yang tepat untuk semua pihak melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan potensi ekspor yang ada di Indonesia. Sehingga Ketika  kemampuan ekspor semakin meningkat maka kemampuan Indonesia untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan bisa di tingkatkan.

 Oleh karena itulah, hingga pada akhirnya Pemerintah selaku pemegang regulasi ekspor melakukan beberapa pendekatan. Salah satunya adalah untuk membangkitkan semangat ekspor  pelaku bisnis agar bisa  meningkatkan ekspor ke semua negara yang bisa menjadi tujuan ekspornya.    Dengan demikian maka bisa di pastikan bahwa kedepan   Indonesia akan menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.

 Hal itu bisa saja terjadi mengingat potensi produk ekspor Indonesia yang setiap tahunnya meningkat dengan beragam jenis dan variasi produk ekspor.  Sehingga di harapkan dengan adanya peningkatan ekspor dari beberapa produk itulah Indonesia bisa semakin menguasai pasar ekspor dunia.Terlebih dengan adanya dukungan dari perusahaan jasa pengiriman ekspor juga :

 

10 Produk Utama Indonesia  Yang Mampu Bersaing di Pasar Global

 


Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah. Sudah barang tentu ini akan menjadi salah satu potensi bagus dalam pengembangan produk ekspor yang semakin membaik  dimana depan. Setidaknya dari beberapa jenis produk  yang saat ini menjadi  produk unggulan ekspor kita bisa lihat bahwa memang Indonesia punya kemampuan kearah sana.

 Produk Perikanan Indonesia  yaitu Produk Udang

Udang menjadi salah satu komoditi ekspor yang cukup banyak peminatnya di luar negeri, sehingga banyak negara yang concern dan berminat terhadap produk unggulan ekspor dari Indonesia yaitu Udang.

Produk Perkebunan Indonesia yaitu Produk Kopi

Menariknya produk unggulan ekspor Indonesia adalah produk kopi. Hal itu sesuai dengan cita rasa produk kopi yang ada di Indonesia. Sehingga tidak salah jika hingga saat ini banyak negara yang tertarik dengan produk kopi Indonesia.

Produk Perkebunan Indonesia yang masuk dalam produk unggulan dunia

Ada sekitar 3 produk unggulan ekspor Indonesia yang saat ini cukup banyak di minati karena potensi produksi produk tersebut yang ada di Indonesia seperti misalnya : Produk Perkebunan Karet, Kelapa Sawit dan Kakao ( Coklat )

Produk lain yang menjadi produk  unggulan adalah Produk TPT

Produk ini juga menjadi salah satu produk unggulan ekspor karena dunia tahu kualitas dari produk TPT Indonesia.

Produk unggulan lain adalah Produk Alas Kaki.

Dimana  untuk  produk yang satu ini jelas karena adanya budaya Timur yang mempengaruhi kondisi orang  hingga pada akhirnya menggunakan alas kaki. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, membuat  produk alas kaki menjadi sebuah produk unggulan Indonesia.

 Produk  ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Elektronik

Terkait dengan keberadaan produk elektronika, memang  ini juga sebuah  pencapaian

 yang sempat berkembang hingga saat ini. Sekalipun ada negara  Asia lain seperti Cina, Jepang dan lainnya  yang juga sebagai produsen produk elektronik, tetapi Indonesia saat  ini juga dianggap sebagai salah satu produsen elektronik yang telah berkembang.

Produk ekspor yang berasal dari Industri yaitu Produk Kendaraan bermotor

Dimana beberapa negara tujuan ekspor yang sudah di jadikan acuan ekspor kendaraan    

Produk unggulan lainnya yang masuk dalam 10 besar adalah Furniture

Dunia tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal dengan kualitas produknya sehingga banyak negara di dunia  yang menjadi negara tujuan ekspor untuk produk furniture.

 

 4 Kebijakan Penunjang Perkembangan Ekspor Indonesia

 Guna menunjang dan meningkatkan performance bisnis dan ekspor Indonesia itulah, hingga pada akhirnya Indonesia melalui kementerian terkait melakukan beberapa terobosan. Dimana beberapa terobosan yang  bisa menjadikan ekspor  Indonesia meningkat adalah adanya kebijakan ekspor.

 Kita bisa tahu ada sekitar 4 kebijakan ekspor yang  bisa meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia di masa kini dan mendatang.  Dimana beberapa kebijakan tersebut sudah mulai di jalankan dengan deskripsinya seperti berikut :

 Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 

Itulah ke-4 kebijakan yang saat  ini sedang di jalankan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka  untuk meningkatkan performance aktivitas ekspor yang ada di Indonesia ke beberapa negara tujuan ekspor.  Dimana terkait untuk terjadinya ecosystem yang ada di industri logistic, saat ini Abang Express sebagai salah satu pelaku bisnis logistic yang berorientasi ekspor. Dimana salah satu visi dan misinya adalah untuk membantu meningkatkan performance ekspor dari pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

Minggu, 16 April 2023

Potensi UMKM sebagai Trigger Bagi Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional

Secara bisnis kita  ketahui bahwa salah satu kunci peningkatan ekonomi nasional adalah di dukung  oleh kontribusi pelaku bisnis UMKM. Sehingga wajar jika kita katakana bahwa pebisnis UMKM adalah salah satu pelaku bisnis  yang tahan terhadap krisis. Salah satunya dapat  kita lihat bahwa sejak berjangkitnya pandemic covid  pelaku bisnis UMKM masih bisa berkontribusi positif  bagi ekonomi  Indonesia.

 

 Ada beberapa  hal yang mendasari kenapa pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa peran pelaku bisnis UMKM mampu menjadi trigger bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia. Setidaknya ada beberapa kondisi yang bisa memperkuat statemen diatas terkait besarnya potensi bisnis yang bisa di jalankan oleh para UMKM bagi bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia :

1.      Secara spesifik  kita bisa jelaskan sesuai data yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, bahwa saat  ini jumlah pelaku bisnis UMKM ada sekitar 64,19 juta pelaku bisnis.  Dimana kontribusi yang bisa diberikan kepada negara yaitu perekonomian Indonesia khususnya terhadap PDB ( Produk Domestik Bruto) adalah sebesar 61,97% yang jika di akumulasikan dalam nilai rupiah menjadi Rp8.573,89 triliun. 

2.      Hingga  memasuki tahun 2022 jumlah pelaku bisnis UMKM yang sudah masuk dalam Ekosistem Digital  mencapai 19 juta pelaku bisnis yang di sampaikan  oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Sekalipun target yang diharapkan oleh pemerintah masih cukup jauh yaitu mencapai 30 juta pelaku UMKM hingga  tahun 2024. Namun dengan adanya 19 juta pelaku UMKM artinya mereka sudah mulai care dan peduli terhadap perlunya mereka menggunakan teknologi untuk pengembangan bisnis mereka.

3.      Artinya dari total pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia sudah sekitar 30,4 persen yang sudah masuk dalam platform  e-commerce. Sehingga dengan kondisi seperti ini jika semua pelaku UMKM tersebut masuk dan menggunakan media tersebut untuk menunjang bisnis mereka maka kita sudah bisa tentukan berapa besar penghasilan yang bisa di dapatkan oleh Indonesia dari  media tersebut.

4.      Bisa di katakan saat ini dengan semakin pedulinya pelaku  bisnis UMKM terhadap perkembangan teknologi. Pada akhirnya bisa kita katakana  bahwa kondisi tersebut bisa mengubah wajah perkembangan pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut jelas di tunjang oleh adanya 3 hal seperti :

A.     Semakin gencarnya pelaku bisnis UMKM dalam menggunakan  sarana teknologi, informasi dan komunikasi yang kesemua itu tidak terlepas dari adanya dukungan dari pemerintah terkait.

B.     Semakin besarnya dukungan dari Lembaga pembiayaan terkait dengan bisnis UMKM. Sehingga saat ini semakin banyak pelaku bisnis pembiayaan  yang tertarik untuk memberikan dukungan modal bagi para pebisnis UMKM.

C.      Kepedulian Pemerintah terkait dalam hal pengurangan atau penurunan tarif PPh Final, sehingga hal ini jelas membantu pelaku bisnis UMKM dalam menghemat cost yang berhubungan dengan pembayaran pajaknya.

 Berdasarkan kondisi itulah, maka wajar jika pada akhirnya saat ini pelaku bisnis UMKM semakin yakin bahwa  keberadaannya makin di perhitungkan tidak saja oleh Pemerintah terkait, tetapi juga oleh pelaku bisnis swasta yang ada di Indonesia. Sehingga dengan kondisi itulah, sudah saatnya jika orientasi pelaku bisnis UMKM harus mulai focus untuk mengembangkan pasar ekspor.

 4 Kebijakan Menarik Yang di Berikan Pemerintah Guna Mendukung Perkembangan Ekspor Indonesia

Mungkin saat inilah waktu yang tepat bagi Indonesia dan pelaku bisnis UMKM dalam peningkatan perannya untuk pasar ekspor. Karena selain adanya momentum  yang lebih baik di pasar global. Juga Pemerintah saat ini telah memberikan beragam kebijakan yang bisa mendukung aktivitas ekspor bagi pelaku bisnis UMKM di Indonesia. 


 

Tercatat ada 4 kebijakan yang akan bisa meningkatkan perkembangan bisnis ekspor bagi pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.Termasuk dukungan perusahaan jasa pengiriman ekspor untuk para pelaku bisnis umkm di Indonesia.

1.     Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

2.     Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

3.     Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

4.     Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 Nah berdasarkan ke-4 kebijakan itulah, pada akhirnya sesuai  dengan apa yang di harapkan oleh  Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bahwa perlu adanya satu integrasi system yang ada di semua stage holder UMKM  yang ada di Indonesia. Maka Abang Express selaku salam satu pelaku bisnis yang bergerak di bidang logistic khususnya dalam mendukung aktivitas ekspor para pelaku bisnis UMKM menyambut baik ajakan tersebut dengan membuat satu program.

 Dimana program yang saat  ini sedang di jalankan adalah mencoba untuk membantu para UMKM  yang akan melakukan pengembangan pasarnya dengan aktivitas ekspor. Kesemua itu di lakukan oleh perusahaan bersama dengan mitra dan partner terkaitnya yang berasal dari Pemerintah dan Pelaku bisnis swasta agar bisa membantu pelaku bisnis UMKM agar bisa lebih bersaing di pasar ekspor untuk memperkenalkan dan memajukan produk unggulan UMKM di dunia.

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...