Selasa, 27 September 2022

Tren Ekspor Produk Elektronik Indonesia dalam Perspektif Produk Unggulan Ekspor Indonesia

 

Besarnya potensi bisnis ekspor yang di lakukan Indonesia memang bukan semata karena Indonesia saat ini menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia. Tetapi hal itu juga dikarenakan Indonesia mampu memberikan pilihan jenis produk ekspor yang diminati oleh masyarakat dunia. Itulah yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya Indonesia mampu meningkatkan ekspor produk elektronik  ke manca negara.

 


Jika saat ini di katakan bahwa Indonesia adalah negara konsumtif untuk produk-produk elektronik. Ternyata kondisi seperti itu tidak selamanya benar, karena saat ini Indonesia sudah bisa menjadi salah satu eksportir untuk produk – produk elektronik ke beberapa negara di dunia.  Bukan sekadar produk elektronik tetapi banyak varian produk elektronik yang sudah bisa di ekspor dari Indonesia. 

 Kondisi itulah yang pada akhirnya menjadi satu dasar kenapa pada akhirnya saat ini beberapa produk elektronik yang ada di Indonesia menjadi produk unggulan untuk Indonesia. Hal itu bisa di lihat dari beberapa kondisi terkini tren ekspor Indonesia hingga memasuki semester ke-2 tahun 2022.

 Tren Kenaikan Nilai Ekspor Indonesia hingga Semester ke-2 tahun 2022

 


Melihat kondisi yang ada hingga saat ini dan berdasarkan data dan informasi yang bisa kita dapatkan.  Maka untuk mempermudah penjelasan dari besarnya potensi bisnis ekspor yang bisa di lakukan oleh Indonesia kita bisa menjelaskannya seperti berikut :

 

1.    Secara significant kita bisa jelaskan bahwa nilai ekspor Indonesia hingga Agustus 2022 kondisinya sudah berada di level US$27,91 miliar. Nilainya mengalami kenaikan dari tahun 2021 dengan angka prosentase 30,15 persen.      Sedangkan untuk ekspor nonmigasnya sendiri hingga Agustus 2022 berada pada level US$26,19 miliar.  Nilai ini mengalami kenaikan di bandingkan  Agustus 2021 sebesar 28,39 persen.

3.      Berdasarkan kondisi yang ada saat ini hingga memasuki Semester ke-2 ( Januari – Agustus 2022 ) nilainya sudah mencapai US$194,60 miliar dan nilai ini adalah naik sebesar 35,42 persen. Sedangkan untuk total ekspor non migasnya nilainya berada pada posisi US$138,73 miliar dan naik dari tahun 2021 sebesar 35,24 persen. Untuk jenis produknya sendiri, yang mengalami peningkatan terbesar adalah ekspor nonmigas yang bisa naik sebesar US$904,7 juta untuk produk yang berasal dari komoditas produk yang berasal dari lemak dan minyak hewan/nabati.

 

Tren Bisnis Ekspor Produk Elektronik dari Indonesia ke Manca Negara

 

Dengan melihat situasi dan kondisi yang ada  berdasarkan tren ekspor produk elektronik yang berasal dari  Indonesia, maka kita bisa menjelaskan bahwa saat ini dan kedepan konsep pengembangan bisnis elektronik di Indonesia memang tidak hanya memasok pasar domestik tetapi juga melayani pasar  ekspor. Dimana kondisi tersebut bisa menjadi satu peluang bagus  bagi  para produsen produk elektronik yang terbiasa untuk mengoptimalkan kualitas produk yang mereka produksi.

 

  

Berdasarkan kondisi itulah, pada akhirnya memang kita mesti melihat saat ini dan  kedepan jenis produk elektronik apa saja yang memang layak untuk di jadikan unggulan produk ekspor Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari tren  yang terjadi saat  ini ketika kita bicara soal tren produk elektronik yang saat  ini sering di ekspor oleh pelaku bisnis Indonesia. Nah untuk melihat situasi dan kondisi yang ada pada produk elektronik Indonesia, maka kita bisa melihatnya dari beberapa data dan informasi berikut ini :

 

1.      Secara kumulatif nilai ekspor produk elektronik rumah tangga (household product) Indonesia  terus mengalami peningkatan. Dimana di tahun 2021 nilainya berada di level USD1,8 miliar periode  Januari-September 2021. Kondisi ini menunjukan tingkat kenaikan yang cukup tinggi hingga mencapai 98% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

2.      Variasi jenis produk elektronik seperti Air Purifier, AC hingga produk Mesin Cuci juga sudah mulai di ekspor dari Indonesia. Dimana deskripsinya untuk produk Air Purifier ke Amerika Serikat, sedangkan untuk produk Mesin Cuci ke Nigeria. Sementara  untuk produk AC Indonesia juga di jadikan basis produksi dari salah satu perusahaan yang akan masuk kepasar ekspor di kawasan Asean.

3.      Pasar produk elektronik yang berupa AC Portable di kembangkan oleh salah satu produsen produk elektronik Indonesia yang akan memasarkan produknya ke Amerika Serikat.  Hal ini cukup menarik karena selama ini Amerika Serikat banyak di pasok untuk AC Portable dari Cina.

4.      Kebijakan yang di berikan oleh Pemerintah Indonesia  dari Kementerian Perindustrian jelas memberikan dukungan positif bagi perkembangan bisnis produk elektronik di Indonesia. Karena berdasarkan hal itulah maka sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan oleh Direktur Jenderal Industri  Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE). Dimana berdasarkan  data dan informasi yang mereka dapatkan untuk mendukung berkembangnya produk elektronik untuk ekspor maka di  tahun 2022-2024 pemerintah akan menargetkan beberapa kebijakan yang berhubungan dengan perkembangan produksi elektronik di dalam negeri. Dimana  untuk produk seperti SMT Process, Industrial Mechanical Design, Industrial Casing, Industrial Baterai, Produk Casis Molding  Design hingga Industrial Antena akan bisa lebih banyak di produksi di Indonesia.

 

Berdasarkan kondisi yang ada itulah, memang pada akhirnya perlu di buat satu ekosistem ekspor yang akan bisa meningkatkan aktivitas ekspor yang ada di Indonesia.  Dimana  dalam ekosistem tersebut tidak saja pemerintah selaku pembuat kebijakan dan asosiasi produk yang akan menaungi para produsen elektronik yang ada di Indonesia. Tetapi perlu juga dukungan dari pelaku bisnis logistik yang ada di Indonesia. Nah salah satu pelaku bisnis yang ada dalam ekosistem  tersebut adalah Abang Express yang komit  untuk mendukung pelaku bisnis dalam urusan ekspor. Sehingga di harapkan dengan adanya komitmen dari stage holder yang ada dalam ekosistem ekspor tersebutlah maka kedepan pengembangan dan perkembangan potensi produk ekspor  produk elektronik yang ada di Indonesia semakin besar marketnya di manca negara.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...