Tidak bisa di pungkiri, terjadinya
pertumbuhan ekonomi mencapai 5,44% hingga memasuki triwulan 2 tahun 2022
memang di peroleh salah satunya dari pergerakan
yang terjadi pada bisnis logistic. Sehingga bisa di pastikan bahwa tahun
2023, salah satu penopang utama pertumbuhan ekonomi tetap masih di sumbangkan
oleh industry logistic.
Memang jika melihat kondisi yang ada di tahun 2022, dimana selain sector industri logistic yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi secara nasional. Ada juga beberapa sector lain seperti Industri Pengolahan, Transportasi & Pergudangan, hingga sector industri perdagangan. Namun bukan karena kita mengatakan bahwa sector industri logistic tetap menjadi salah satu contributor terbaik untuk pertumbuhan ekonomi secara nasional. Juga bisa didasarkan pada satu kenyataan, bahwa sejak pandemic covid 19 jelas industri logistic termasuk salah satu sector industri yang tetap bisa survive di saat banyak sector terjadi penurunan.
Berdasarkan kondisi itulah, kita bisa memastikan bahwa ke depan pada tahun 2023 dimana beberapa prediksi mengatakan dunia akan mengalami resesi. Tetapi kita tetap berharap bahwa sector industri logistic masih mampu menjadi trigger untuk meningkatkan atau mempertahankan pertumbuhan secara nasional seperti yang terjadi saat ini.
Kenapa Sektor Industri Logistik menjadi Trigger Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional
Untuk menjawab
pertanyaan ini, mungkin kita bisa memberikan beberapa alasan yang bisa menjadi penguat kenapa sector
industri logistic mampu melakukan kondisi tersebut : (1) Saat ini industri
logistic Indonesia berkembang cukup
baik. Dimana ketika kita bicara
pertumbuhan pelakunya saja, saat ini
tidak hanya di jalankan oleh perusahaan besar semata. Tetapi perusahaan yang
notabenenya perusahaan kecil atau kelas UMKM sudah banyak masuk ke industri
logistic.
(2) Selama covid hingga saat ini, bisa di katakan pengguna industri logistic banyak berasal dari indutri UMKM. Baik mereka yang mengirimkan produk /barangnya ke dalam negeri tetapi juga ke luar negeri ( ekspor). Sehingga tidak salah jika pada akhirnya kita tetap berharap tahun 2023 industri logistic masih cukup potensial. Mengingat perkembangan pelaku bisnis UMKM saja yang ada saat ini cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun.
(3) Masyarakat sekarang sudah semakin paham akan arti penting industri logistic. Sehingga saat ini mereka lebih sering menggunakan jasa pengiriman dalam negeri ( perusahaan logistic dalam negeri ) untuk berbagai kepentingan baik personal ataupun bisnis.
Namun sekalipun kondisi bisnisnya semakin besar, tetapi sudah barang tentu persaingan yang ada di industri ini juga semakin pesat Sehingga memang perlu adanya satu inovasi atau kreativitas yang harus di jalankan oleh pengelola bisnis logistic agar mereka bisa tetap survive di tahun 2023 mendatang.
6 Strategi Dasar Bagi Perusahaan Logistik Agar Bisa Survice di tahun 2023
sumber : istimewa
Setidaknya ada beberapa strategi yang bisa di
jalankan oleh pelaku bisnis logistic jika mereka ingin tetap survice di tahun
2023. Dimana strategi yang di jalankan
intinya adalah harus memperkuat posisi dan
keberadaan core bisnis usahanya agar bisa tetap survice dan berkembang
menjadi lebih besar di banding tahun sebelumnya.
Kita bisa melihat 6 strategi bisnis yang bisa di jalankan sesuai dengan kredibilitas, kompleksitas dan keberadaan perusahaan logistic yang ada di Indonesia.
1.
Strategi Pertama adalah dengan mengoptimalkan Media
Sosial Perusahaan
Media sosial
saat ini justru telah berubah fungsi, jika sebelumnya banyak di gunakan
untuk sosialisasi pertemanan. Tetapi
kini media sosial di pakai untuk urusan
bisnis, sehingga bisa di katakana bahwa kedepan media sosial bisa berfungsi cukup bagus untuk
media promosi perusahaan.
2. Strategi
Kedua adalah dengan mengoptimalkan Team Marketing & Promosi
Keberadaan
team marketing dan promosi bagi perusahaan kedepan di tahun depan menjadi salah satu cara untuk
bisa mengoptimalkan branding perusahaan secara maksimal. Sehingga keberadaan
brand perusahaan tetap eksis dan jika mungkin bisa berkembang lebih besar.
3. Strategi
Ketiga adalah mengoptimalkan keberadaan Website
Perusahaan
Website
perusahaan seakan saat ini bisa menjadi media promosi yang efektif. Bukan
sekadar media untuk menjelaskan profil perusahaan semata. Tetapi saat ini
website bisa di kembangkan dengan menggunakan system atau metode CTA ( call to
Action). Sehingga keberadaan website semakin bermanfaat untuk perusahaan.
4. Strategi
Keempat adalah kembangkan Testimoni sebagai sebuah Media Promosi
Testimoni
saat ini bisa juga di pakai perusahaan
untuk memperkuat branding atau positioning perusahaan. Kenapa, karena
testimoni adalah ungkapan kepuasan yang disampaikan langsung oleh konsumen atau
klien perusahaan.
5. Strategi
Kelima adalah Mempertahankan Konsumen Lama dengan Tambah Klien Baru
Strategi
mempertahankan klien lama memang cukup efektif untuk tetap memberikan
kontribusi positif bagi perusahaan. Sehingga strategi ini baiknya memang terus
di pertahankan dan di tingkatkan secara optimal.
6. Strategi
Keenam adalah Meningkatkan Layanan yang
berupa Self Service
Layanan ini
akan membuat konsumen semakin percaya dengan suatu brand. Kenapa, karena
dirinya bisa secara langsung masuk “ ke salah satu system “ sehingga ini akan
semakin membuat peningkatan rasa percaya kepada perusahaan.
Terkait adanya strategi yang bersifat inovatif dan tidak bias aitu pula yang saat ini sedang di jalankan oleh salah satu pelaku jasa pengiriman luar negeri bernama ABANG EXPRESS. Minimal ada dua strategi yang saat ini di jalankan untuk menjadi antisipasi persaingan yang cukup sengit di industri logistic di Indonesia. Karena persaingannya tidak saja sesama pemain local tetapi juga pemain luar negeri.
Strategi Pertama : Mengembangkan pasar domestic dengan mencoba untuk mengintegrasikan Ekosistem Logistik Domestik Indonesia. Ini akan bisa menjadi salah satu strategi menarik untuk industri logistic karena konsepnya adalah integrasi system. Strategi Kedua : Mengoptimalkan system yang bertujuan untuk membantu para pelaku bisnis UMKM yang mengembangkan market untuk ekspor. Hal ini dilakukan selain mendukung program pemerintah dalam rangka mensupport bisnis dari para UMKM juga menjadi salah satu cara untuk mengembangkan market yang berasal dari pasar pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.
Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, kita semua berharap bahwa keberadaan industri logistic bisa menjadi salah satu supporting utama bagi pemerintah Indonesia guna mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional di tahun 2023.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar