Rabu, 02 November 2022

Industri Logistik tahun 2023 & Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis sector Logistik

Tidak bisa di pungkiri,  terjadinya  pertumbuhan ekonomi mencapai 5,44% hingga memasuki triwulan 2 tahun 2022 memang di peroleh salah satunya dari pergerakan  yang terjadi pada bisnis logistic. Sehingga bisa di pastikan bahwa tahun 2023, salah satu penopang utama pertumbuhan ekonomi tetap masih di sumbangkan oleh industry logistic.

 


 Memang jika melihat kondisi yang ada di tahun 2022, dimana selain sector industri logistic yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi secara nasional. Ada juga beberapa sector lain seperti Industri Pengolahan, Transportasi & Pergudangan, hingga sector industri perdagangan. Namun bukan karena kita mengatakan bahwa sector industri logistic tetap menjadi salah satu contributor terbaik untuk pertumbuhan ekonomi secara nasional. Juga bisa didasarkan pada satu kenyataan, bahwa sejak pandemic covid 19 jelas industri logistic termasuk salah satu sector industri yang tetap bisa survive di saat banyak sector terjadi penurunan.

 Berdasarkan kondisi itulah, kita bisa memastikan bahwa ke depan pada tahun 2023 dimana beberapa prediksi mengatakan dunia akan  mengalami resesi. Tetapi kita tetap berharap bahwa sector industri logistic masih mampu menjadi trigger untuk meningkatkan atau mempertahankan pertumbuhan secara nasional seperti yang terjadi saat ini.

 Kenapa Sektor Industri Logistik menjadi Trigger Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional

 

Untuk menjawab  pertanyaan ini, mungkin kita bisa memberikan beberapa alasan  yang bisa menjadi penguat kenapa sector industri logistic mampu melakukan kondisi tersebut : (1) Saat ini industri logistic Indonesia berkembang cukup  baik.  Dimana ketika kita bicara pertumbuhan pelakunya saja, saat  ini tidak hanya di jalankan oleh perusahaan besar semata. Tetapi perusahaan yang notabenenya perusahaan kecil atau kelas UMKM sudah banyak masuk ke industri logistic.

 (2) Selama covid hingga saat ini, bisa di katakan pengguna industri logistic banyak berasal dari  indutri UMKM. Baik mereka  yang mengirimkan produk /barangnya ke dalam negeri tetapi juga ke luar negeri ( ekspor). Sehingga tidak salah jika pada akhirnya kita tetap berharap tahun 2023 industri logistic masih cukup potensial. Mengingat perkembangan pelaku bisnis UMKM saja yang ada saat ini cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun.

 (3) Masyarakat sekarang sudah semakin paham akan arti penting industri logistic. Sehingga saat ini mereka lebih sering menggunakan jasa pengiriman dalam  negeri ( perusahaan logistic dalam negeri ) untuk berbagai kepentingan baik personal ataupun bisnis.

 Namun sekalipun kondisi bisnisnya semakin besar, tetapi sudah barang tentu persaingan yang ada di industri ini juga semakin pesat Sehingga memang perlu adanya satu inovasi atau kreativitas yang harus di jalankan oleh pengelola bisnis logistic agar mereka bisa tetap survive di tahun 2023 mendatang.

 6 Strategi  Dasar Bagi Perusahaan Logistik Agar  Bisa Survice di tahun  2023

 

      sumber : istimewa 

Setidaknya ada beberapa strategi yang bisa di jalankan oleh pelaku bisnis logistic jika mereka ingin tetap survice di tahun 2023.  Dimana strategi yang di jalankan intinya adalah harus memperkuat posisi dan  keberadaan core bisnis usahanya agar bisa tetap survice dan berkembang menjadi lebih besar di banding tahun sebelumnya.

 Kita bisa melihat 6 strategi bisnis yang bisa di jalankan sesuai dengan kredibilitas, kompleksitas dan keberadaan perusahaan logistic yang ada di Indonesia.

1.      Strategi Pertama adalah dengan mengoptimalkan Media Sosial Perusahaan

Media sosial saat  ini justru telah berubah  fungsi, jika sebelumnya banyak di gunakan untuk sosialisasi pertemanan. Tetapi  kini media sosial di pakai untuk urusan  bisnis, sehingga bisa di katakana bahwa kedepan  media sosial bisa berfungsi cukup bagus untuk media promosi perusahaan.

2.      Strategi Kedua adalah dengan mengoptimalkan Team Marketing & Promosi

Keberadaan team marketing dan promosi bagi perusahaan kedepan di  tahun depan menjadi salah satu cara untuk bisa mengoptimalkan branding perusahaan secara maksimal. Sehingga keberadaan brand perusahaan tetap eksis dan jika mungkin bisa berkembang lebih besar.

3.      Strategi Ketiga adalah mengoptimalkan keberadaan Website  Perusahaan

Website perusahaan seakan saat ini bisa menjadi media promosi yang efektif. Bukan sekadar media untuk menjelaskan profil perusahaan semata. Tetapi saat ini website bisa di kembangkan dengan menggunakan system atau metode CTA ( call to Action). Sehingga keberadaan website semakin bermanfaat untuk perusahaan.

4.      Strategi Keempat adalah kembangkan Testimoni sebagai sebuah Media Promosi

Testimoni saat ini bisa juga di pakai perusahaan  untuk memperkuat branding atau positioning perusahaan. Kenapa, karena testimoni adalah ungkapan kepuasan yang disampaikan langsung oleh konsumen atau klien perusahaan.

5.      Strategi Kelima adalah Mempertahankan Konsumen Lama dengan  Tambah Klien Baru

Strategi mempertahankan klien lama memang cukup efektif untuk tetap memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Sehingga strategi ini baiknya memang terus di pertahankan dan di tingkatkan secara optimal.

6.      Strategi Keenam adalah  Meningkatkan Layanan yang berupa Self Service

Layanan ini akan membuat konsumen semakin percaya dengan suatu brand. Kenapa, karena dirinya bisa secara langsung masuk “ ke salah satu system “ sehingga ini akan semakin membuat peningkatan rasa percaya kepada perusahaan.

 Terkait adanya strategi yang bersifat inovatif dan tidak bias aitu pula yang saat ini sedang di jalankan oleh salah satu pelaku jasa pengiriman luar negeri bernama ABANG EXPRESS.  Minimal ada dua strategi  yang saat ini di jalankan untuk menjadi antisipasi persaingan yang cukup sengit di industri logistic di Indonesia. Karena persaingannya tidak saja sesama pemain local tetapi juga pemain luar negeri.

 Strategi Pertama  : Mengembangkan pasar domestic dengan mencoba untuk mengintegrasikan Ekosistem Logistik Domestik Indonesia. Ini akan bisa menjadi salah satu strategi menarik untuk industri logistic karena konsepnya adalah integrasi system. Strategi Kedua : Mengoptimalkan system yang bertujuan untuk membantu para pelaku  bisnis UMKM  yang mengembangkan market untuk ekspor. Hal ini dilakukan selain mendukung program pemerintah dalam rangka mensupport  bisnis dari para UMKM juga menjadi salah satu cara  untuk mengembangkan market  yang berasal dari pasar pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.

 Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, kita semua berharap bahwa keberadaan industri logistic bisa menjadi salah satu supporting utama bagi pemerintah  Indonesia guna mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional di tahun 2023.

  

Tidak ada komentar:

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...