Selasa, 27 September 2022

Tren Ekspor Produk Elektronik Indonesia dalam Perspektif Produk Unggulan Ekspor Indonesia

 

Besarnya potensi bisnis ekspor yang di lakukan Indonesia memang bukan semata karena Indonesia saat ini menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia. Tetapi hal itu juga dikarenakan Indonesia mampu memberikan pilihan jenis produk ekspor yang diminati oleh masyarakat dunia. Itulah yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya Indonesia mampu meningkatkan ekspor produk elektronik  ke manca negara.

 


Jika saat ini di katakan bahwa Indonesia adalah negara konsumtif untuk produk-produk elektronik. Ternyata kondisi seperti itu tidak selamanya benar, karena saat ini Indonesia sudah bisa menjadi salah satu eksportir untuk produk – produk elektronik ke beberapa negara di dunia.  Bukan sekadar produk elektronik tetapi banyak varian produk elektronik yang sudah bisa di ekspor dari Indonesia. 

 Kondisi itulah yang pada akhirnya menjadi satu dasar kenapa pada akhirnya saat ini beberapa produk elektronik yang ada di Indonesia menjadi produk unggulan untuk Indonesia. Hal itu bisa di lihat dari beberapa kondisi terkini tren ekspor Indonesia hingga memasuki semester ke-2 tahun 2022.

 Tren Kenaikan Nilai Ekspor Indonesia hingga Semester ke-2 tahun 2022

 


Melihat kondisi yang ada hingga saat ini dan berdasarkan data dan informasi yang bisa kita dapatkan.  Maka untuk mempermudah penjelasan dari besarnya potensi bisnis ekspor yang bisa di lakukan oleh Indonesia kita bisa menjelaskannya seperti berikut :

 

1.    Secara significant kita bisa jelaskan bahwa nilai ekspor Indonesia hingga Agustus 2022 kondisinya sudah berada di level US$27,91 miliar. Nilainya mengalami kenaikan dari tahun 2021 dengan angka prosentase 30,15 persen.      Sedangkan untuk ekspor nonmigasnya sendiri hingga Agustus 2022 berada pada level US$26,19 miliar.  Nilai ini mengalami kenaikan di bandingkan  Agustus 2021 sebesar 28,39 persen.

3.      Berdasarkan kondisi yang ada saat ini hingga memasuki Semester ke-2 ( Januari – Agustus 2022 ) nilainya sudah mencapai US$194,60 miliar dan nilai ini adalah naik sebesar 35,42 persen. Sedangkan untuk total ekspor non migasnya nilainya berada pada posisi US$138,73 miliar dan naik dari tahun 2021 sebesar 35,24 persen. Untuk jenis produknya sendiri, yang mengalami peningkatan terbesar adalah ekspor nonmigas yang bisa naik sebesar US$904,7 juta untuk produk yang berasal dari komoditas produk yang berasal dari lemak dan minyak hewan/nabati.

 

Tren Bisnis Ekspor Produk Elektronik dari Indonesia ke Manca Negara

 

Dengan melihat situasi dan kondisi yang ada  berdasarkan tren ekspor produk elektronik yang berasal dari  Indonesia, maka kita bisa menjelaskan bahwa saat ini dan kedepan konsep pengembangan bisnis elektronik di Indonesia memang tidak hanya memasok pasar domestik tetapi juga melayani pasar  ekspor. Dimana kondisi tersebut bisa menjadi satu peluang bagus  bagi  para produsen produk elektronik yang terbiasa untuk mengoptimalkan kualitas produk yang mereka produksi.

 

  

Berdasarkan kondisi itulah, pada akhirnya memang kita mesti melihat saat ini dan  kedepan jenis produk elektronik apa saja yang memang layak untuk di jadikan unggulan produk ekspor Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari tren  yang terjadi saat  ini ketika kita bicara soal tren produk elektronik yang saat  ini sering di ekspor oleh pelaku bisnis Indonesia. Nah untuk melihat situasi dan kondisi yang ada pada produk elektronik Indonesia, maka kita bisa melihatnya dari beberapa data dan informasi berikut ini :

 

1.      Secara kumulatif nilai ekspor produk elektronik rumah tangga (household product) Indonesia  terus mengalami peningkatan. Dimana di tahun 2021 nilainya berada di level USD1,8 miliar periode  Januari-September 2021. Kondisi ini menunjukan tingkat kenaikan yang cukup tinggi hingga mencapai 98% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

2.      Variasi jenis produk elektronik seperti Air Purifier, AC hingga produk Mesin Cuci juga sudah mulai di ekspor dari Indonesia. Dimana deskripsinya untuk produk Air Purifier ke Amerika Serikat, sedangkan untuk produk Mesin Cuci ke Nigeria. Sementara  untuk produk AC Indonesia juga di jadikan basis produksi dari salah satu perusahaan yang akan masuk kepasar ekspor di kawasan Asean.

3.      Pasar produk elektronik yang berupa AC Portable di kembangkan oleh salah satu produsen produk elektronik Indonesia yang akan memasarkan produknya ke Amerika Serikat.  Hal ini cukup menarik karena selama ini Amerika Serikat banyak di pasok untuk AC Portable dari Cina.

4.      Kebijakan yang di berikan oleh Pemerintah Indonesia  dari Kementerian Perindustrian jelas memberikan dukungan positif bagi perkembangan bisnis produk elektronik di Indonesia. Karena berdasarkan hal itulah maka sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan oleh Direktur Jenderal Industri  Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE). Dimana berdasarkan  data dan informasi yang mereka dapatkan untuk mendukung berkembangnya produk elektronik untuk ekspor maka di  tahun 2022-2024 pemerintah akan menargetkan beberapa kebijakan yang berhubungan dengan perkembangan produksi elektronik di dalam negeri. Dimana  untuk produk seperti SMT Process, Industrial Mechanical Design, Industrial Casing, Industrial Baterai, Produk Casis Molding  Design hingga Industrial Antena akan bisa lebih banyak di produksi di Indonesia.

 

Berdasarkan kondisi yang ada itulah, memang pada akhirnya perlu di buat satu ekosistem ekspor yang akan bisa meningkatkan aktivitas ekspor yang ada di Indonesia.  Dimana  dalam ekosistem tersebut tidak saja pemerintah selaku pembuat kebijakan dan asosiasi produk yang akan menaungi para produsen elektronik yang ada di Indonesia. Tetapi perlu juga dukungan dari pelaku bisnis logistik yang ada di Indonesia. Nah salah satu pelaku bisnis yang ada dalam ekosistem  tersebut adalah Abang Express yang komit  untuk mendukung pelaku bisnis dalam urusan ekspor. Sehingga di harapkan dengan adanya komitmen dari stage holder yang ada dalam ekosistem ekspor tersebutlah maka kedepan pengembangan dan perkembangan potensi produk ekspor  produk elektronik yang ada di Indonesia semakin besar marketnya di manca negara.

 

 

 

 

 

 

Senin, 26 September 2022

14 Negara Tujuan Ekspor Indonesia dan Potensi Bisnis Ekspornya

 

Setiap negara yang focus bisnisnya adalah ekspor, sudah pasti keberadaan negara-negara tujuan ekspor menjadi satu target market yang mesti di jalankan secara benar. Kenapa, karena tanpa adanya negara yang menjadi tujuan ekspor mustahil sebuah negara akan bisa mengoptimalkan potensi ekspor yang dimilikinya. Seperti juga Indonesia, sebagai salah satu negara eksportir terbesar di dunia. Salah satu focus utamanya adalah ekspor ke negara di Kawasan Asia.




Bicara soal negara tujuan ekspor maka yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana kita sebagai sebuah negara eksportir memahami dan menganalisa beberapa potensi yang mungkin bisa di Kembangkan dari negara tujuan ekpsor tersebut. Bukan saja potensi yang bersifat sementara tetapi potensi yang akan menjadi satu potensi unggulan dari sebuah negara tujuan ekspor secara jangka Panjang.

Seperti juga Indonesia, dengan potensi sumber daya alam yang begitu besarnya tidak salah memang jika pada akhirnya Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa mengembangkan pasar ekspornya menjadi satu potensi bisnis yang cukup besar. Karena hal itu di dukung dengan beberapa kondisi yang di miliki Indonesia:

1.      Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah sehingga beragam  variasi produk yang di miliki Indonesia bisa menjadi potensi ekspor yang cukup besar di masa kini dan mendatang.

2.      Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar di seluruh nusantara.  Dengan besarnya suku dan budaya yang ada di Indonesia, maka itu bisa menjadi potensi bisnis ekspor dalam hal produk kerajinan dan kreatif.

3.      Indonesia dengan besarnya potensi yang dimiliki dalam hal keanekaragama budaya dan adat istiadat maka hal itu bisa membuat Indonesia kaya akan beragam jenis makanan khas yang ada di seluruh nusantara.

Berdasarkan kondisi itulah, maka tidak salah memang jika pada akhirnya Indonesia bisa menjadi salah satu negara pengekspor terbesar di dunia.  Sekadar info, untuk saat  ini Indonesia sudah melakukan banyak ekspor ke beberapa negara. Dimana salah satu tujuan ekspor Indonesia adalah negara di Kawasan Asia.

Negara di Kawasan Asia dengan Target Ekspor Terbesar sepanjang Tahun

Untuk mempermudah penjelasan yang berhubungan dengan potensi ekspor Indonesia ke beberapa negara di Kawasan Asia. Maka bersama  ini kami mencoba memberikan satu gambaran performance ekspor Indonesia di Kawasan Asia  antara  tahun 2020-2021 :




Dengan memperhatikan beberapa data dan informasi yang terjadi di antara tahun 2020 dan 2021, pada akhirnya kita bisa melihat bahwa potensi ekspor Indonesia semakin hari semakin bisa meningkat. Hal itu didasarkan pada satu kondisi  bahwa di tahun 2020-2021 saja angka ekspor Indonesia dalam kondisi negara yang masih covid memperlihatkan peningkatan nilai ekspor yang lumayan tinggi.




 Pada akhirnya kita bisa melihat bahwa besarnya potensi ekspor mesti di dukung dengan adanya integrasi dari ekosistem ekspor yang ada di Indonesia. Tidak dukungan dari Pemerintah yang berupa kebijakan ekspornya sendiri, tetapi juga dukungan dari stage holder yang ada di industri ekspor Indonesia. Ambil contoh adalah bisnis yang bergerak di industry logistic.  Bisnis di sector ini jelas  akan  menjadi sector pendukung terhadap aktivitas ekspor yang ada di Indonesia. Seperti yang di lakukan oleh Abang Express, sebuah entitas bisnis logistic yang sejak awal memiliki visi dan misi untuk mendukung ekspor para pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.

 Kondisi seperti ini memang harus terus di kembangkan, agar potensi ekspor yang ada di Indonesia tiap tahun akan semakin meningkat nilainya. Karena mustahil hal itu bisa di dapat hanya karena dukungan dari pemerintah semata. Dukungan dari pelaku bisnisnya sendiri harus menjadi satu kesatuan dukungan yang akan membuat bisnis ekspor Indonesia menjadi salah satu potensi bisnis yang bermuara  pada peningkatan keuntungan pemerintah secara keseluruhan




Jumat, 23 September 2022

Indonesia : Dengan 3 Kategori Produk Unggulan/Potensialnya saatnya “Merajai” Pasar Dunia

 

Bicara soal ekspor adalah kita bicara soal bagaimana sebuah produk dalam negeri mampu di jual dengan value yang lebih tinggi di pasar ekspor. Dimana untuk value tersebut, biasanya memang di sesuaikan dengan keinginan dan permintaan dari pasar luar negeri serta kemampuan Indonesia dalam memenuhi permintaan produk dari pasar luar negeri tersebut. Itulah sebabnya, dengan melihat potensi yang bisa di lakukan Indonesia, sangat wajar jika pada akhirnya Indonesia bisa menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia.

  

                                                            sumber : suara surabaya 

Ada banyak factor yang pada akhirnya menjadi satu trigger yang membuat Indonesia mampu menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia. Pertama sudah pasti dengan melihat besarnya SDA (Sumber Daya Alam) yang di miliki Indonesia. Sehingga Indonesia kaya akan beragam jenis produk yang berasal dari bahan baku sumber daya alam Indonesia. Kedua kondisi Indonesia yang memiliki beragam suku bangsa dan budaya. Pada akhirnya dari sanalah akan lahir produk-produk yang secara seni dan nilai budaya diminati oleh masyarakat luar negeri. Ketiga sudah pasti karena produk-produk ekspor yang saat ini menjadi unggulan Indonesia, mayoritas adalah produk yang di hasilkan bukan dari pabrik atau industry modern tetapi masih bersifat konvensional. Sehingga berdasarkan kondisi itulah harga produk ekspor Indonesia masih sangat bisa bersaing dengan produk luar negeri.

 

Ragam dan Variasi Produk Ekspor Unggulan Indonesia di Manca Negara

Berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan dan menjelaskan produk apa saja yang menjadi unggulan produk ekspor Indonesia hingga tahun 2022. Secara spesifikasi produk kita bisa menjelaskannya berdasarkan 3 kategori produk yang di maksud:

1.      Kategori Produk yang masuk dalam 10 Produk Utama Ekspor Indonesia.

Kenapa di sebut produk utama, karena memang hingga saat ini produk-produk inilah yang menjadi primadona atau produk unggulan yang merajai produk ekspor Indonesia. Sebanyak 10 produk dari begitu banyak produk ekspor unggulan yang berasal dari Indonesia adalah seperti berikut : Produk-produk seperti Udang, Kopi, Minyak Kelapa Sawit, Kakao, Karet & Produk Karet, TPT, Alas Kaki, Elektronika, Komponen Kendaraan Bermotor, Furniture.

2.      Kategori Produk yang masuk dalam 10 Produk Potensial Indonesia

Disamping produk unggulan ekspor Indonesia, kita juga masih memiliki 10 produk unggulan yang akan bisa menjadi produk potensial yang bisa di kembangkan secara jangka Panjang. Dimana ke-10 produk yang masuk kategori produk potensial tersebut bisa di jelaskan seperti: Produk-produk seperti Kerajinan,Produk Perikanan, Obat-obatan Herbal, Produk Kulit, Makanan Kemasan, Perhiasan, Minyak Nabati, Rempah-rempah. Alat tulis non Kertas, Peralatan Medis.

3.      Kategori Produk yang masuk dalam 3 Kategori Produk Jasa Utama Indonesia


                                                    sumber : indotrading news

Menariknya kategori yang ada dalam sector bisnis atau kategori produk jasa ini adalah produk-produk yang masuk dalam pengembangan industry atau ekonomi kreatif Indonesia. Jadi bisa di katakan bahwa kedepan ke-3 produk ini bisa menjadi produk unggulan atau produk potensial ekspor Indonesia. Diantara ke-3 jenis produk jasa itu adalah beragam jenis produk Teknologi Informasi : Jasa web Design, Animasi, Desain Grafis, MIS, dll), Produk yang masuk dalam kategori produk Jasa Tenaga Kerja terampil bidang: Pariwisata, Tradisional Spa, Cultural (franchise) dan yang terakhir adalah produk yang masuk dalam kategori Produk Desain seperti misalnya : Desain Kreatif, Seni, Arsitektur, Konstruksi, Desain Interior.

Kesemua produk tersebut memang menjadi satu peluang dan tantangan bagi Indonesia jika ingin bisa meraih peluang ekspor yang ada di depan mata kita. Kenapa, karena sekalipun  sudah ada di depan mata kita, pada saat kita tidak bisa mengoptimalkan potensi yang ada sudah pasti peluang tersebut akan terlewat begitu saja.

Lain hal-nya jika Indonesia melalui Pemerintah Pusat dan Kementerian terkait yang menaungi ke-3 kategori produk unggulan, produk potensial dan produk industry kreatif secara pasti dan berkelanjutan concern dalam pengembangan ke-3 kategori tersebut, Sehingga pasar ekspor dari ke-3 kategori produk tersebut akan semakin meningkat.

Di mana salah satu concern yang mesti terus di jalankan adalah terbentuknya ekosistem ekspor yang akan menjadikan ke-3 katagori produk tersebut semakin lebih berkualitas dan semakin luas distribusinya di manca negara. Salah satu concern untuk pendistribusian produk tersebut adalah ekosistem industry logistic Indonesia.  ABANG EXPRESS sebagai salah satu ekosistem dan entitas yang berada dalam industry logistic dan memiliki visi dan misi untuk mengembangkan potensi bisnis para pelaku UMKM, pada akhirnya memang harus care dan concern dalam mendukung pelaku bisnis UMKM tidak saja terkait  kelancaran ekspor tetapi juga  pengembangan bisnis dari para pelaku bisnis  UMKM.

Itulah salah satu hal mendasar yang mesti menjadi perhatian semua pihak yang ada dalam stage holder bisnis ekspor di Indonesia.  Tidak saja produknya yang harus berkualitas dengan konsistensi pelalu UMKM nya yang semakin peduli dengan kualitas produk untuk konsumsi ekspornya. Tetapi juga sector industry logistic yang akan menghantarkan produk hasil kreasi para UMKM tersebut agar bisa sampai kepada masyarakat dunia yang mencintai produk Indonesia.

 

 

 

Kamis, 22 September 2022

Potensi Produk Makanan Ekspor Indonesia & Dukungan RCEP di Pasar Internasional

 

Kemampuan Indonesia menjadi salah satu anggota dari RCEP dunia memang cukup memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah, karena pada akhirnya produk makanan dan minuman Indonesia cukup di kenal dan terkenal di seluruh dunia.  Kini setidaknya ada 3 makanan dari Indonesia yang menjadi favorit di kalangan negara anggota RCEP.


 

Indonesia sebagai negara dengan keunggulan produk makanan dan minuman khasnya, pada akhirnya memang menjadi salah satu daya Tarik tersendiri bagi dunia. Tidak saja karena produk makanan dan minuman Indonesia yang memiliki cita rasa khas  nusantara. Tetapi juga karena produk makanan dan minuman Indonesia memiliki kelebihan cita rasa bumbu yang berasal dari rempah-rempah nusantara.

 

Kondisi itulah yang pada akhirnya membuat Indonesia sebagai salah satu anggota dalam RCEP selain tentunya negara seperti: Australia, India, China, Jepang, Korea Selatan dan Selandia Baru. Menjadikan negara-negara tersebut target ekspor untuk produk-produk makanan dan minuman Indonesia. Karena selain mereka adalah juga berada di benua yang berbeda seperti  benua Asia ( China, Jepang, Korea Selatan, India ), benua Australia ( Australia ) dan Oceania ( negara Selandia Baru ).

 

Peran RCEP dalam Mendukung Pengembangan Produk Makanan Unggulan Ekspor Indonesia




 

Ada beberapa keuntungan yang secara langsung dan tidak langsung di dapat dari Indonesia dengan menjadi anggota RCEP seperti misalnya :

 

1.      Negara-negara anggota RCEP menjadi potensi market yang cukup dominan untuk produk makanan dan minuman dalam skala  ekspor. Sehingga hal itu bisa menjadi trigger dalam peningkatan pendapatan negara dari sector produk ekspor.

2.      Berdasarkan kompetensi yang ada di negara-negara anggota RCEP, terbukti bahwa industry makanan dan minuman berada pada kondisi Rising star diantara 10 Negara anggota lainnya.

3.      Beberapa factor yang cukup mendukung keberadaan produk ekspor makanan dan minuman Indonesia adalah : jarak ekonomi antara negara anggota, GDP riil  per kapita dari anggota RCEP, harga ekspor yang cukup kompetitip dan yang paling penting adalah masalah keterbukaan perdagangan  bebas dan tarif ekspor dari beberapa negara tsb.

 

Berdasarkan kondisi itulah, maka saat ini setidaknya ada 3 produk makanan dan minuman yang menjadi produk ekspor favorit untuk Indonesia.  Seperti misalnya Produk Udang Kemasan, Kopi Instan dan Makanan serta Minuman olahannya.  Untuk produk Udang kemasan misalnya dominasi produk ini masih berada di Kawasan negara Asia, Eropa dan USA. Dengan beberapa nama negaranya seperti : Jepang, Hongkong, Tiongkok, Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Belgia, Italia dan lain-lainnya. Itulah memang  beberapa  keuntungan yang akan bisa di dapatkan Ketika Indonesia masuk dalam kategori anggota/pengurus untuk sebuah produk yang menjadi target utama ekspor di Indonesia.

 

  

4 Hal Penting yang Menjadikan  Produk Makanan dan Minuman Indinesia Bersaing cukup Bagus.




 

Minimal ada 4 hal yang menjadi pertimbangan pelaku bisnis Ketika dirinya ingin menjadi eksportir makanan khas dari Indonesia. Dimana ke-4 jenis data dan informasi yang harus di sajikan dan menjadi daya Tarik bagi pembeli dari luar negeri : (a) Informasi yang berhubungan dengan nilai gizi dari makanan yang hendak di pasarkan, sehingga beberapa informasi yang berhubungan dengan kandungan gizi terhadap makanan yang harus di sertakan adalah tentang kandungan  lemak dari makanan tersebut, kandungan lemak total, termasuk informasi soal lemak jenuh, lemak trans, kandungan kolesterol juga termasuk kandungan yang berupa protein, karbohidrat, natrium, gola (glukosa), kalium dan multivitamin lainnya (b) Informasi yang berhubungan dengan kualitas dari produk  yang kita ekspor. Karena dari informasi soal kualitas produk itulah pembeli luar negeri akan tahu seperti apa kualitas dari produk yang bersangkutan (c) Data dan informasi yang berhubungan dengan tanggal kadaluarsa produk yang akan di kirimkan.

 

(d) Hal lain yang mesti menjadi perhatian bagi pelaku bisnis yang tertarik untuk bisa melakukan ekspor adalah seperti : (1) Produk yang bersangkutan harus terkait dengan barcode resmi ( ini menjadi penting mengingat semua produk yang di pasarkan dengan mekanisme ekspor akan di data menggunakan pendataan yang bersifat digital (2) Produk yang berhubungan dengan kemasan produk. Jika di mungkinkan buatlah kemasan yang menarik dan bersifat komunikatif sehingga memudahkan konsumen luar negeri menyukai kemasan produk tersebut (3) masalah desain kemasan ada baiknya harus telah di lindungi HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) (4) kondisi produk yang sebaiknya sudah memiliki label Halal, karena untuk beberapa konsumen di luar negeri yang berasal dari negara muslim sudah pasti akan memperhatikan  label halal tersebut (5)Dan yang terakhir  yang mesti menjadi perhatian pelaku bisnis UMKM yang berkeinginan  untuk bisa mengekspor  produk  makanan dan minuman adalah sudah mendapatkan ijin edar dari BPOM sesuai dengan ketentuan  yang sudah di tetapkan.

 

Sekadar info, beberapa hal yang telah di jelaskan diatas memang penting bagi pelaku bisnis UMKM yang ingin melebarkan marketnya ke luar negeri (ekspor). Dimana untuk tujuan ini  ABANG EXPRESS  salah satu perusahaan yang focus dalam industry logistics yang bertujuan ekspor akan berusaha membantu para pelaku bisnis UMKM yang akan melakukan ekspor produk.

 

Itulah menariknya  market produk ekspor untuk makanan dan minuman yang saat ini saat ini cukup banyak di minati oleh masyarakat luar negeri. Dimana dengan melihat kondisi yang telah di jelaskan diatas, pada akhirnya Indonesia sebagai negara yang kayak akan keberagaman sumber daya alam dan budaya akan bisa menjadi salah satu negara  pengekspor produk makanan dan minuman  unggul yang ada di dunia.

 

 

Selasa, 20 September 2022

Nilai Ekspor Kerajinan Indonesia Mencapai US$916 Juta & Berpotensi Terus Meningkat

 

Keragaman budaya Indonesia memang pada akhirnya menjadi salah satu dasar kenapa di Indonesia memiliki banyak produk kerajinan yang tersebar di nusantara. Bukan karena awalnya kerajinan adalah produk  yang di gunakan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Tetapi karena saat ini pelaku bisnis kerajinan tahu bahwa dunia luar menyukai beragam produk kerajinan yang ada di Indonesia.

 

                                                            sumber : liputan6.com

Konsep cara berfikir dan berkreasi itulah yang pada akhirnya saat  ini  Pemerintah menghadirkan yang Namanya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal itu cukup beralasan bahwa ekonomi kreatif yang didalamnya terdapat beragam jenis produk kerajinan yang ada di Indoensia bisa menjadi salah satu potensi pendapatan utama yang berasal dari ekspor Indonesia. 

 Seperti yang kita lihat dari beberapa data yang menjelaskan seperti apa  progress kemajuan ekspor produk kerajinan yang ada di Indonesia.  Jika kita bicara soal nilai ekspor produk  kerajinan Indonesia. Kita bisa melihat bahwa dalam 2 tahun  terakhir saja nilainya selalu menunjukkan kemajuan, di tahun 2020 nilainya masih berada di angka US$829 juta. Tetapi masuk ke tahun 2021 terjadi peningkatan nilai sebesar 10,49% sehingga hingga akhir tahun 2021 nilainya bisa mencapai US$ 916.

 

Ada beberapa  alasan yang membuat kenapa produk kerajinan asli Indonesia begitu di minati oleh masyarakat dunia. Setidaknya ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan kondisi tersebut :

 1. Masyarakat luar negeri suka dengan produk kerajinan Indonesia, karena mereka suka dengan motif, desain dan kualitas produk kerajinan Indonesia. Karena mereka tahu konsep desain yang ada dalam sebuah produk kerajinan Indonesia memiliki nilai estetis yang tinggi.

 2. Masyarakat luar negeri tahu  bahwa budaya Indonesia kaya akan inspirasi  yang bersifat klasik, tradisional dan kontemporer.  Dimana kualitas desain seperti  itu tidak bisa di ikuti oleh konsep desain modern yang ada di luar negeri. Sehingga berdasarkan kondisi itulah produk kerajinan Indonesia cukup banyak di minati oleh masyarakat dunia.

3. Yang pasti kualitas produk yang di buat oleh para pengrajin produk kerajinan yang ada di Indonesia bisa bersaing. Sehingga berdasarkan kondisi inilah masyarakat luar negeri pada akhirnya menyenangi produk -produk kerajinan khas Indonesia.

 

9 Jenis Produk Kerajinan Unggulan Indonesia dalam Perspektif Ekspor Indonesia

 

                                                        sumber : media indonesia 

Setidaknya dari sekian jenis produk dan variasi produk kerajinan ekspor Indonesia. Kita bisa jelaskan ada minimal 9 jenis produk kerajinan unggulan Indonesia  yang mendominasi ekspor produk kerajinan yang berasal dari Indonesia.

 Diantara begitu banyaknya variasi produk kerajinan Indonesia, ada 9 produk kerajinan unggulan yang bisa di jadikan kebanggaan Indonesia. Karena selain menarik dari segi desain juga menarik karena konsep  produk yang di berikannya masih kental dengan nuansa tradisi. Sehingga produk-produk tersebut  termasuk produk warisan budaya di Indonesia .

 Produk Kerajinan unggulan : Produk Kain Batik

Mungkin bagi  yang belum tahu kenapa kain batik menarik : Pertama karena batik dari tiap daerah di Indonesia memiliki corak yang berbeda-beda. Kedua karena batik itu memiliki pilihan corak batik tulis atau batik printing.  Jika batik tulis itu cenderung bersifat halus dan klasik serta personal sedangkan batik printing adalah  batik yang bersifat umum karena buatan pabrik bukan handmade.

Produk Kerajinan unggulan : Produk Ukiran Kayu

Yang menarik dari produk kerajinan model ukiran kayu Indonesia adalah corak, motif dan kerumitan bentuknya yang bersifat detail. Sehingga orang asing melihat ukiran kayu Indonesia terkenal mewah dibandingkan dengan jenis produk kerajinan ukiran kayu lainnya.

Produk Kerajinan unggulan : Produk Batu Mulia

Batu mulia adalah salah satu jenis kerajinan yang sumbernya berasal dari alam. Menjadi menarik jika berasal dari Indonesia, karena sumber daya alam (SDA) Indonesia sangat beragam. Sehingga pada saat di buatkan menjadi sebuah produk kerajinan batu mulia sudah pasti hasilnya akan berbeda-beda.

Produk Kerajian unggulan : Produk Kerajinan Kayu berbentuk  Jam tangan kayu

Ini juga menjadi satu hal yang berbeda dibandingkan dengan  jenis kerajinan kayu lainnya. Karena justru produk yang terkenal dengan nama Matoa ini adalah sejatinya produk modern tetapi coba di  implementasikan dalam bentuk yang berasal dari kayu.  Sehingga inspirasi modern berbalut tradisional yang membuat Matoa jadi hal yang menarik untuk masyarakat dunia.

Produk Kerajinan unggulan ; Produk Wayang

Jika bicara soal wayang maka kita bicara soal implementasi budaya yang di gunakan untuk kebutuhan tradisi dan keagamaan. Itulah kenapa produk kerajinan seperti wayang bukan sekadar produk kerajinan semata  tetapi kadang ada unsur spiritual yang menyangkut di dalamnya.

Produk Kerajinan unggulan : Produk Keramik

Sejatinya keramik itu justru bukan asli Indonesia tetapi berasal dari Cina. Tetapi karena produk kerajinan Keramik Indonesia memiliki corak dan desain  yang cukup unik, sehingga masyarakat Cina sendiri suka dengan produk keramik khas Indonesia.

Produk Kerajinan unggulan : Produk Kulit Kerang untuk Asesories

Keunggulan alam Indonesia yang membuat sumber daya alam yang ada di nusantara juga cukup beragam. Salah satunya adalah potensi SDM yang berasal dari mahluk hidupnya. Seperti kerrang misalnya, pada akhirnya berkat kreasi pengrajin yang ada di seluruh  Indonesia  produk ini bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk di nikmati.

Produk Kerajinan  unggulan : Produk Lukisan Tenun

Berbeda dengan produk kerajinan lainnya,  untuk produk seperti lukisan tenun adalah produk yang berasal dari potongan-potongan kain tenun yang di konsep menjadi sebuah lukisan. Sehingga jadi berbeda dibandingkan dengan produk lukisan pada umumnya.

Produk Kerajinan unggulan : Produk Anyaman Bambu

Banyaknya pohon bamboo  yang tumbuh di wilayah Indonesia, pada akhirnya bisa menjadi salah satu dasar kenapa produk kerajinan yang berasal dari bahan utama bamboo menjadi salah satu yang menarik untuk ekspor. Seperti produk kerajinan angklung, sofa yang berasal dari bamboo hingga peralatan makanan lain yang juga bisa berasal dari bahan utama bamboo.

 

Nah dengan melihat besarnya potensi produk kerajinan utama Indonesia  yang banyak di minati oleh masyarakat dunia. Pada akhirnya Pemerintah Pusat dan Daerah mencoba untuk mengoptimalkan  produk kerajinan utama Indonesia ini agar bisa di ekspor. Selain menguntungkan  bagi pendapatan Indonesia sendiri, tetapi juga akan bisa membantu dalam mempromosikan tidak saja produk kerajinannya sendiri tetapi juga lokasi dan pengrajinnya juga daerah dimana lokasi kerajinan tersebut berasal.

 Abang Express sebagai salah satu entitas bisnis  yang bergerak di industry logistic khusus ekspor pada akhirnya berusaha untuk menjadi media perantara dan pendukung utama bagi pelaku bisnis UMKM yang tertarik untuk membuka pasar ekspor. Dengan jaringan dan komitmen yang diberikan oleh perusahaan, maka keberadaan perusahaan ini bisa menjadi media kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah serta pelaku bisnis UMKM yang bergerak dalam pembuatan produk kerajinan yang ada di seluruh Indonesia.

 

 

3 Produk Elektronik Unggulan Indonesia & Potensi Ekspor Produk Elektronik

 

Bicara produk elektronik maka kita bicara soal bagaimana perkembangan teknologi menjadi trigger dalam perkembangan bisnis produk elektronik di Indonesia. Sehingga berdasarkan kondisi itulah, wajar jika saat ini Indonesia focus dalam pengembangan ekspor untuk pengembangan produk elektronik di Indonesia.

 

 


                                                                                        sumber : republika 


Sekadar memberikan satu perspektif bagaimana sebuah produk elektronik mampu menjadi salah satu factor pendukung peningkatan pendapatan Indonesia berdasarkan ekspor produk elektronik dari Indonesia. Kita bisa melihatnya dari beberapa kondisi terkini yang ada di Indonesia. Data ini memang berasal dari beberapa institusi terkait yang ada di Pemerintahan Indonesia serta data pendukung yang ada di luar Pemerintahan Indonesia.

 

1.      Saat ini produk elektronik menjadi salah satu produk unggulan ekspor Indonesia. Dimana berdasarkan data yang berasal dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) khususnya pada Penanaman Modal Asing (PMA) pada tahun 2016 dan 2017 saja sudah bisa menyumbangkan  angka 13,5 persen investasi dari total aliran investasi yang masuk ke FDI ( Foreign Direct Investment ) .

2.      Hingga memasuki tahun 2019/2020 saja nilai total ekspor produk elektronik dan telematika Indonesia sudah mampu mencapai angka US$7,8 miliar. Dimana total negara tujuannya sendiri adalah Amerika Serikat, China, Jerman, Hongkong serta masuk ke negara-negara Asean seperti :  Malaysia, Filipina, Thailand,

3.      Sedangkan kondisi terkini yang bisa di dapatkan dari ekspor Indonesia, di tahun 2020 nilai pendapatan langsungnya adalah $5,553juta. Kondisi ini merupakan kontribusi positif bagi Indonesia karena di tahun sebelumnya nilainya  adalah 39,4 persen dengan rata-rata peningkatan ekspor bisa mencapai 12,2 persen.

4.      Pada tahun 2025 prediksi peningkatan ekspor  produk elektronik Indonesia bisa mencapai angka US$9.9881 juta. Angka ini jelas  prediksi  positif jika kita melihat kondisi ekspor dari produk elektronik yang ada di Indonesia.

 

 

3 Produk Elektronik Unggulan Indonesia yang Mampu Bersaing dengan Produsen Dunia



 

Beragamnya variasi dan model produk   yang ada di dunia, namun tetap saja 3 produk elektronik berikut masih tetap menjadi produk unggulan bagi Indonesia.  Dimana ke-3 produk tersebut sudah mampu bersaing dengan varian produk elektronik yang di produksi oleh raksasa-raksasa produk seperti Jepang, Korea, China dan lainnya.

 



Memang untuk produk unggulan elektronik ini tidak saja menjadi produk elektronik unggulan Indonesia di luar negeri. Tetapi di dalam negeri sendiri dengan besarnya potensi  jumlah pendudukan Indonesia, nyatanya ke tiga produk ini bisa menjadi salah satu  yang memberikan kontribusi terbesar dalam  perdapatan dari sector industry elektronik.  Di mana perspektifnya adalah dengan penghasilan rumah   tangga hingga mencapai Rp10 juta ($690) per bulan, maka ke- tiga produk elektronik ini bisa menjadi produk  unggulan untuk sector industry elektronik di Indonesia,

 

 1.      Produk unggulan elektronik : Perangkat Audio dan Video

Berdasarkan historical yang ada di industry elektronik maka pergerakan produk elektronik semacam audio dan video ini cukup menarik. Ambil contoh di tahun 2018 nilainya saja sudah bisa mencapai angka US$123 juta. Dengan posisi saat ini dan perkembangannya yang cukup baik di dalam dan luar negeri, maka prediksi pertumbuhannya bisa mencapai 27,7 persen dari tahun 2019 hingga 2026. Angka yang bisa di prediksi dari pertumbuhan  tersebut  bisa mencapai US$1.502 juta di tahun 2026. Sehingga prediksi positifnya adalah dengan pendapatan rumah tangga Indonesia yang berada di kisaran Rp5-7 juta saja, maka ada kisaran 9% dari pengeluaran rumah  tangga yang ada di Indonesia di gunakan untuk memenuhi kebutuhan produk elektronik seperti produk Audio dan Video.

 

2.      Produk unggulan elektronik : Peralatan dan Perlengkapan Rumah  Tangga

Ada hal menarik khusus untuk produk elektronik yang satu ini dimana terjadi pertumbuhan permintaan yang cukup tinggi. Yaitu pergeseran yang terjadi pada beberapa produk peralatan dan perlengkapan rumah tangga dari produk yang masuk kategori produk barang mewah hingga menjadi produk kebutuhan rumah tangga.  Prediksinya adalah untuk produk elektronik yang satu ini akan bisa mencapai angka $1.798 juta pada tahun 2025. Sedangkan historicalnya bisa terjadi seperti berikut:  pada tahun 2020 angkanya sudah bisa mencapai US$866 juta jika tingkat pertumbuhannya berada diangka 15,7 persen maka di tahun 2025 bisa mencapai US$1.798 juta.

 

3.      Produk unggulan elektronik : Produk Smartphone / Telepone Seluler

Dengan prediksi pada waktu dahulu di tahun 2020angka penggunaan smartphone di Indonesia bisa mencapai 81,8 juta pengguna smartphone. Maka di prediksi hingga akhir tahun 2022 bisa mencapai angka penggunaan 89,9 juta pengguna.

 

 

3 Tantangan Terkini dalam Pengembangan Produk Elektronik di Indonesia

 

Tidak bisa di pungkiri bahwa saat ini produk elektronik tidak bisa di pisahkan dari kehidupan manusia, Dimana dari bangun tidur hingga tidur Kembali, kita selalu berdekatan dengan produk elektronik. Sehingga tidak salah jika produk elektronik bisa menjadi salah satu produk unggulan tidak saja di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. 

 

Konsep dan perspektif bisnis itulah yang pada akhirnya harus menjadi satu pemikiran positif tidak saja untuk Pemerintah terkait dengan Kementerian yang ada di dalamnya. Juga pelaku dalam bisnis produk elektronik yang harus menjadikan kondisi ini adalah sebuah concern tersendiri dalam  pengembangan produk elektronik di Indonesia. Mengingat saat ini dalam pengembangan produk elektronik ada 3 hal yang menjadi kendala atau penghalang dalam pengembangan produk elektronik di Indonesia:

 

1.      Indonesia dalam industry dan pengembangan produk elektronik masih mengalami  kendala dalam hal kurangnya industry atau pihak yang melakukan pemasokan untuk komponen produk elektronik  yang ada di Indonesia.  Karena saat ini kondisinya adalah hanya sekitar 80 dari total 510 pelaku bisnis UMKM yang  bergerak dalam bidang industry manufacture  peralatan listrik.

2.      Indonesia dalam industry dan pengembangan produk elektronik masih terkendala masalah infrastruktur yang masih belum memadai.  Dimana kondisinya saat ini mayoritas industry produk elektronik masih berpusat di Pulau Jawa dan Batam. Sehingga distribusinya belum merata di seluruh Indonesia.

3.      Indonesia dalam industry dan pengembangan produk elektronik masih terkendala masalah sumber daya manusianya yang belum terampil. Sehingga kondisi seperti ini masih menyebabkan belum bisa maksimal dalam proses produksi industry elektronik di Indonesia. Padahal dengan kondisi dan tren bisnis produk elektronik yang ada di Indonesia  hingga  tahun 2025 volume pasar untuk produk ini bisa mencapai US$9.9881 juta sebuah potensi yang cukup besar untuk Indonesia yang terkenal sebagai negara agraris di dunia.

 

Terkait dengan perlunya pengembangan pasar untuk produk elektronik Indonesia. Maka pemerintah mengembangkan potensi pasar ekspor dengan melakukan beberapa kebijakan. Dimana salah satu kebijakan yang bisa di jalankan adalah bekerja sama dengan pelaku bisnis yang melakukan aktivitas orientasi ekspor.  Adalah Abang Express sebuah entitas bisnis logistic yang saat ini mengembangkan diri menjadi salah satu entitas bisnis yang memiliki visi dan misi salah satunya mendukung bisnis UMKM. Dimana dengan perannya sebagai salah satu pelaku bisnis dibidang logistic ekspor perusahaan tersebut mendukung program pemerintah dalam kaitan memajukan pelaku bisnis UMKM dalam mengembangkan pasar ekspor khususnya untuk produk-produk elektronik yang berasal dari Indonesia.

 

 

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...