Minggu, 23 Oktober 2022

3 Kunci Dalam Pengembangan Ekosistem Logistik di Indonesia

 

3 Kunci Dalam Pengembangan Ekosistem Logistik di Indonesia

 Tidak bisa di pungkiri, saat ini logistic menjadi salah satu sector yang memberikan kontribusi cukup tinggi bagi perekonomian Indonesia. Kondisi tersebut jelas terlihat sejak pandemic covid melanda Indonesia. Hingga saat ini kita bisa lihat bagaimana bisnis logistic mampu memberikan supporting bagi perkembangan bisnis lainnya.  Itulah sebabnya, di butuhkan satu integrasi system yang  baik guna makin menguatkan keberadaan industry logistic di Indonesia.

  

Kondisi dan prediksi tersebut bukan tanpa alasan, karena sejak terjadinya pandemi covid  tahun 2019 hingga memasuki semester ke-2 tahun 2022, kondisi bisnis logistic  yang ada di Indonesia selalu memberikan peningkatan yang cukup signifikan. Terbukti dengan adanya peningkatan tren pemulihan ekonomi Indonesia yang terus membaik, dimana berdasarkan kondisi yang ada hingga memasuki semester ke-2 tahun 2022 angka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tumbuh diangka 5,44%.




 Besarnya pertumbuhan ekonomi pada saat justru dunia sedang di prediksi akan terjadinya resesi ekonomi membuktikan bahwa Indonesia dengan keragaman bisnisnya masih mampu bertahan dalam kondisi ekonomi global “ yang mungkin bisa mengarah ke dalam kondisi resesi”. Sekalipun hal itu belum bisa di pastikan, namun yang pasti terjadinya pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi pada saat ini di pengaruhi oleh dua hal yaitu factor domestic dan factor global. Dimana keuntungan yang bisa di dapatkan oleh Indonesia adalah terkait dengan adanya kenaikan harga komoditas unggulan yang di ekspor oleh Indonesia.  Sehingga hal itu jelas berdampak pada peningkatan pendapatan ekspor Indonesia.

 

Bisnis Logistik  Salah Satu Supporting Terbaik Bagi Perkembangan Bisnis di Indonesia

 

Kondisi tersebut semakin di buktikan dengan melihat tren yang terjadi saat ini, dimana sector logistic mampu berbicara lebih dibandingkan sector industry lainnya yang ada di Indonesia.  Hal itu bisa kita lihat dari semakin tingginya pendapatan yang berasal dari ekspor. Kita bisa katakan, bahwa  hal itu bisa di pengaruhi oleh beberapa factor. Karena  ketika kita bicara soal bisnis ekspor sejatinya ada minimal 3 komponen yang terkait dengan bisnis  tersebut : (1) Produk  unggulan yang menjadi obyek utama sebuah aktivitas ekspor (2) Bisnis atau ekosistem Logistik yang menjadi pendukung utama dalam sebuah aktivitas ekspor  (3) Pelaku bisnis yang menjalankan bisnis ekspor. Ketika komponen  itulah yang pada akhirnya menjadi kunci dalam kesuksesan sebuah aktivitas bisnis yang bernama ekspor.

 Lantas apa sebenarnya yang di namakan bisnis atau industry logistic, kenapa sekalipun fungsinya hanya sebagai supporting. Tetapi justru bisa menjadi kunci dari kesuksesan sebuah aktivitas bisnis. Logistik adalah sebuah proses aktivitas yang mencakup didalamnya adalah kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan pemindahan barang,  melakukan implementasi dengan menentukan jenis transportasi  yang akan di gunakan serta pengawasan  yang berhubungan dengan penerimaan barang, penyimpanan sementara hingga pengiriman kepihak yang  berkepentingan dengan barang tersebut.

 Sehingga atas dasar itulah, memang di butuhkan adanya peran serta atau kebijakan yang mendukung kelancaran ketiga proses kerja tersebut agar ekosistem logistic bisa berjalan dengan lancar.  Berdasarkan kondisi itulah, tidak berlebihan jika pada akhirnya pemerintah memperkuat bisnis logistic yang dituangkan dalam 3 fase perbaikan bisnis logistic di Indonesia : (1) Fase pertama telah di mulai hingga tahun 2015. Dimana focus dari fase pertama ini adalah menurunkan biaya logistic yang ada di Indonesia hingga mencapai 25%  dari PDB ( Pendapatan Domestik Bruto). Penurunan ini cukup memberikan supporting yang bagus untuk perkembangan bisnis logistic di Indonesia (2) Fase kedua di mulai dari kurun waktu 2016 – 202. Berbeda dengan fase pertama karena dalam  fase kedua ini bertujuan untuk bisa mengintegrasikan system jaringan logistic yang ada di Kawasan Asean. Jika ini berhasil maka akan semakin menarik bagi pelaku bisnis  yang bermain di dalam industry logistic ekspor pada khususnya. (3) Fase ketiga adalah apa yang di sebut sebagai terobosan menarik untuk industry logistic dalam negeri. Karena pemerintah berharap bisa mengintegrasikan  seluruh jaringan logistic global hingga  tahun 2021-205. Sekalipun agak berat, tetapi berharap bisa di laksanakan dengan target utama penurunan  biaya logistic nasional menjadi 18% dari PDB secara nasional di tahun 2024.




 Adalah Abang Express, salah satu pelaku dalam industry logistic yang sejak tahun 2020 melakukan inovasi dalam memberikan layanan ekspor kepada klien kliennya. Tidak saja sekadar memberikan layanan ekspor.  Tetapi perusahaan juga di tuntut untuk bisa memberikan dukungan kepada pelaku UMKM yang akan melakukan ekspor terutama ekspor ekspor dalam jumlah yang kecil. Dengan model bisnis yang kami jalankan seperti system ekspor rasa domestic, hingga kemudahan melakukan ekspor. Nah dengan program seperti ini kami berhasil membantu atau setidaknya mendukung keberadaan pelaku bisnis UMKM yang akan melakukan ekspor untuk pengembangan pasar dari produknya ke luar negeri.

 

 

 

Rabu, 12 Oktober 2022

Potensi Produk Ekspor Indonesia dalam Perspektif Ekspor ke Timur Tengah

 

Bukan tanpa alasan jika di katakan ekspor Indonesia ke negara UEA (United Emirad Arab) terus di kembangkan oleh pemerintah. Karena berdasarkan data saja, hingga sepuluh tahun terakhir nilai perdagangan ekspor Indonesia meningkat cukup significant sekitar 53,90 persen.  Dimana jika di deskripsikan dalam angka bisa berada di angka USD844,4 juta.

 

sumber : goodnews from Indonesia 

 

Kondisi tersebut memang bukan tanpa dasar, karena dengan melihat tren yang terjadi dalam 2 tahun terakhir saja nilainya cukup menarik. Untuk tahun 2021 saja total perdagangan ekspor Indonesia berada diangka USD4,0 miliar atau terjadi peningkatan sebesar 38 persen. Naik lebih tinggi dibandingkan dengan nilai yang terjadi pada tahun 2020 yang masih diangka USD2,9 miliar.

 Yang menarik adalah berdasarkan data dan informasi yang telah di peroleh dari beberapa sumber kita bisa melihat bahwa tren kenaikan nilai ekspor Indonesia berada di angka 1,44 persen periode 2017-2021. Sementara justru tren kenaikan nilai perdagangannya sendiri secara total hanya mencapai 0,44 persen. Dimana Ketika kita bicara soal produk keunggulan yang di ekspor ke negara United Emirad Arab adalah barang-barang yang masuk barang perhiasan dan lainnya, minyak kelapa sawit dan turunannya. Kemudian ada juga produk kendaraan bermotor , produk apparatus ( peralatan) elektronik untuk telepon seluler dan apparatus penerimaan lainnya  untuk produk televisi.

 

Pemerintah Mendorong Eksportir Muda Indonesia Aktif Melakukan Ekspor ke Uni Emirad Arab

 

sumber : BPS, Dirjen Bea Cukai 

Bicara soal produk Indonesia yang banyak di ekspor ke Timur Tengah atau Uni Emirad Arab, memang hingga kini kita masih mengatakan bahwa belum maksimal di lakukan oleh pelaku bisnis yang ada di Indonesia.  Padahal jika kita melihat potensi yang bisa di kembangkan untuk masa kini dan mendatang jelas menjadi satu hal yang menarik. Terlebih saat Indonesia dengan beragam kebijakannya sedang gencar-gencarnya melakukan aktivitas ekspor untuk menunjang peningkatan pendapatan dari luar negeri.

 Itulah sebabnya dengan besarnya potensi yang di miliki Indonesia, maka pemerintah mencoba untuk mengajak para generasi muda yang berminat untuk ekspor agar bisa mengoptimalkan potensi yang ada dengan kemudahan ekspor yang diberikan oleh pemerintah.  Tinggal bagaimana kita sebagai pelaku bisnis melihat potensi yang ada di Indonesia untuk di kembangkan dalam skala ekspor. Karena kita tahu beragam jenis produk yang bisa di kembangkan skala volume ekspornya adalah  beberapa produk yang memang sumbernya masih  cukup berlimpah di Indonesia : produk minyak bumi dan gas alam, kemudian produk-produk yang termasuk hasil tambang  yang termasuk di dalamnya adalah emas, batubara, nikel dan juga di dalamnya ada produk yang dari perkebunan seperti rempah-rempah, hingga perkebunan dan sumber daya laut. Berdasarkan kondisi yang tersedia saat ini kita bisa melihat bahwa negara tujuan ekspor Indonesia adalah China, Amerika Serikat, dan India sedangkan untuk Timur Tengah maka tujuan ekspor Indonesia baru ada di Arab Saudi dengan nilai ekspor yang ada hingga memasuki bulan Mei 2022 adalah US$102,41 juta.

 Untuk menjelaskan sejauh mana Indonesia mampu menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia bisa kita lihat dari 10 negara tujuan utama ekspor Indonesia yang ada di Kawasan Timur Tengah dan Afrika.  Dimana data yang tersaji adalah berdasarkan data yang di dapat pada periode Januari – November 2021 Uni Emirad Arab dengan total nilai ekspor Rp1,7 miliar, kemudian ada negara Mesir dengan nilai Rp1,4 miliar, Arab Saudi sendiri nilai ekspornya masih sama dengan Mesir di angka US$1,4 Miliar. Untuk negara-negara yang ada di Kawasan Afrika adalah seperti beberapa negara berikut : Afrika Selatan  dengan nilai ekspor US$846,8 juta,  negara Kenya dengan nilai Rp494,5 juta, Nigeria juga masuk dalam daftar 10 negara ekspor utama di Kawasan Afrika dengan nilai US$421,5 juta, Tanzania dengan nilai ekspor US$339,4 juta dan 3 negara lainnya adalah Yordania US$283,7 juta, Djimbouti US$275 juta dan Togo dengan nilai US$232,4 juta.

 Dengan semakin tingginya perkembangan ekspor yang ada di Indonesia, maka  ekosistem logistic yang akan mendukung perkembangan bisnis ekspor di Indonesia juga berkembang.  Seperti misalnya pelaku bisnis yang ada di sector industry logistic seperti Abang Express sudah pasti keberadaannya harus bisa membawa dampak positif bagi pelaku bisnis yang juga memiliki focus pada kegiatan ekspor . Karena dengan adanya dukungan dari stage holder yang berhubungan dengan bisnis ekspor sudah pasti ekosistem yang ada di bisnis ekspor itu sendiri sudah harus menyesuaikan kondisinya dengan situasi dan kondisi yang ada di beberapa negara tujuan ekspor. Sehingga pada akhirnya terjadi ekosistem ekspor yang bisa mendukung percepatan dan pengembangan aktivitas ekspor ke arah yang lebih baik dimasa kini dan mendatang.

 #umkm, #ekspor, #indonesia, #product, #business

Selasa, 11 Oktober 2022

10 Produk Unggulan Indonesia Yang Mampu Bersaing di Pasar Global

 

Indonesia sebagai negara dengan potensi sumber daya alamnya yang besar, jelas memiliki kemampuan untuk bisa menjadi negara eksportir terbesar di dunia. Kenapa, karena dengan banyaknya variasi produk yang bisa di kembangkan membuat Indonesia mampu menjadi negara yang bisa mensupplai banyak produk yang dibutuhkan dunia.

 


Menjadi negara dengan tujuan ekspor terbesar di dunia memang perlu menjadi impian kita sebagai salah satu negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang luas serta keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Hal ini sejatinya bisa menjadi salah satu dasar jika sebuah negara ingin bisa menjadi salah satu negara yang mampu menjadi eksportir utama dunia.  Hanya memang  bukan perkara mudah untuk kita bisa melakukan kondisi tersebut butuh adanya beberapa penyesuaian dan konsistensi agar Indonesia bukan sekadar eksportir biasa tetapi memang eksportir yang professional.

 Nah untuk anda yang saat ini masih menjadi pemain bisnis dalam skala UMKM ( Usaha Micro Kecil dan Menengah). Tidak perlu risau, karena justru saat inilah saatnya anda mengembangkan bisnisnya ke pasar ekspor. Besarnya potensi yang ada di pasar ekspor memang sangat luar biasa, tidak saja untuk satu benua saja tetapi kita bisa memasok produk unggulan kita ke semua benua yang ada di seluruh dunia.

 

10 Produk Ekspor Unggulan Yang Bisa Bersaing dengan Produk Negara Lain

 


Berdasarkan kondisi yang ada saat  ini di dunia, setidaknya ada beberapa produk ekspor yang cukup bagus dan bisa menjadi produk unggulan yang ada di dunia. Tidak saja unggulan karena memang produk tersebut memiliki keunggulan yang jarang di miliki oleh negara lain. Ataupun produk tersebut memang memiliki value yang pada akhirnya negara luar melihat produk Indonesia lebih baik dari segi kualitas produknya.

 Diantara beberapa produk unggulan ekspor yang ada di Indonesia dan menjadi sebuah komuditas ekspor unggulan di dunia, maka kita bisa bagi produk tersebut dalam 10 jenis produk unggulan ekspor yang ada di dunia :

 1.      Produk unggulan pertama adalah Produk Udang

Indonesia terkenal dengan potensi ikan dan sejenisnya yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Sehingga sangat wajar jika pada akhirnya potensi produk udang Indonesia masuk dalam katagori produk unggulan ekspor Indonesia.

2.      2Produk unggulan kedua adalah Produk Kopi

Beragam jenis cita rasa kopi yang ada di Indonesia yang berasal dari nusantara pada akhirnya menjadi satu kekuatan tersendiri yang akan menjadikan produk kopi Indonesia masuk dalam jajaran produk kopi terenak cita rasanya di dunia.

3.      3Produk unggulan ketiga adalah Produk Kelapa Sawit

Indonesia terkenal dengan besarnya potensi kebun sawit dan produksi sawit  yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga berdasarkan kondisi itulah Indonesia masuk dalam 3 besar negara penghasil kelapa sawit di dunia.

4.      4. Produk unggulan keempat adalah Produk Karet

Hampir sama dengan kelapa sawit, perkebunan karet yang ada di Indonesia juga bisa kita temui di hamper seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Sehingga wajar jika produksinya menjadi salah satu terbesar di dunia.

5.      5. Produk unggulan kelima adalah Produk Coklat

Produk coklat akan sama kondisinya dengan produk Kopi. Karena saat ini dengan semakin bagusnya harga kg coklat yang ada di Indonesia semakin memperkuat posisi produk coklat yang ada di Indonesia.

6.      6Produk unggulan keenam adalah Produk TPT

Produk ini bisa menjadi produk unggulan ekspor Indonesia karena produk TPT Indonesia memiliki kualitas yang bisa di banggakan.

7.      7. Produk  unggulan ketujuh adalah Produk Alas Kaki

Pengaruh pentingnya budaya Asia yang ada di Indonesia, pada akhirnya memang membuat sebuah produk alas kaki menjadi salah satu produk unggulan ekspor yang ada di Indonesia.

8.      8. Produk unggulan kedelapan adalah Produk Elektronik

Meskipun produk elektronik Indonesia juga banyak yang berasal dari luar negeri. Tetapi pada dasarnya masyarakat Indonesia juga mulai mengubah care-nya kepada produk dalam  akan membuat produk elektronik Indonesia semakin banyak di minati.

9.      9. Produk unggulan kesembilan adalah Produk Kendaraan bermotor

Saat  ini dengan jumlah penduduk Indonesia yang cukup besar, sejatinya  Indonesia menjadi salah satu market import dari semua importir  yang ada di Indonesia.

1110.Produk unggulan kesepuluh adalah Produk Furniture.

Produk yang masuk dalam urutan ke-10 adalah produk furniture.  Kita semua  tahu bahwa produk furniture Indonesia  terkenal karena keunikan, dan kekhasan produknya yang masih kental dengan unsur budaya Indonesia.

 

Butuh Sinergi dan Integrasi Sistem Logistik Demi Tercapainya Kesempurnaan Bisnisnya

 Terkait dengan besarnya potensi bisnis ekspor yang ada di luar negeri, maka tidak akan sempurna kondisinya jika semua pihak baik Pemerintah Pusat/Swasta serta stage holder yang terkait dengan bisnis ekspor Bersatu demi majunya pelaku bisnis UMKM  yang ada di Indonesia.  Karena mustahil UMKM akan bisa maju dan berkembang Ketika semua stage holder tidak Bersatu dalam satu kesatuan system bisnis yang ada.

 Contoh mudah yang bisa kita lihat adalah, peran perusahaan logistic seperti Abang Express. Posisinya yang bergerak di industry logistic/ pengiriman barang ekspor justru idealisme yang ingin di jalankan oleh pelaku bisnis ini adalah ingin menjadi mitra atau partner bisnis dari pelaku bisnis UMKM . Dengan jaringan dan kemampuan  yang di milikinya perusahaan tersebut yakin bahwa UMKM sebenarnya punya potensi yang sama dalam ekspor ke luar negeri.

 Itulah beberapa hal yang mesti menjadi perhatian kita semua pada saat kita sudah focus dalam kaitan pengembangan dan perluasan pasar ekspor maka semua  pihak harus bahu membahu dan bekerjasama demi tercapainya satu tujuan yaitu menjadikan UMKM Indonesia salah satu pelaku bisnis ekspor yang di segani di dunia.

Senin, 10 Oktober 2022

Potensi UMKM sebagai Trigger Bagi Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional

Secara bisnis kita  ketahui bahwa salah satu kunci peningkatan ekonomi nasional adalah di dukung  oleh kontribusi pelaku bisnis UMKM. Sehingga wajar jika kita katakana bahwa pebisnis UMKM adalah salah satu pelaku bisnis  yang tahan terhadap krisis. Salah satunya dapat  kita lihat bahwa sejak berjangkitnya pandemic covid  pelaku bisnis UMKM masih bisa berkontribusi positif  bagi ekonomi  Indonesia.

 

                                                            sumber : BKPM

Ada beberapa  hal yang mendasari kenapa pada akhirnya kita bisa mengatakan bahwa peran pelaku bisnis UMKM mampu menjadi trigger bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia. Setidaknya ada beberapa kondisi yang bisa memperkuat statemen diatas terkait besarnya potensi bisnis yang bisa di jalankan oleh para UMKM bagi bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia :

1.      Secara spesifik  kita bisa jelaskan sesuai data yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, bahwa saat  ini jumlah pelaku bisnis UMKM ada sekitar 64,19 juta pelaku bisnis.  Dimana kontribusi yang bisa diberikan kepada negara yaitu perekonomian Indonesia khususnya terhadap PDB ( Produk Domestik Bruto) adalah sebesar 61,97% yang jika di akumulasikan dalam nilai rupiah menjadi Rp8.573,89 triliun. 

2.      Hingga  memasuki tahun 2022 jumlah pelaku bisnis UMKM yang sudah masuk dalam Ekosistem Digital  mencapai 19 juta pelaku bisnis yang di sampaikan  oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Sekalipun target yang diharapkan oleh pemerintah masih cukup jauh yaitu mencapai 30 juta pelaku UMKM hingga  tahun 2024. Namun dengan adanya 19 juta pelaku UMKM artinya mereka sudah mulai care dan peduli terhadap perlunya mereka menggunakan teknologi untuk pengembangan bisnis mereka.

3.      Artinya dari total pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia sudah sekitar 30,4 persen yang sudah masuk dalam platform  e-commerce. Sehingga dengan kondisi seperti ini jika semua pelaku UMKM tersebut masuk dan menggunakan media tersebut untuk menunjang bisnis mereka maka kita sudah bisa tentukan berapa besar penghasilan yang bisa di dapatkan oleh Indonesia dari  media tersebut.

4.      Bisa di katakan saat ini dengan semakin pedulinya pelaku  bisnis UMKM terhadap perkembangan teknologi. Pada akhirnya bisa kita katakana  bahwa kondisi tersebut bisa mengubah wajah perkembangan pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut jelas di tunjang oleh adanya 3 hal seperti :

A.     Semakin gencarnya pelaku bisnis UMKM dalam menggunakan  sarana teknologi, informasi dan komunikasi yang kesemua itu tidak terlepas dari adanya dukungan dari pemerintah terkait.

B.     Semakin besarnya dukungan dari Lembaga pembiayaan terkait dengan bisnis UMKM. Sehingga saat ini semakin banyak pelaku bisnis pembiayaan  yang tertarik untuk memberikan dukungan modal bagi para pebisnis UMKM.

C.      Kepedulian Pemerintah terkait dalam hal pengurangan atau penurunan tarif PPh Final, sehingga hal ini jelas membantu pelaku bisnis UMKM dalam menghemat cost yang berhubungan dengan pembayaran pajaknya.

 Berdasarkan kondisi itulah, maka wajar jika pada akhirnya saat ini pelaku bisnis UMKM semakin yakin bahwa  keberadaannya makin di perhitungkan tidak saja oleh Pemerintah terkait, tetapi juga oleh pelaku bisnis swasta yang ada di Indonesia. Sehingga dengan kondisi itulah, sudah saatnya jika orientasi pelaku bisnis UMKM harus mulai focus untuk mengembangkan pasar ekspor.

 4 Kebijakan Menarik Yang di Berikan Pemerintah Guna Mendukung Perkembangan Ekspor Indonesia




Mungkin saat inilah waktu yang tepat bagi Indonesia dan pelaku bisnis UMKM dalam peningkatan perannya untuk pasar ekspor. Karena selain adanya momentum  yang lebih baik di pasar global. Juga Pemerintah saat ini telah memberikan beragam kebijakan yang bisa mendukung aktivitas ekspor bagi pelaku bisnis UMKM di Indonesia.

Tercatat ada 4 kebijakan yang akan bisa meningkatkan perkembangan bisnis ekspor bagi pelaku bisnis UMKM yang ada di Indonesia.

1.     Kebijakan Pertama : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan ekspor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah sudah jelas yaitu agar aktivitas ekspor Indonesia bisa bersaing dengan negara eksportir lainnya. Hingga pada akhirnya Indonesia dengan adanya beberapa kebijakan tersebut bisa memberikan daya saing terbaik untuk Indonesia.

2.     Kebijakan Kedua : Melakukan Penyederhanaan terkait system Pengurangan Jumlah Larangan dan Pembatasan untuk kegiatan impor.

Tujuan dari kebijakan ini adalah agar ketersediaan bahan baku yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan ekspor produk yang bersangkutan bisa lebih meningkat.  Sehingga harapannya kedepan ekspor Indonesia justru akan lebih meningkat.

3.     Kebijakan Ketiga : Melakukan Percepatan system aktivitas ekspor dan impor terkait peningkatkan reputable traders.

Artinya adalah kebijakan tersebut di buat untuk meningkatkan performance perusahaan yang terkait ekspor dan impor agar bisa memiliki tingkat kepatuhan  yang  tinggi.

4.     Kebijakan Keempat : Melakukan Peningkatan system untuk  Percepatan Layanan Proses ekspor dan impor dengan melakukan pengawasan melalui pengembangan NLE ( National Logistics Ecosystem).

 

Nah berdasarkan ke-4 kebijakan itulah, pada akhirnya sesuai  dengan apa yang di harapkan oleh  Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bahwa perlu adanya satu integrasi system yang ada di semua stage holder UMKM  yang ada di Indonesia. Maka Abang Express selaku salam satu pelaku bisnis yang bergerak di bidang logistic khususnya dalam mendukung aktivitas ekspor para pelaku bisnis UMKM menyambut baik ajakan tersebut dengan membuat satu program.

 Dimana program yang saat  ini sedang di jalankan adalah mencoba untuk membantu para UMKM  yang akan melakukan pengembangan pasarnya dengan aktivitas ekspor. Kesemua itu di lakukan oleh perusahaan bersama dengan mitra dan partner terkaitnya yang berasal dari Pemerintah dan Pelaku bisnis swasta agar bisa membantu pelaku bisnis UMKM agar bisa lebih bersaing di pasar ekspor untuk memperkenalkan dan memajukan produk unggulan UMKM di dunia.

 

 

Kamis, 06 Oktober 2022

20 Jenis Produk Andalan Ekspor Indonesia dengan Beragam Keunggulan

 

Menjadi salah satu negara eksportir terbesar di dunia adalah salah satu tujuan Indonesia sebagai negara eksportir. Di mana salah satu keunggulannya adalah Indonesia memiliki begitu banyak produk unggulan yang bisa di ekspor. Itulah kenapa, saat ini  Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendukung aktivitas ekspor Indonesia dalam rangka meningkatkan pendapatan negara dari transaksi ekspor.

 

                                                                      sumber : akseleran

Salah satu keuntungan yang bisa di dapatkan Indonesia sebagai sebuah negara besar eksportir di dunia adalah bahwa Indonesia  merupakan  negara kepulauan  yang memiliki  banyak budaya dan adat istiadat. Sehingga berdasarkan kondisi itulah maka Indonesia memiliki begitu banyak produk yang tidak saja di hasilkan dari keanekaragaman Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di seluruh Indonesia.  Tetapi juga produk-produk yang dihasilkan dari adanya pengembangan kreatifitas budaya yang ada di seluruh nusantara.

 Karena bagaimanapun juga, berhasilnya  Indonesia menjadi salah satu eksportir dunia adalah hal itu didasarkan pada satu kondisi :

 1. Masyarakat dunia suka dengan produk-produk yang berasal dari hasil perkebunan yang ada di Indonesia. Sehingga  produk seperti Kopi, Kakao, Karet dan sejenisnya menjadi salah satu produk ekspor unggulan Indonesia. Begitupula dengan produk-produk yang berasal dari hasil perikanan Indonesia seperti : Udang, serta  beragam jenis ikan  yang di miliki Indonesia salah satunya Ikan Tuna.

2. Masyarakat dunia suka dengan produk-produk kreatif dan hasil  kerajinan tangan Indonesia. Karena desainnya adalah berdasarkan  keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia seperti : Batik Tulis ataupun Batik Printing dengan beragam desain dan  motifnya, ada juga produk Alas kaki yang berasal dari beragam jenis bahan.

 3. Masyarakat dunia saat ini lebih menyenangi produk-produk yang masih kental dengan bahan baku asli dari alam. Sehingga produk dari  Indonesia seperti Minyak Kelapa Sawit  menjadi salah satu produk unggulan ekspor Indonesia. Karena dari produk itulah akhirnya bisa di Kembangkan menjadi beragam jenis produk hasil olahan pabrik.

  

20 Jenis Produk  Unggulan Ekspor Indonesia dengan Beragam Spesifikasi Produknya

 

Itulah sebabnya, hingga saat ini masyarakat dunia masih tertarik untuk mendapatkan begitu banyak produk yang berasal dari Indonesia. Dimana  untuk Indonesia sendiri permintaan masyarakat dunia terhadap produk-produk yang ada di Indonesia itu sendiri dibagi menjadi dua katagori produk yaitu produk ekspor utama Indonesia dan produk potensial Indonesia.  Kedua katagori produk tersebut sama-sama memiliki keunggulan dan kelebihannya yang memang saat ini banyak diminati masyarakat dunia :

 

                                                                    sumber : kementerian koperasi

Beragam Katagori Produk Utama Ekspor Indonesia hingga tahun 2022

 Produk Perikanan Indonesia: Udang

Berdasarkan potensi marketnya  produk udang ini  banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia seperti (Jepang, Hong Kong, China, Singapura, Malaysia, Taiwan, Thailand, Korea Selatan, Vietnam), Kawasan Australia (Australia), Kawasan Amerika Serikat (Amerika Serikat) serta Kawasan Eropa seperti (Belgia, Inggris, Spanyol, Perancis, Kanada, Belanda, Italia, Jerman).

 Produk Perkebunan Indonesia: Kopi

Berdasarkan potensi marketnya produk kopi ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Amerika (Brazil, Argetina, Amerika), Kawasan Eropa (Spanyol, Italia, Turky, Inggris), Kawasan Afrika (Mesir) dan Kawasan Asia (India, China, Thailand, Jepang, Vietnam, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Sri Lanka, Banglades, Iran)

 Produk Perkebunan Indonesia: Minyak Kelapa Sawit

Berdasarkan potensi marketnya produk kopi ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (India, China, Malaysia, Pakistan, Iran, Turky, Singapura, Banglades, Vietnam, Yordania), Kawasan Afrika (Tanzania, Afrika Selatan, Mesir, Mozambik), Kawasan Eropa ( Rusia  Jerman, Spanyol, Italia) serta Kawasan Amerika (Amerika)

 Produk Perkebunan Indonesia: Kakao

Berdasarkan potensi marketnya produk Kakao ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Malaysia, Singapura, Thailand, China, India, Jepang, Filipina, Taiwan, Sri Lanka), Kawasan Amerika (Amerika Serikat, Brasil), Kawasan Eropa (Kanada, Jerman, Belanda, Rusia, Swiss, Belgia, Inggris).

 Produk Perkebunan Indonesia: Karet

Berdasarkan potensi marketnya produk Karet  ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia ( Jepang, Malaysia, Filipina, Arab Saudi, Thailand, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Sri Lanka, Korea Selatan), Kawasan Amerika (Amerika Serikat), Kawasan Eropa (Inggris, Jerman, Belgia, Italia, Belanda, Kanada),  Kawasan Australia ( Australia), Kawasan Afrika (Mesir).

 Produk Pabrikan Indonesia Tekstil dan turunannya : Tekstil

Berdasarkan potensi marketnya produk Tekstil ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Singapura, Hong Kong, Sri Lanka, Korea Selatan, Arab Saudi, Jepang), Kawasan Amerika (Amerika Serikat, Mexico, Panama), Kawasan Afrika (Ethiopia, Nigeria, Kenya, Tunisia, Sudan), Kawasan Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Kanada, Belanda, Spanyol, Perancis).

 Produk Pabrikan Indonesia: Alas Kaki

Berdasarkan potensi marketnya produk Alas kaki ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia ( , Jepang, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Australia, China, Hong Kong), kawasan Australia ( Australia), Kawasan Amerika ( Amerika serikat, Panama, Meksiko, Chile, Spanyol), Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Eropa ( Belgia, Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Kanada).

 Produk Pabrikan Indonesia: Elektronika

Berdasarkan potensi marketnya produk Elektronika ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Jepang, Taiwan, Korea Selatan, China, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Thailand, Vietnam), Kawasan Australia (Australia), Kawasan Eropa (Jerman, Belanda, Italia, Belgia, Inggris, Denmark, Perancis), Kawasan Amerika (Yunani, Amerika serikat, Polandia).

 Produk Komponen Kendaraan Bermotor Indonesia: Komponen Kendaraan Bermotor

Berdasarkan potensi marketnya produk Elektronika ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (China, Iran, Arab Suadi, Malaysia, Vietnam, Hong Kong, Jepang, Singapura, Thailand, Sri Lanka, India, Pakistan, Filipina, Uni Emirad Arab, ), Kawasan Eropa ( Perancis, Inggris, Jerman, Kanada, Belgia, Turkiye), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat), Kawasan Afrika Selatan ( Afrika selatan).

 Produk Pabrikan Indonesia: Furniture

Berdasarkan potensi marketnya produk Elektronika ini banyak di ekspor ke negara-negara Kawasan Asia (Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, China), Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Eropa ( Perancis, Inggris, Belanda, Belgia, Jerman, Italia, Kanada, Denmark, Swedia), Kawasan Amerika ( Spanyol, Amerika serikat), Kawasan Afrika ( Afrika Selatan).

 

Produk Ekspor yang menjadi Potensi Ekspor Indonesia

 Beragam Produk Kerajinan Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk kerajinan Indonesia adalah : Kawasan Asia (Jepang, Singapura, Hong Kong, Arab saudi, Korea Selatan), Kawasan Australia (Australia), Kawasan Afrika (Nigeria, Afrika Selatan), Kawasan Amerika ( Amerika serikat, Spanyol), Kawasan Eropa ( Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Belanda, Kanada, Belgia).

 Beragam Produk Perikanan Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk perikanan Indonesia adalah : Kawasan Australia ( Australia), Kawasan Asia (Jepang, Singapura, China, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Thailand, Korea Selatan).

 Beragam Produk Obat-Obatan Herbal Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk obat - obatan Indonesia adalah : Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Asia ( Singapura, India, Hong Kong, Jepang, Malaysia, China, Korea Selatan, Arab Saudi), Kawasan Eropa (Perancis, Jerman, Rusia, Belanda), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat).

 Beragam Produk Kerajinan Kulit Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk kerajinan kulit Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Hong Kong, Vietnam, Singapura, China, Thailand, Uni Emirad Arab, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan),  kawasan Afrika ( Afrika Selatan, Mesir), Kawasan Amerika ( Spanyol, Brazil, Amerika Serikat), kawasan Eropa ( Italia, Inggris, Jerman, Norwegia).

 Beragam Produk Kemasan dari Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk kemasan Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Singapura, Jepang, Malaysia, Filipina, Hong Kong, India, Kamboja, Thailand, Taiwan, Australia, Vietnam, Korea Selatan), Kawasan Australia ( Australia ).

 Beragam Produk Perhiasan dari Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk perhiasan Indonesia adalah : Kawasan Asia (Singapura, Jepang, Hong Kong), Kawasan Amerika ( Amerika serikat, Spanyol), Kawasan Eropa (Jerman, Inggris, Italia), Kawasan Australia ( Australia).

 Beragam Produk Minyak Nabati Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk minyak nabati Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Jepang, Vietnam, China, Hong Kong, Taiwan, India, Pakistan, Yaman, Arab Saudi), Kawasan Afrika ( Nigeria, Kenya), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat, Spanyol), Kawasan Eropa ( Belanda, Perancis, Inggris, Swiss).

 Beragam Produk Rempah Rempah Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk rempah-rempah Indonesia adalah : Kawasan Asia ( Singapura, Uni Emirat Arab), Kawasan Afrika ( Maroko, Aljazair, Tunisia), Kawasan Eropa ( Belanda, Jerman, Belgia), Kawasan Amerika ( Brazil).

Beragam Produk Alat Tulis Non Kertas  Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk alat tulis  Indonesia : Kawasan Asia ( Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Jepang, Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab), Kawasan Australia ( Australia ), Kawasan Eropa ( Selandia Baru, Jerman, Belgia, Inggris, Swedia), Kawasan Amerika ( Meksiko, Kolombia, Amerika Serikat).

 Beragam Produk Medis Indonesia

Beberapa negara yang menjadi target ekspor untuk produk alat tulis  Indonesia : Kawasan Asia ( Jepang, China, Singapura, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Samoa, Maladewa, India, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar), Kawasan Amerika ( Amerika Serikat), Kawasan Eropa ( Swiss, Belanda, Andorra, Jerman).

 

Besarnya potensi ekspor yang  ada di Indonesia memang pada akhirnya di butuhkan adanya ekosistem logistic yang bisa mendukung  bisnis ekspor untuk Indonesia. Abang Express salah satu pemain logistic  local yang concern dalam pemberian jasa pengiriman ekspor selalu berkomitmen untuk mendukung pelaku bisnis UMKM untuk bisa mengembangkan pasar internasional dengan mendukung aktivitas ekspor.

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...