Selasa, 27 Desember 2022

 UMKM saat ini menjadi salah satu sector bisnis yang bisa menjadi salah satu sector penting bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi makro yang ada di Indonesia. Di mana keberadaan pelaku bisnis UMKM itu sendiri pada akhirnya bisa di jadikan salah satu kunci sukses untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023.

 


Berdasarkan kondisi itulah,  maka pemerintah dalam  hal ini Kementerian terkait yang ada di Indonesia seperti Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan lainnya telah sejak beberapa waktu yang lalu concern dalam pengembangan bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Kenapa, karena sejak  berjangkitnya pandemic covid19  beberapa tahun lalu, salah satu sector bisnis yang  tahan terhadap kondisi tersebut adalah UMKM

 

Sehingga  atas dasar itulah, pemerintah pada akhirnya melihat bahwa potensi bisnis UMKM akan bisa menjadi salah satu kunci bagi perkembangan ekonomi dan bisnis  yang ada di Indonesia beberapa waktu yang lalu.  Setidaknya ada beberapa program yang di jalankan  oleh Kementerian terkait dalam rangka meningkatkan performance terbaik dari pergerakan ekonomi yng ada di Indonesia.

 Ada 2 Program Utama  Yang  DI Lakukan Pemerintah untuk Kemajuan Bisnis UMKM

 


Minimal dengan melihat dua hal yang telah di lakukan pemerintah  ini akan semakin menjadikan pelaku bisnis UMKM Indonesia semakin maju. Ada beberapa hal yang menjadi dasar kenapa pelaku bisnis UMKM sendiri semakin maju dan berkembang menjadi salah satu pelaku bisnis handal di Indonesia. Hanya memang apa yang sudah di lakukan oleh pemerintah harus di tindaklanjuti secara mandiri oleh pelaku bisnis.

 1.      Pemerintah berdasarkan data dan kondisi  yang ada akan melakukan pemetaan dan Analisa program pemberdayaan dari pelaku bisnis UMKM. Tujuan dari program ini adalah agar terjadi satu  sinkronisasi  program yang di lakukan  pemerintah kepada pelaku bisnis di Indonesia.

2.      Perlu adanya atau sesekali melakukan aktivitas pengkajian secara matang dengan melihat kondisi yang ada di beberapa negeri yang  sudah maju dalam mensinergikan  unsur harmonis dan sinkronisasi program yang ditujukan  kepada program  untuk pemberdayaan kepada pelaku  bisnis UMKM.

3.      Jangan lupa melakukan asesmen terhadap segala hal yang berhubungan dengan masalah asesmen program. Kenapa, karena agar terjadi satu kesinambungan  program dalam mendukung pertumbuhan bisnis ada UMKM.4.      Mencoba memberikan atau membagikan apa yang di sebut sebagai sebuah rekomendasi dari pelaku bisnis agar bisa di terapkan  untuk para pelaku  bisnis UMKM.

 Berdasarkan  kondisi yang ada, maka pada akhirnya pemerintah telah membuat 3 step atau 3 tahapan  program yang akan di jadikan acuan dalam 21 program pemberdayaan UMKM yang terbagi dalam beberapa tahapan.  Dimana ketiga program tersebut  dapat di jelaskan dengan penjabaran seperti berikut ini :

 

1.      Program Peningkatan Kapasitas Usaha Pembiayaan Ekosistem


 

Dalam program ini pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp 0,5 T dengan beragam program yang di kembangkan seperti :

·        Program  Inovasi Desa –  dengan mengutamakan Ekonomi Lokal

·        Program  Desa Wisata sebagai salah satu program di bidang  pariwisata

·        Program Sentra kewirausahaan yang di tujukan untuk para pemuda

·        Program yang bernama diversifikasi usaha untuk para  nelayan

·        Program yang bertujuan untuk menjadikan Tenaga kerja mandiri

·        Program pemberdayaan pelaku usaha yang ada di Indonesia

·        Program Pendidikan yang di tujukan bagi para wirausaha unggulan

·        Program yang bernama Industri rumahan

·        Program dengan mengatasnamakan UMKM Go Online

·        Program dengan model Export coaching untuk pelaku bisnis

2.      Program Pembiayaan untuk para UMKM

Program ini menganggarkan biaya sekitar Rp167, 3 triliun dengan beragam program seperti :

·        Program yang masuk dalam kredit usaha rakyat

·        Program  yang bernama Bantuan wirausaha pemula

·        Program  dengan nama UMI

·        Program yang bernama PNM Mekaar

·        Program yang bernama PNM Ulaam

·        Program  dengan menggunakan modal usaha kelautan

·        Program  untuk peningkatan keluarg sejahtera bagi para UMKM

·        Program yang bernama KUBE

3.      Program yang bernama Ekosistem

Dalam program yang ketiga ini akan memberikan atau menganggarkan nilai Rp 0,3 triliun dengan adanya 3 program utama :

·        Program yang bernama Pusat Layanan Unit Terpadu untuk para UMKM

·        Program  yang masuk dalam Pendaftaran Kekayaan Intelektual

·        Program yang termasuk dalam Penyusunan Laporan Keuangan UMKM

 

Kamis, 22 Desember 2022

Perspektif Bisnis Sektor Logistik di Tahun 2023 akan Tumbuh 10-20% (YoY),

 

 Sejak pandemic covid tahun 2019 kita melihat bahwa perkembangan bisnis logistic di Indonesia cukup menarik. Terbukti hingga memasuki tahun 2022 sektor logistic adalah salah satu sector bisnis yang cukup bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bisnis dan ekonomi yang ada di Indonesia. 

 




 

Berdasarkan data dan informasi yang bisa kita lihat dari perkembangan yang terjadi di industry logistic Indonesia. Maka ada beberapa sector bisnis atau industry yang berperan cukup penting untuk mendukung perkembangan bisnis logistic yang ada di Indonesia.  Sebut saja misalnya sector industry FMCG ( Fast Moving Consumer Goods), Otomotif, Chemical, Minning dan juga Ritel

 Sehingga berkat dukungan dan supporting dari beberapa sector itulah, maka kita bisa katakan bahwa sector logistic menjadi salah satu sector unggulan yang akan berjaya di tahun 2023.  Dimana keterkaitan dengan sector bisnis FMCG berkat adanya keterkaitan produk  tersebut dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia.

 Meningkatnya jumlah populasi yang ada di Indonesia dan saat  ini berada di level 275 juta jiwa. Pada akhirnya mengindikasikan bahwa dengan besarnya jumlah populasi yang ada di Indonesia maka bisa jadi salah satu trigger untuk peningkatan jumlah pendapatan dari sector logistic  yang ada di Indonesia. Ambil contoh misalnya pada saat pandemic covid berlangsung di Indonesia, dimana penduduk ingin membutuhkan sesuatu maka yang bergerak adalah industri logistic. Itulah yang pada akhirnya menjadi satu kondisi bahwa keberadaan sector industry FMCG adalah factor paling penting untuk perkembangan  bisnis logistic di Indonesia.

 

7 Hal Penting Bagi Perkembangan  Industri FMCG di Indonesia hingga tahun 2022

 


 

Pentingnya sector bisnis FMCG sebenarnya bisa di lihat dari beberapa komponen yang ada dalam bisnis logistic . Sehingga kita bisa memprediksi peluang bisnis yang ada dalam industry FMCG sejatinya di dukung  oleh sekitar 7 komponen bisnis yang ada dalam industry logistic Indonesia.

 1. Produk Kesehatan dan Kebersihan yang semakin di minati oleh warga.

2. Proses  bisnis  yang akan membuat adanya saluran migrasi dengan adanya penggunaan saluran digital.

3. Pembayaran yang di lakukan untuk produk FMCG bisa di lakukan dengan produk Qris. Sehingga memudahkan proses transaksi dalam bisnis FMCG.

4. Saat  ini sejak adanya pandemic covid, maka masyarakat lebih suka melakukan   belanja secara grosir sehingga lebih murah di banding secara eceran.

5. Hingga kini merek merek F&B local sudah bisa bersaing dengan merek luar yang awalnya banyak di sukai oleh masyarakat.

6. Masalah otentifikasi dan brand value yang cukup bagus untuk produk produk FMCG yang masuk di Indonesia baik produk local ataupun internasional.

7. Kedepan saham saham FMCG cukup menarik peningkatannya di lantai bursa karena banyak di minati oleh investor.

 Berdasarkan beberapa kondisi itulah, kita bisa katakan  bahwa saat ini produk FMCG  bisa menjadi salah satu sector  yang cukup penting  bagi perkembangan bisnis logistic yang ada di Indonesia. Ini akan terus berlanjut hingga masuk ke tahun 2023. Wajar jika pada akhirnya pada akhirnya di tahun 2023 sektor logistic akan menjadi salah satu sector yang cukup diandalkan untuk  mendukung perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan pendapatan dari PDB secara nasional.

 

  5 Sektor Yang Menjadi Pendukung   SektorLogistik di Indonesia 

 


 Selain bidang FMCG, saat ini dan kedepan sector logistic Indonesia juga di dukung oleh beberapa sector bisnis yang cukup handal.  Dimana beberapa sector tersebut dari mulai terjadinya pandemic covid 2019 hingga kini masih menunjukkan performance terbaiknya.   Ada sekitar 5 sektor bisnis yang mendukung sector logistic yang ada di Indonesia seperti misalnya : (1) Sektor bisnis Ekspor dan Import  (2) Sektor bisnis Chemical  (3) Sektor bisnis Mining (4) Sektor bisnis Otomotif dan (5) Sektor bisnis Ritel.

 Dengan adanya dukungan dari 5 sektor bisnis yang memiliki kapasitas bisnis yang cukup besar kita yakin bahwa di tahun 2023 sektor logistic tetap akan menunjukan performance positifnya. Dimana jika saat ini ada prediksi  sector logistic bisa meningkat sekitar 10-20% adalah sebuah kenyataan yang mungkin saja terjadi. Karena bagaimanapun juga ke-5 sektor tersebut adalah sector bisnis yang memang secara kapasitas bisnis cukup besar di Indonesia.

 Jadi bisa dipastikan, ketika di dunia tahun 2023 negara berada dalam kondisi waspada resesi, maka Indonesia jika bisa mempertahankan momentum ekonomi yang ada di tahun 2022 akan bisa tetap memberikan pertumbuhan ekonomi yang positif, Kesemua itu harus di dukung dengan adanya satu kesatuan integrasi yang bisa menjadikan kondisi ini sebuah ekosistem logistic nasional demi peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional yang di dukung dengan perkembangan yang cukup signifikan dari sector logistic secara nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamis, 15 Desember 2022

TREN PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING) UNTUK BISNIS SKALA KECIL DI 2023

 

Era digitalisasi saat ini sudah menjadi salah satu format pemasaran yang ada di hampir semua bisnis yang ada di Indonesia. Dimana perspektif bisnisnya sudah pasti menggunakan dukungan teknologi untuk memperlancar proses bisnis yang ada di dalamnya. Sehingga strategi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dari kesempurnaan sebuah sistem pemasaran masa depan.

 


 

Kondisi seperti itu  akan semakin berkembang di tahun 2023, dimana setelah adanya Era Industri 4.0 maka dunia akan masuk ke era yang bernama Society 5.0. Ketika era tersebut terjadi maka semua hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia termasuk di dalamnya adalah aktivitas bisnis sudah pasti menggunakan teknologi sebagai alat pendukungnya. Itulah sebabnya, ketika kondisi seperti itu terjadi maka ada baiknya semua pelaku bisnis paham akan arti penting dari sebuah integrasi sistem yang berbasis teknologi.

 3 Keuntungan Menggunakan  Teknologi dalam  Strategi Bisnis Perusahaan 


 

 Terkait dengan adanya integrasi sistem yang digunakan untuk mendukung penerapan strategi marketing itulah, maka saat ini implementasi pemasaran digital menjadi salah satu kunci dalam memaksimalkan potensi bisnis dari sebuah perusahaan. Istilahnya dengan adanya integrasi sistem yang berbalut teknologi maka strategi pemasaran perusahaan bisa di lakukan dengan beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan :

 1.      Perusahaan dalam melakukan strategi pemasarannya  lebih luas dan jauh dibandingkan dengan model pemasaran yang bersifat tradisional. Sehingga jelas target market yang akan bisa di capai semakin luas.

2.      Perusahaan akan bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan anggaran biaya promosi dibandingkan harus menggunakan cara offline dalam menjangkau target market perusahaan.

3.      Perusahaan akan bisa melakukan multi strategi marketing jika menggunakan sistem pemasaran digital. Karena dalam sistem pemasaran  ini banyak channel yang bisa di pakai dari mulai bermain di media sosial hingga pembuatan  video konten marketing yang mencakup banyak  aspek  promosi di dalam video tersebut.

 Berdasarkan laporan yang di dapat dari Forrester untuk sistem pemasaran digital yang akan terjadi di dunia, Forrester memprediksi ada sekitar $146 miliar yang akan di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran digital bagi produk yang mereka miliki.  Dimana prediksi itu sendiri bisa jadi akan berkembang seiring pergerakan dan pertumbuhan ekonomi makro yang ada di masing-masing negara di dunia.Termasuk Indonesia misalnya dengan tingginya angka pertumbuhan ekonomi  yang ditaksir masih diatas 5% semakin dibutuhkan adanya strategi pemasaran digital yang lebih optimal di dalamnya.

 3 Hal Penting Dalam Menjalankan Strategi  Pemasaran  Digital  bagi Perusahaan


 

 Sebuah strategi apapun konsep dan implementasinya,  sudah pasti tidak bisa berjalan sendiri. Semuanya akan terintegrasi dengan komponen yang ada di dalamnya. Itulah sebabnya, pasti ada komponen pendukung yang bisa di optimalkan agar pemasaran model digital bisa menjadi satu strategi  pemasaran yang optimal.

 1.      1. Coba libatkan pengguna atau enduser dengan cara menggunakan konten yang berbasis video untuk strateginya.

Kenapa strategi ini di jalankan, karena saat ini orang sudah terbiasa melihat video dibandingkan dengan membaca. Sehigga bentuk promosi dengan menggunakan video menjadi satu konsep strategi pemasaran yang cukup efektif bagi perusahaan.

2.      2. Continuitas dalam melakukan promosi menggunakan media sosial termasuk video

Jika di mungkinkan atau setidaknya jika perusahaan memiliki anggaran, ada baiknya perusahaan mempertimbangkan untuk menggunakan artis atau influencer dalam mempromosikan produk anda. Karena dengan cara seperti ini maka talent yang anda gunakan akan memberikan dampak positif bagi materi promosi yang akan di share oleh talent tersebut.

3.     3. Cobalah tetap menggunakan media email sebagai sarana untuk memperluas jangkauan target market yang diinginkan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan media email maka perusahaan akan bisa mengoptimalkan pengiriman email kepada siapa saja yang ingin di targetkan oleh perusahaan.  Dimana perusahaan tidak akan putus dalam melakukan promosi tersebut mengingat media email sangat efektif sebagai media untuk melakukan strategi promosi dalam jangka Panjang.

 Berdasarkan  beberapa kondisi diatas itulah, pada akhirnya kita menjadi tahu bahwa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran memang metode pemasaran digital saat ini dan kedepan menjadi salah satu strategi jitu. Selain efektif dan efisien, jelas strategi ini cukup efektif di era industry 4.0 menjelang berlakunya era Society 5.0.

 

 

Perspektif Overview National Logistics Ecosystem sebuah Potensi Bisnis

  Logistik menjadi salah satu sektor bisnis yang saat ini menjadi cukup penting. Kenapa, karena tidak ada satu jenis bisnispun yang mampu di...